Tak Ada Perang Poster dan Spanduk di Kampus Sini

Poster amburadulAnda jemu melihat poster-poster ditempel di sembarang tempat? di batang pohon, di tembok dan dinding, di tiang listrik, bahkan terkadang poster itu ditempel bertumpuk2an menimpa satu sama lain. Tak hanya pada saat musim kampanye poster-poster ditempel serabutan, tapi hari-hari biasa pun demikian. Kalau anda mahasiswa tentu akan lebih jenuh lagi, budaya temple menempel poster di lingkungan kampus bahkan tidak kalah radikal dan amburadul dibandingkan di lingkungan umum lainnya. Masih segar dalam ingatan saya ketika kuliah di MIT (Mbulak Sumur Institut of Teknologi), Gadjah Mada, ada poster undangan pengajian, lalu bertumpukan dengan poster konser musik, disampingnya ada poster undangan seminar, dsbnya. Di lingkungan sekitar kampus (Sekip, Pogung, dsbnya) pun tak kalah ramainya dibanding di dalam kampus.

Pandangan saya tentang gaya urakan orang-orang kita (bukan hanya orang umum tapi juga calon intelektual kita) dalam etika tempel menempel poster ternyata telah membudaya, entah itu salah satu metode perang promosi yang di halalkan atau bagaimana sampai sekarang saya juga kurang paham.

Lain di Indonesia, lain juga di Thailand, namun kali ini saya hanya akan menyoroti di lingkungan kampus saja. Kalau di Indonesia sebuah kegiatan akbar mahasiswa akan terasa afdol kalau kita punya publikasi seperti poster, spanduk dan bahkan baliho cetak digital di mana-mana. Namun di Thailand hal yang berbeda terjadi, mahasiswa di sini ternyata tidak begitu suka membuat poster maupun spanduk, tapi justru baliho.

Lho baliho?! ya, tapi jangan anda bayangkan baliho yang dibikin di sini seperti di tempat kita yakni dicetak digital. Di sini baliho-baliho yang dibuat mahasiswa sangat sederhana namun memunculkan kreatifitas mereka. Baliho itu dibuat dari triplek yang mereka lukis secara manual dengan cat. Memang terlihat rumit, tapi justru di situlah letak kreatifitas mereka, terkadang dari beberapa baliho yang mereka pasang terdiri dari gambar-gambar yang berbeda, ada yang unik, menarik, lucu, bahkan ada juga yang abstrack. Yang lebih unik adalah triplek-triplek itu akan mereka gunakan berulang-ulang, jadi ketika ada acara yang lama telah selesai dan akan ada acara baru maka triplek itu bisa dijadikan media lukis ulang.

Baliho Thai1Baliho pengumuman Games untuk mahasiswa baru di Thammasat University (TU)

Baliho Thai2Baliho pengumuman kontes menyanyi antar mahasiswa di TU

Baliho Thai3Aku tak tahu ini baliho acara apa soalnya buta aksara hehe, tapi yang pasti di TU juga

Lingkungan kampus juga jadi lebih bersih karena bebas dari tempelan-tempelan poster yang tidak bertanggung jawab. Selain itu baliho-baliho ini dipasang secara teratur dan tertib sehingga lebih enak dipandang. Saya salah satu penikmat karya-karya seni mereka, meski yang saya tangkap jauh dari tujuan mereka yakni menarik para pembaca untuk hadir dalam acara mereka, tapi saya hadir sebagai penikmat kreatifitas mereka.

7 Balasan ke Tak Ada Perang Poster dan Spanduk di Kampus Sini

  1. Ayu mengatakan:

    cocok tuh buat undangan kawinan,,itung2 ngirit..hehehe ;P

  2. erywijaya mengatakan:

    Lho Yuyun nikahannya mo pake baliho to undangannya? dipasang di perempatan mo ke pasar pegandon mungkin cocok Yun😀

  3. alfaroby mengatakan:

    wah.. ternyta kreatif juga nih…
    emm.. kalau masalah yang dari triplek tuh biasanya anak anak satu bumi (mapala) yang buat dari triplek.. gitu…

  4. erywijaya mengatakan:

    Yap betul Bang Haji, disini jarang poster maupun spanduk. Kalaupun ada pasti ditempel ditempat yang sesuai dan teratur. Wah bagus tuh kalau mapala bgtu…bener2 cinta bumi kalau begitu hehe

  5. Ayu mengatakan:

    Ery ajah2 ada..kampanye kale Ry..😀

  6. munjabi mengatakan:

    wah yen jarang spanduk karo poster…mengko cetakan ku rak payu je, alias longko order…..wekekekke..

  7. erywijaya mengatakan:

    Yo tetep ono: order nggambar baliho hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: