Loy Krathong Festival 2009 di Thammasat University

loi_kratong_festival_in_chiang_mai3Salah satu festival rakyat Thailand yang populer adalah Loy Krathong. Festival ini biasanya diadakan saat bulan purnama pada bulan ke 12 menurut kalender Budhist. Secara harfiah, loy itu berarti mengapung/melarung, sedangkan krathong berarti rakit/wadah kecil yang biasanya terbuat dari batang pisang dengan diisi bunga-bunga dan dihiasi daun pisang kemudian di bagian atasnya diberi lilin yang nantinya dinyalakan ketika krathong itu akan di larung . Karena itu, festival ini diselenggarakan di danau/kolam ataupun sungai. Air bagi orang Thailand merupakan sebuah lambang kedamaian hidup, oleh karenanya sebagian besar institusi di sini memiliki kolam atau sungai buatan, semisal di kampus KMUTT memiliki sebuah kolam di depan President Office, juga di AIT yang memiliki kolam di depan AIT CC dan sungai buatan yg mengelilingi area kampus, begitu pula di Thammasat University, Rangsit memiliki sebuah kolam/danau buatan besar di dekat RS pendidikan Thammasat dan di depan kantor Rektor, selain itu juga tentu sungai yang mengelilingi area kampus.

Sejatinya perayaan Loy Krathong adalah sebuah persembahan atau semacam thanksgiving bagi dewa penguasa air yang disebut Phra Mae Khongkha. Bagi orang Thailand, pelarungan kratong ke air akan memberikan semacam peruntungan selain sebagai perwujudan rasa terima kasih. Kalau kita runtut berdasarkan sejarah antara agama Budha dan Hindu, perayaan Loy Krathong ini berasal dari tradisi kuno agama Hindu di India yang kemudian diperbarui oleh ajaran agama Budha.

Image0126Krathong dalam berbagai hiasan yang di jajakan oleh pedagang

Image0127Membeli krathong yang siap dilarung

Image0124Krathong-krathong yang telah dilarung

Di Thammasat University, Loy Krathong menjadi semacam festival tahunan yang wajib diselenggarakan di kampus. Namun, tahun ini sangat berbeda dengan tahun lalu. Pada tahun lalu festival ini diselenggarakan di depan danau kantor rektorat, sedangkan tahun ini di selenggarakan di depan pintu gerbang utama kampus (1-2 November 2009), kebetulan di sana ada danau besar. Dari skala penyelenggaraannya tahun ini juga jauh lebih besar dan meriah di banding tahun-tahun sebelumnya, selain ada kegiatan-kegiatan yang sama seperti tahun lalu, misalnya: pemilihan ambassador of Thammasat University (semacam putri kecantikan kampus),dan ada games kecil-kecil dari tiap UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang membuka stand. Nah, tahun ini ada tambahan panggung musik yang gede banget, diisi oleh konser musik selama dua hari berturut-turut, kemudian ada juga pameran produk-produk dari pengusaha kecil menengah dibawah bimbingan Thammasat University. Stand-stand yang didirikan juga lebih tertata dan terkonsep dibanding dengan tahun sebelumnya yang terkesan apa adanya.

Image0128Keramaian Loy Krathong festival di danau Thammasat University

Image0118Pemilihan Ambassador of Thammasat University 2009

Kembali ke perayaan Loy Krathong, di area sekitar danau kampus banyak orang yang menjajakan krathong beserta lilinnya. Hal ini mempermudah orang-orang yang ingin melarung krathong tanpa bersusah payah membuat dan merangkainya sedemikian rupa. Alhasil, dari sekian ribu orang yang datang ke kampus dan ikut melarung krathong, maka danau kampus seperti banjir krathong. Selain pelarungan krathong, festival ini juga identik dengan penerbangan lentera. Seperti halnya tradisi orang China, orang Thai dalam festival ini juga melakukan hal yang sama, mereka beramai-ramai menerbangkan lentera ke udara. Tidak hanya di air yang gemerlap cahaya, di udara pun demikian.

Image0112Para mahasiswa asyik menyalakan lentera yang akan di terbangkan

Satu Balasan ke Loy Krathong Festival 2009 di Thammasat University

  1. yuyun mengatakan:

    i do love festival..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: