Menengok Wind Turbine 2.5 MW Terbesar se-Thailand

Thailand adalah salah satu negara yang miskin akan kekayaan sumber energi. 75% dari total pembangkit listrik yang ada menggunakan gas alam. Akan tetapi 30% pasokan gas alam merupakan hasil import dari negara tetangga seperti Malaysia dan Myanmar, dalam hitungan beberapa tahun lagi kandungan gas alam Thailand juga akan habis dan itu berarti bahwa Thailand harus mengimport lebih banyak gas alam. Ketergantungan Thailand akan besarnya pasokan energi dari negara tetangga membuat sejumlah pihak berusaha meningkatkan kemandirian Thailand akan energi meski mereka tidak mempunyai kandungan energi fossil yang cukup. Salah satunya adalah dengan meningkatkan riset dalam produksi energi terbarukan.

SANY3877

Tanggal 5 Juni lalu, para pengajar Mechanical Engineering (ME) SIIT-TU beserta mahasiswa postgraduatenya masing-masing mengunjungi sebuah proyek rintisan Turbin Angin terbesar di Thailand milik EGAT (PLNnya Thailand) dengan sponsor dari TRF (Thai Research Fund). Kebetulan proyek ini sekarang dalam proses decomisioning. Kebetulan juga salah satu pengajar dari ME SIIT adalah anggota komisi di TRF, beliau adalah Assoc. Prof. Dr. Supachart Chungpaibulpatana, beliau juga merupakan salah satu anggota committee Thesisku. Proyek wind turbin itu terletak di Propinsi Nakhon Ratchasima (tuan rumah ASEAN GAMES 2007), dengan daya total 2.5 MW terdiri dari dua buah wind turbine.

SANY3869

SANY3848

Wind turbin ini menyatu dengan pembangkit listrik tenaga air yang juga milik EGAT. Dari Bangkok, dibutuhkan waktu sekitar hampir 2.5 jam menuju ke lokasi. Sepanjang perjalanan yang kami lihat adalah pemandangan perbukitan, Memang wind turbine ini terletak di puncak bukit yang memang kecepatan anginnya diatas 5 m/s. Teknologi wind turbin yang dipakai dalam proyek ini sejatinya adalah made in Germany, namun dibuat di China sebagai bagian dari transfer teknologi antara Jerman ke China.

Farm Chokchai
Tidak lupa sebelum dan sesudah mengunjungi wind turbin tersebut kami mampir ke Farm Chokchai, sebuah peternakan sapi, babi dan kuda yang terkenal seantero Thailand dan juga menarik perhatian para turis karena peternakan ini dikelola senatural mungkin seperti di dalam film-film Cowboy, namun teknologi pengolahan susu yang dipakai adalah salah satu yang tercanggih di Thailand.

5 Balasan ke Menengok Wind Turbine 2.5 MW Terbesar se-Thailand

  1. gesankart mengatakan:

    nice blog bro….kwkwkkwkwkkwwk

  2. saif569 mengatakan:

    wah iso gawe neng omah kuwi….

  3. gesankart mengatakan:

    nice blog bro….backlink is very good kwkkwkkwk

  4. Ayu mengatakan:

    cool story..jadi pengen kesono juga..hehehe😀

  5. Cite mengatakan:

    ikan n kura2nya lucu ya… ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: