Menanti Merah Putih Berkibar Lagi di MEA 2009

mondialogo_banner_180x150_enRibuan mahasiswa teknik dari seluruh penjuru dunia telah mendaftarkan dirinya di ajang Mondialogo Engineering Award (MEA) 2008/2009, baik sebagai mahasiswa dari negara maju maupun dari negara berkembang.  Terdiri dari 833 intial project atau lebih banyak 31 project dibandingkan MEA  2006/2007.  Namun dari 833 project itu akhirnya hanya 165 project yang berhasil lolos seleksi awal, yakni berhasil membuat internasional team yang terdiri dari gabungan antara mahasiswa negara maju dan negara berkembang. Dari Indonesia telah tercatat ada mahasiswa dari 7 universitas yang telah mendaftarkan dirinya.

Cukup menggembirakan sekali antusias mahasiswa Indonesia untuk mengikuti MEA kali ini, terutama aura MEA sangat terasa di kampus Universitas Gadjah Mada. Pasalnya team kami dari Komunitas Mahasiswa Sentra Energi (KAMASE) Fakultas Teknik UGM tahun lalu berhasil membawa pulang Major Winner bersama team dari Curtin University of Technology, Australia. Di bulan Februari 2008 bahkan kami mengadakan acara pengenalan MEA di tingkatan Fakultas Teknik UGM, untuk tingkat Universitas dan umum tentu saja berita ini telah tersebar di mana-mana, baik melalui media internet, maupun media massa baik elektronik maupun cetak. Tercatat ada 3 team dari UGM yang telah mendaftarkan diri  dan sekaligus berhasil menemukan partner internasional mereka. Sedangkan kampus lain yang mendaftarkan diri berasal dari ITB, Universitas Andalas, IPB, Universitas Udayana, Universitas Muhamadiyah Malang dan STTNAS Yogyakarta. Dari keenam kampus tersebut yang berhasil menemukan partner internasional mereka hanyalah team dari Universitas Udayana Bali.

mea1Peserta MEA dari Indonesia

Tahapan kompetisi ini selanjutnya adalah membuat proposal engineering project dari ide-ide mereka yang telah disampaikan pada abstract project, kemudian melalui intercultural dialogue antara mahasiswa negara maju dan berkembang akan diperoleh konsep dan rencana project yang sustainable untuk diimplementasikan di negara berkembang yang bersangkutan apabila mereka berhasil memenangkan award ini.

Semoga tahun ini kawan-kawan mahasiswa Indonesia kembali bisa mengibarkan merah putih diajang kompetisi mahasiswa teknik paling bergengsi se-jagad ini. Berharap salah satu atau bahkan semua project list dari kawan-kawan akan diberi tanda seperti project kami di bawah ini di akhir tahun 2009.

mea2Dan juga membawa pulang trophy ini  

MEA trophy

We are the winner

Akhirnya, selamat berjuang membawa nama harum bangsa Indoneia di mata dunia. Kalau bukan yang muda yang berkreasi lantas sampai kapan negara kita akan tetap seperti ini.

3 Balasan ke Menanti Merah Putih Berkibar Lagi di MEA 2009

  1. fathonezic mengatakan:

    siap mas…!!!

  2. alfaroby mengatakan:

    tak terasa, sekitar 1 tahun yang lalu, anak anak teknik fisika ugm sekali lagi membawa nama harum bangsa indonesia

    dan kiranya kita akan menanti lagi seseorang yang akan membawa nama harum bangsa lagi dengan lulusan dari luar negeri atas nama m ery wijaya pada tahun ini.. amin

  3. erywijaya mengatakan:

    Amieen…thanks do’anya bang Haji…semoga sukses juga sekolahnya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: