Farewell Party

FarewellPartyDua tahun sudah saya tinggal di Thailand, dan setahun terakhir ini saya habiskan waktu riset di Sirindhorn International Institute of Technology (SIIT), Thammasat University. Meski hanya setahun, namun sangat-sangat berkesan bagi diri saya, membentuk karakter pola pikir dan juga ability saya dalam bidang energy planning di bawah bimbingan supervisor saya Assoc. Prof. Dr. Bundit Limmeechokchai. Beliaulah yg banyak memberikan saya dorongan dalam belajar, dan juga berbagai bantuan baik secara finansial maupun hal-hal yang berkaitan dengan urusan non-akademik.

Mengingat pada kamis minggu depan (19/11) saya akan meninggalkan Thailand secara permanen, beliau kemudian mengajak seluruh member di lab kami untuk memberikan apresiasi jalinan sebagai mahasiswa dan advisor dan juga hubungan kekeluargaan yg secara tidak langsung kami jalin. Beliau menyelenggarakan farewell party berupa lunch untuk saya di sebuah restoran di dalam kampus Thammasat University pada hari ini (13/11), mengingat minggu depan beliau punya kesibukan yang padat. Menu sederhana yg beliau pesankan di restoran memang spesial buat saya; karna beliau hanya memesan seafood dan ikan saja. Beliau benar-benar tahu dan mengerti bahwa saya tidak mengkonsumsi daging babi. Tak hanya member di lab kami saja, namun beliau juga mengajak dua Professor lain di departemen Mechanical Engineering, yakni Assoc. Prof. Dr. Satha Aphornratana dan Assoc. Prof. Dr. Thananchai Leephakpreeda.

Photo0056Suasana lunch bersama dengan Professor di Mechanical Engineering

Photo0054Anggota laboratorium, kawan seperjuangan

Sederhana, namun sangat berkesan bagi saya. Setelah usai makan siang beliau berpesan pada saya bahwa setelah tiba di tanah air (Indonesia) jangan lupa selalu memberi kabar pada beliau dan seluruh lab member. Baik tentang pribadi maupun tentang karier, karna siapa tau kelak kita akan berjumpa lagi di lain kesempatan (semoga dalam keadaan yg lebih baik).  Secara pribadi saya sangat berhutang budi pada beliau, berkat dorongan-dorongan yang beliau selalu sampaikan akhirnya saya mampu menyelesaikan studi ini tepat waktu dengan hasil excellent. Berkat support beliau pula saya berhasil mempublikasikan thesis saya ke dalam 4 paper conferences, 1 paper jurnal dan insya Allah segera menyusul 4 paper jurnal (amien).

Perpisahan dengan Artite

Kawan se-lab inilah orang Thailand paling ramah yang pernah saya temui di sini. Artite Pattanapongchai namanya, alumni S1 dan S2 Teknik Elektro dari KMILT (King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang) dan juga seorang PNS Thailand di Departemen Perindustrian dan Perdagangan. Lewat Artite semua urusan saya yang berhubungan dengan literatur Thai selalu dia yang mengatasinya.

Kali ini dengan dia pulalah saya mesti pertama kali menyatakan salam perpisahan dibandingkan dengan anggota lab yang lain. Sehubungan dengan keberangkatan Artite ke Berlin, Jerman selama 1 minggu dari tanggal 14 hingga 22 November untuk mengikuti training teknologi biogas di Jerman. Kebetulan dia memperoleh beasiswa dari sebuah institusi pengembangan energi terbarukan di sana. Ya, malam ini saya menyampaikan salam perpisahan saya…semoga kami akan bertemu lagi di lain kesempatan, tentunya berharap dalam keadaan yang lebih baik. “See you next time my brother”, begitu ucap Artite sambil memeluk saya. Selamat jalan kawan, sahabat dan juga saudaraku…semoga sukses selalu.

Photo0058Artite dan diriku sebelum mengucapkan salam perpisahan

2 Balasan ke Farewell Party

  1. narozana mengatakan:

    sedih daku ngebacanya.. gt kali ya klo uda ngerasa deket sm dosen pembimbing dan kawan2 se lab. semoga aku bs jg seperti dirimu mas, lulus dalam waktu 2 thn. doakan yaa..

  2. erywijaya mengatakan:

    Dirimu pasti bisa Mon….semangat!!

Tinggalkan Balasan

