Perkenalkan…My laboratory and the people inside

Sejak Oktober tahun ini aku memutuskan untuk total bekerja di laboratorium setelah beberapa kali menolak permintaan supervisorku dikarenakan urusan courseworkku yg belum selesai sepenuhnya. Padahal sebagai mahasiswa riset seharusnya aku sudah semestinya tinggal di laboratorium sejak semester lalu, namun permasalahan akademik di kampus JGSEE yang tidak mengijinkan aku meninggalkan JGSEE ke SIIT dengan cepat. Akhirnya setelah menyelesaikan semua coursework yang ada aku memutuskan untuk pindah ke kampus supervisorku di Thammasat University, total bekerja dan riset dengan beliau, serta membantu pekerjaan beliau di laboratorium.

Oh iya sebelumnya perkenalkan supervisorku, nama beliau Assoc. Prof. Dr. Bundit Limmechokchai, alumni KMITNB dan AIT. Beliau adalah salah satu jagoan energy modeling  dan planning yang dimiliki oleh Thailand, dengan reputasi dan networkingnya yang sangat bagus di bidang energy modeling dan planning makanya tidak salah kalau aku berguru pada beliau. Saat ini beliau memegang posisi sebagai chairperson departemen mechanical engineering di Sirindhorn Internasional Institute  of Technology (SIIT), Thammasat University, profil lengkap beliau bisa dilihat di sini. Beliau masih muda (sekitar 45 tahun), orang yang ramah, sangat care dengan mahasiswa bimbingannya dan selalu memberikan target-target publikasi pada setiap mahasiswa di laboratoriumnya (inilah yang selalu memberikan inspirasi untuk terus berusaha menulis paper dan publish sebanyak mungkin). Beliau adalah seorang pejabat kampus yang tidak suka birokrasi, tidak mau tinggal di kantor dosen tapi lebih suka tinggal di laboratorium bersama-sama kami para mahasiswa bimbingannya.

Selanjutnya saya ajak ke laboratorium Dr. Bundit, atau kalau menurut JGSEE ruangan ini adalah laboratorium energy modeling karena semua komputer dan software untuk energy modeling milik JGSEE tersedia di sini. Laboratorium ini terletak di lantai 5 gedung SIIT Advance Laboratory, di dalamnya terdiri dari ruangan utama dan ruangan-ruangan kerja. Ruangan utama dipergunakan untuk praktikum maupun pengerjaan project para mahasiswa teknik mesin, di sini terdapat perlengkapan-perlengkapan laboratorium. Sedangkan ruangan-ruangan kerja terdiri dari ruangan kerja Dr. Bundit, ruangan kerja mahasiswa bachelor tingkat senior, ruangan kerja mahasiswa graduate laki-laki dan ruangan mahasiswa graduate perempuan. Nah ruangan kerjaku terletak di ruang  kerja mahasiswa graduate laki-laki.

image0571Ruangan kerjaku, emm ada PC baruku😀

Ruanganku terisi oleh rak buku dan dua meja yakni meja untuk komputer dan yang satu meja kerjaku. Emm baru saja uang risetku telah cair 50,000 Baht untuk term pertama dari 3 term yang akan keluar dan akhirnya aku bisa membeli PC baru dengan spesifikasi yang oke punya; Intel Dual Core 2 GHz, memory 2 Gbyte, Casing CPU yang cantik dan layar  lebar LCD 19 “. Cukup cepat untuk aku gunakan dalam pemodelan dan juga nyaman di mata. Selain itu cukup puas untuk dipakai maen game hehehe…hiburan gratis setelah jam kerja usai bersama teman-teman se-lab, apalagi kalau bukan Pro Evolution Soccer (PES).

Dr. Bundit memiliki mahasiswa graduate terbanyak diantara dosen-dosen yang lain, beliau memiliki 7 mahasiswa terdiri dari 4 mahasiswa P.hD dan 3 mahasiswa master. Menurut gendernya terdiri dari 5 mahasiswa laki-laki (2 P.hD dan 3 master) dan 2 mahasiswa perempuan yang semuanya mahasiswa P.hD. Mahasiswa graduate Dr. Bundit saat ini terdiri  dari 3 bangsa yakni Thailand (5 orang), Indonesia (aku sendiri) dan Kamboja (1 orang Master). Hampir semua mahasiswa Dr. Bundit adalah research student kecuali Mr. Prachuab, seorang praktisi industri yang kemudian memutuskan untuk kembali ke kampus. Mr. Prachuab adalah yang paling senior diantara kami, usia dia sekitar 40 tahun.

image001Dari kiri: Mr. Kampoun, Mr. Kong (Kamboja), Dr. Bundit, Aku, dan Mrs. Bow

image009Ujung kanan: Mr. Artite (miss Mrs Tik and Mr. Prachuab)

Mr. Kampoun adalah seorang dosen di jurusan Teknik Mesin Ramkhamhaeng University di Bangkok, dia bekerja untuk riset doktoral thesisnya pada energy modeling berbasis atifical intelegent. Mr. Kong adalah seorang staff di departemen energy Kamboja dia mahasiswa baru Dr. Bundit dan dia saat ini masih menyelesaikan courseworknya, dia akan bekerja dengan LEAP (the Longrange Energy Alternatives Planning) untuk pemodelan rural electricity di Kamboja. Mrs. Bow mahasiswa doktoral JGSEE seangkatanku yang transfer ke SIIT, dia bekerja dengan LEAP dan mengoptimasikan modelnya di GAMS (The General Algebraic Modeling System) untuk Thailand. Mr. Artite sama seperti Mrs. Bow adalah mahasiswa doktoral JGSEE yang transfer ke SIIT, dia bekerja untuk energy efficiency conservation  di industrial sektor dengan menggunakan MARKAL, software energy modeling berbayar 4,ooo USD.

Ada dua mahasiswa yang tidak ikut dalam foto di atas yakni Mr. Prachuab dan Mrs. Tik. Mr. Prachuab adalah mahasiswa master of engineering seangkatanku di JGSEE, dia akan bekerja dengan co-generation engine dan mensimulasikan demand forcastingnya dengan LEAP, hanya dia yang mahasiswa by coursework diantara mahasiswanya Dr. Bundit. Sedangkan Mrs. Tik adalah mahasiswa baru SIIT seangkatan dengan Mr. Kong, aku belum tau pasti topik penelitian dia karena dia masih konsentrasi untuk menghabiskan courseworknya.

Nah itulah the people in my laboratory….sampai september tahun depan aku akan penuh bekerja di sini menyelesaikan risetku bersama Dr. Bundit, dan juga bekerja membantu beliau sebagai laboratory supervisor di Teknik Mesin dan Teknik Industry SIIT.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: