Home Sweet Home

Jum’at, 20 Maret 2008 tepat pukul 23.30 dengan menggunakan pesawat Indonesia Air Asia dengan nomor penerbangan QZ-7717 dan menenteng bagasi seberat 10 kg dari Bangkok aku tiba di bandara internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten. Akhirnya kembali kakiku menginjakkan tanah air tercinta setelah hampir setahun tak pulang ke rumah. Jemputan ke Bogor akan datang pada esok paginya pukul 7 pagi, jadi malam itu terpaksa aku habiskan waktu istirahatku di Mushola bandara sambil menunggu pagi datang.

Rencana untuk pulang ke tanah air memang sudah lama aku sampaikan ke Professorku, bahkan demi rencana ini kunjungan konferensiku di Universiti Teknologi Malaysia (UTM) di bulan Desember lalu aku tangguhkan. Waktu itu Professor memintaku untuk sekalian mengunjungi Indonesia kalau ingin berangkat ke Malaysia, dengan jangka waktu yang ada sangat sempit (2 minggu) tidak memungkinkan rasanya bagiku untuk mengunjungi 2 negara dalam waktu yg sesingkat itu dan dengan beban target mengetahui perkembangan dan planning listrik di kedua negara tersebut, sangat mustahil bukan.

Akhirnya sabtu pagi datang juga, langsung aku pergi ke bogor selama 3 hari hingga tanggal 23 Maret, sempat juga melihat-lihat istana Bogor. Kesempatan yang sebelumnya tidak pernah aku dapatkan. Sekitar tujuh tahun lalu aku adalah mahasiswa Institute Pertanian Bogor (IPB), status yang kemudian hanya kusandang selama setengah bulan saja. Tujuh tahun lalu aku belum pernah melihat-lihat istana Bogor, melewatinya mungkin pernah.

Istana BogorDi depan Istana Bogor

Instana bogor-2Kasih makan kijang di depan istana

Senin, 23 Maret sore pukul 16.30 aku meninggalkan Bogor menuju Cengkareng lagi. Mandala RI-298 mengantarkanku pulang ke rumah menuju Semarang, tepatnya pukul 19.40 aku meninggalkan Cengkareng, tiba di bandara Ahmad Yani Semarang pukul 20.35. Ternyata di depan pintu keluar Bapak, Ibu, Adekku dan juga masku sudah menunggu untuk menjemputku pulang ke rumah. Aku kira tak banyak yang berubah di rumahku, tapi pada akhirnya nanti perkiraanku itu salah.

home-sweet-homeHome sweet home

Setiba di rumah ternyata banyak yang berubah; Masku sudah menempati rumah barunya di sebelah rumah, Adekku sudah punya motor baru, PCku sewaktu kuliah S1 di UGM dulu sudah rusak, Ikan Arwana di rumah sudah gede dan aku punya keponakan yang lucu dan super aktif, Naya namanya. Aku belum pernah melihat dia sebelumnya, sayang malam itu dia sudah tidur padahal aku sudah membawakan dia dua boneka lucu yang kubeli dari Bogor.

Away dari Internet

Yap, sebulan ini sepertinya aku harus away dari internet. Koneksi internet di Indonesia yang tak kunjung jauh membaik dibandingkan dengan internet di Thailand baik dalam segi harga, kecepatan, dan kestabilan membuatku harus berfikir ulang kalau ingin menggunakan internet. Banyak hal yang tadinya menjadi rutinitasku selama di Bangkok harus aku tinggalkan. Email banyak yang tidak sempat terbalas, Facebook tak terurus, YM juga tak pernah aktif lagi, account Game Online juga untuk sementara pasif.

Mohon maaf bagi teman-teman semua yang mencoba menghubungiku melalui layanan di atas, aku hanya bisa ngecek account-accountku di waktu subuh. Itupun hanya menggunakan GPRS, memang di saat subuh kecepatan internet dengan GPRS cenderung stabil. Meski begitu tak semua email dari kawan-kawan aku balas, hanya yang aku rasa penting saja aku balas dengan segera. Begitu juga kegiatan menjadi moderator di milis Kendal Online, sebuah milis orang-orang Kendal untuk sementara ini aku tangguhkan dulu, jadi maaf kalau banyak email yang masih berstatus pending tidak segera aku moderasi.

Yang pasti aku sangat menikmati tinggal di kampung halaman, seperti pepatah “Lebih baik hujan batu di kampung sendiri dari pada hujan emas di negeri orang”. Kelak aku pasti akan kembali ke kampung halaman ini untuk berkarya dan mengabdi di tanah yang menjadi tempatku lahir, dan tumbuh. Home sweet home….

5 Balasan ke Home Sweet Home

  1. saif569 mengatakan:

    Home sweet home, bali kapan neng thai ne..

  2. Ayu mengatakan:

    sweet stories…

  3. Nilna mengatakan:

    sempat prcya ga prcaya baca ini..
    skrg dah jd org hebat ya..

    slamat datang di tanah kaliwungu tercinta..🙂

  4. Citra mengatakan:

    manis banget… terus berjuang ya mas ery..

  5. fahmee mengatakan:

    semnagat terus mas….

Tinggalkan Balasan

