Akhirnya, Final Defense Thesisku

KMUTT HatSetelah bergelut hampir dua tahun dengan penelitian tentang electricity security and its expansion planning akhirnya pada tanggal 3 Syawal 1430 H, atau 22 September 2009 saya menghadap komite thesis dan penguji luar (extenal examiner) untuk mempertahankan idealisme riset saya. Inilah waktu yang saya tunggu-tunggu, bukan hanya gelar master yang ingin saya dapatkan, tapi setidaknya pengakuan akan kemampuan keilmuan saya oleh peneliti-peneliti lain yang sebidang dengan saya.

Tepat pukul 1.30 siang waktu Thailand (setara dengan WIB) sidang pendadaran dimulai dipimpin oleh Dr. Chumnong Sorapipatana (Head of Energy Division, JGSEE), saya mempresentasikan ide-ide penelitian dan hasil yang saya peroleh selama ini.Kurang lebih 45 menit saya melakukan presentasi dan kemudian dilanjutkan tanya jawab oleh penguji. Dalam sesi tanya jawab ada salah satu bagian dari penelitian saya yang methodenya kurang bisa diterima oleh salah satu penguji, sempat deg-degan juga beliau tidak mau menerima hasil penelitian ini, akan tetapi alhamdulillah setelah saya jelaskan secara runtut mengenai methode yang saya ajukan, beliau akhirnya mau menerima konsep saya.

Setelah total hampir 2 jam melakukan presentasi dan tanya jawab, pemimpin sidang meminta saya meninggalkan ruangan sidang sejenak, para komite akan melakukan sidang untuk menentukan grade dan kelulusan saya. Setelah sekitar 30 menit mereka melakukan sidang kemudian saya dipanggil untuk diberikan ucapan selamat. Pemimpin sidang memberitahukan bahwa saya lulus dengan predikat Excellent, tanpa ada revisi apapun dalam thesis saya, kemudian sambil sedikit bercerita beliau menyatakan bahwa sepanjang sejarah Energy Division baru saya pertamalah mahasiswa yang sukses dalam ujian defense dengan hasil Excellent dan tanpa revisi apapun. Alhamdulillah…semua berkat kebesaranMu ya Allah..

KMUTT Grad
Keberhasilan ini bukanlah akhir dari segala pencapaian saya, tapi justru insya Allah akan menjadi awal bagi saya untuk semakin terpacu dalam belajar. Dalam kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan rasa terima kasih untuk semua orang yang telah membantu saya dalam menyelesaikan studi master ini, salah satunya untuk Yuyun Ayunita, guru bahasa Inggris sekaligus English checker saya, yang sering ngomel-ngomel karena buruknya grammar saya hehehe makasih banyak akhirnya karena omelan-omelan itu saya menjadi terpacu untuk kembali membuka buku English for Beginner…dan alhamdulillah nilai TOEFL saya telah mencapai 570. Terima kasih pula untuk Bapak-Ibu,dan segenap keluarga yang telah sabar menanti kepulangan saya, dan selalu tidak lupa untuk mendoakan putranya yang ambisius ini. Terima kasih pula untuk supervisor saya Dr. Bundit Limmeechokchai atas segala support, saran dan bantuan baik moril maupun materiil. Tidak lupa saya juga ingin menyampaikan terima kasih untuk seluruh penghuni lantai 5 Lab. Energy Modeling SIIT atas keramahantamahannya. Mohon maaf bagi yang tidak saya sebutkan namanya, dengan tanpa mengurangi rasa hormat dan terima kasih saya.

7 Balasan ke Akhirnya, Final Defense Thesisku

  1. Alexander Agung mengatakan:

    Selamat atas prestasinya. Semoga ilmu yang diperoleh dapat memberi manfaat bagi umat manusia.

  2. Yuyun mengatakan:

    bener kan apa yang pernah aku bilang..nama tengahmu pasti Einstein..hehe..
    congrats!you deserve it..😉

  3. erywijaya mengatakan:

    @Pak Alex: terima kasih Pak atas do’anya…amien ya Allah🙂
    @yuyun: hehehe ada2 aja kau ini bu guru😀

  4. Nilna mengatakan:

    Barakallah atas prestasi yang telah tertoreh..
    Semoga ilmunya bermanfaat fiddiin, waddunya, wal akhiroh..
    Lekas pulang ke Indonesia untuk mengamalkan ilmu di negeri tercinta ^_^

    Sukses buat mas Ery..🙂

  5. fahmee mengatakan:

    wah selamat nih mas….

  6. gesankart mengatakan:

    ndang balino er…ndang balino…wekekekke

  7. erywijaya mengatakan:

    YO, iki wes ndang arep bali insya Allah sasi ngarep

Tinggalkan Balasan

