Nonton Bola AFF Suzuki Cup di Rajamangala National Stadium

aff-suzuki-cup-2008-portrait-jpegAjang Asian Football Federation (AFF) Cup telah berlangsung di mana babak penyisihan telah diselenggarakan di Indonesia dan di Thailand dengan hasil yakni dari group yang bertanding di Indonesia adalah Singapura sebagai juara group dan Indonesia sebagai runner up, sedangkan di group yang bertanding di Thailand yang berhasil lolos ke babak selanjutnya adalah Thailand dan Vietnam. Indonesia sebagai runner up melawan juara group lain yakni Thailand. Pada pertandingan pertama Indonesia bertindak sebagai Home dengan hasil 1-0 untuk kemenangan Thailand, dan selanjutnya Indonesia akan Away melawan Thailand di Rajamangala National Stadium, Bangkok. Nah kesempatan ini gak aku sia-siakan untuk mendukung kesebelasan nasional bangsa sendiri di negara orang.

img_1920Para suporter Indonesia dari AIT😀

AFF Cup kali ini di sponsori oleh Suzuki, oleh karena itu kemudian ajang ini dinamakan AFF Suzuki Cup 2008. Beberapa hari sebelum pertandingan berlangsung di milis mahasiswa Permitha (PPI Thailand) sudah ramai membicarakan tentang kemungkinan mahasiswa menjadi sporter bersama dan berharap akan disediakan bangku khusus untuk suporter Indonesia, namun hasilnya nihil. Akhirnya kami masing-masing kelompok mahasiswa berupaya untuk mencari tiket sendiri-sendiri, teman-teman di KMUTT dan BU mereka membeli tiket bersama dan mendapat jatah tempat di tribun sebelah selatan, aku kebetulan tinggal di AIT jadi ikut dengan teman-teman AIT membeli tiket untuk tribun timur yang harganya 200 Baht dan lebih mahal dari tiket tribun Selatan maupun Utara 100 Baht.

capture13Tiket pertandingan Indonesia Vs Thailand

Tepat pukul 3.30 sore kami rombongan AIT berangkat bersama-sama dengan menggunakan Bus umum hingga sampai Future Park dan perjalanan kami lanjutkan dengan naik Van menuju ke stadion. Perjalanan dari Rungsit ke Stadion ternyata memakan waktu yang lama juga apalagi ditambah dengan kemacetan yang kami alami dibeberapa ruas jalan, sempat khawatir juga akan datang terlambat. Akhirnya pukul 6.30 kami sampai di stadion, 30 menit lebih awal dari jadwal pertandingan pukul 7 malam.

img_1974Stadion Nasional Rajamangala Thailand

Alamak ternyata kami memang benar-benar terlambat, maksudnya untuk memilih kursi. Terpaksa kami duduk ditengah-tengah suporter Thailand yang gegap gempita mendukung kesebelasan mereka tercinta. Pada saat gool pertama terjadi untuk team Indonesia  oleh Nova Arianto kami gak bisa meluapkan kegembiraan itu, sebab para penonton di sekeliling kami semua terlihat sedih, wah klo tiba-tiba kami berteriak Yes!! Gool!!! pasti mati digebukin sama semua orang yang ada di situ heheheh.

img_19962Team Indonesia

Seneng juga kesebelasan kita unggul 1-0, berharap bisa nambah lagi hingga 2-0 biar kita bisa lolos ke final. Ealah setelah kita berhasil melesakkan satu gol ternyata penampilan team kita memburuk dan pertahanan kita dikepung oleh anak-anak Thailand, untung sampai turun minum belum kebobolan…senengnya masih bisa bernapas lega.

Pertandingan babak kedua dimulai, permainan team Indonesia semakin parah, kontrol bola yang buruk dan juga banyak umpan-umpan yang salah sasaran. Bahkan sering terjadi blunder di mulut gawang. Meskipun para defender sudah berusaha mempertahankan keadaan ternyata pemain Thailand akhirnya bisa menjebol gawang kita juga…Dueerrr!!!Yes!!!Cayoo!!! terdengar gegap gempita di seluruh stadion, 1-1 untuk Thailand dan ini artinya juga membuyarkan harapan Indonesia untuk maju ke final. Belum cukup puas dengan keberhasilan mereka menyamakan kedudukan eh mereka terus berusaha menyerang dan akhirnya seperti biasa gawang kita bobol lagi😀, 2-1 untuk Thailand sampai pertandaingan usai.

Sebenarnya beberapa menit sebelum pertandingan usai Pelatih Indonesia Benny Dolo (Bendol) sudah berusaha mengganti Budi Sudarsono dengan Bambang Pamungkas. Serangan balik yang dilakukan Bambang cukup lumayan salah satu sundulannya bahkan hampir membuahkan gol dan yang terakhir tendangan keras dia dari umpan terobosan hampir saja menghasilkan kedudukan yang imbang untuk Indonesia, tapi ya bola itu ternyata berhasil di blok oleh kiper lawan.

img_1985Aku di tengah-tengah suporter Thailand

Selesai pertandingan kami keluar ke stadion dan bertemu dengan beberapa suporter Indonesia dari anak-anak Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) dan staff kedutaan RI, sekalian ngumpul-ngumpul bersama suporter Thailand yang mereka berpesta merayakan kemenangan team mereka. Seumur-umur saya belum pernah nonton bola pertandingan team nasional,  baru kali ini di negara orang dan bahkan juga baru kali ini saya nonton bola di stadion nasional😀

4 Balasan ke Nonton Bola AFF Suzuki Cup di Rajamangala National Stadium

  1. marsudiyanto mengatakan:

    Aku nduwe kenalan guru SMA Indonesia di bangkok, namanya Pak Amin Hers…

  2. Pencerah mengatakan:

    Dan akhirnya indonesia gak jadi jawara

  3. Alfaroby mengatakan:

    Wah. Seru tuh ric… Bukan masalah kalah atau menang menurutku. Tapi, mudah mudahan dari pertandingan2 yang tlah lalu bisa di jadikan masukan dan di ambi hikmahnya untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi…

    Salam untuk para pemain. Terima kasih atas kerja keras anak2 indonesia.

  4. […] Muhammad Ery Wijaya Energy Planning Researcher The Joint Graduate School of Energy and […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: