Pasar Kaget (Talad Nat) di Thammasat University

n101678672496_6059Lagi, kali ini saya menulis tentang keunikan aktivitas di Thammasat University (TU), kampus tertua kedua di Thailand setelah Chulalongkorn University. TU memiliki dormitory yang luar biasa besarnya sebagai warisan dari kegiatan ASIAN GAMES (baca di artikel saya sebelumnya), mayoritas mahasiswa TU tinggal di dormitory tersebut. Karna ada demand (baca: konsumen/mahasiswa) pada akhirnya ada juga supply. Pada setiap hari Senin dan Kamis sore hingga malam di area interzone Asian Games dormitory diselenggarakan pasar kaget atau dalam bahasa Thai disebut Talad Nat, talad berarti pasar dan nat berarti kaget. Pasar kaget di TU ini diselenggarakan dari sore hingga malam, oleh karenanya kadang disebut pasar malam. Sasaran konsumen utama pasar malam di TU pastinya adalah mahasiswa penghuni dormitory, namun ternyata banyak juga masyarakat umum sekitar TU dan juga para mahasiswa Asian Institut of Technology (AIT) yang kebetulan tetangga seberang TU juga menjadi penikmat keberadaan pasar malam tersebut.

Di arena pasar malam terdiri dari beraneka pedagang dan barang dagangan yg ditawarkan; mulai dari beraneka makanan berat (nasi, mie) hingga makanan ringan desserts semacam kue basah, buah-buahan dan beraneka macam jus juga ditawarkan.  Yang unik,  yakni di pasar malam ini juga menjual gorengan jangkrik, belalang dan ulat. Tak hanya itu, beraneka macam pakaian dan berbagai aksesorisnya juga ditawarkan di arena pasar malam. Hal itulah yang menarik dari pasar malam di tengah area kampus bagi sebagain besar mahasiswa. Di setiap Senin dan Kamis sore sepanjang jalan menju interzon dipastikan akan macet oleh berbagai kendaraan pengunjung, baik sepeda ontel, motor, maupun mobil.

DSC00065Talad Nat Mahalai Thammasat

DSC00073Suasana pasar malam

DSC00072Beli martabak

Photo0041Martabak Ayam

Photo0051Hemm nyam…nyam jangkrik goreng crispy, mau coba?

5 Balasan ke Pasar Kaget (Talad Nat) di Thammasat University

  1. erywijaya mengatakan:

    Weeww.. bu marsudi gak mau kalah sama Pak Mar

  2. Thie mengatakan:

    Kata teman saya yg org thai, talad nat itu pasar kaget (istilahnya kalau di indonesia). Kangen jg sama talad nat di thammasat. Pingin pisang goreng wijennya..

  3. Adi Marindra mengatakan:

    Trims tulisannya, hari senin kpingin ke interzone thammasat utk ke taladnat ini. Mas Ery, ada tidak talad yang buka setiap hari di area thammasat dan menjual makanan dan barang kebutuhan sehari2? Saya baru 5 hari tiba di lingkungan thammasat rangsit.

  4. erywijaya mengatakan:

    @Adi: selamat datang di Thammasat Rangsit! Setahu saya gak ada yg tiap hari di sana, mungkin untuk kebutuhan sehari2 bisa dicari di main canteen…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: