The Past is History, Present is Reality, and Future is Mystery

Berkali-kali Wakil Presiden kita, Prof. Budiono mengingatkan para siswa di sekolah-sekolah yang beliau kunjungi untuk membaca biografi tokoh-tokoh sukses dunia. Wapres berharap dengan membaca biografi tokoh-tokoh tersebut akan memberi inspirasi bagi para generasi muda Indonesia. Ya, memang generasi muda ‘wajib” untuk bisa menginspirasi diri sendiri. Wapres menjelaskan bahwa bangsa-bangsa di dunia yang mampu bertahan dan unggul karena kualitas dan kreativitas mereka. Menurut Wapres, kreativitas biasanya muncul dari inspirasi.

Kali ini saya menulis judul yang agak aneh “The Past is History, Present is Reality, and Future is Mystery“, ya beberapa hari ini saya bertemu dengan banyak orang dan kejadian yang menyadarkan bahwa antara masa lalu, masa sekarang dan masa mendatang itu saling berhubungan. Seperti Allah telah sampaikan di Surat Al Asr “I (Allah) swear by the time (1). Most surely man is in loss (2). Except those who believe and do good, and enjoin on each other truth, and enjoin on each other patience (3)“. Masa lalu yang baik akan mengantarkan ke masa sekarang dan masa mendatang yang baik pula. Menyambung apa yang disampaikan oleh Wapres, rasanya benar juga bagi kaum muda seperti saya untuk senantiasa mempersiapkan masa sekarang untuk masa mendatang, karena misteri di masa mendatang ditentukan oleh persiapan di masa sekarang.

Banyak kejadian masa lalu yang saya lewatkan begitu saja tanpa berarti, misalnya: Dulu saya malas belajar, akhirnya ya sampai sekarang hanya begini-begini saja prestasinya, seandaikan dulu saya lebih giat belajar tentunya akan mendapatkan hasil yang lebih memuaskan dari apa yang saya peroleh sekarang. Namun, saya masih berbahagia dengan masa lalu (masa kecil-red.), meski saya tidak pernah menikmati bangku TK, tapi saya tidak pernah kehilangan masa kecil yang menyenangkan. Masa kecil saya habiskan dengan berbagai permainan tradisional anak-anak, semacam mainan dari tanah lempung, bambu, dan batang daun pisang. Apapun masa kecil yang telah saya lewati, itu memberikan arti mendalam bagi hidup saya sekarang. Saya bisa menjadi seperti ini karna masa lalu saya, dan begitu juga masa mendatang saya akan terlihat dari hasil kerja keras saya saat ini.

Saya menuliskan judul ini di status Facebook sebagai “How to change the past, present and future?“. Ada banyak tanggapan yang masuk, tapi yang paling saya suka seperti ini: “You can’t change the pas coz it’s already happen. You can change the present by doing. You can change the future by keep dreaming“. Ya, yang berlalu akan terus berlalu (terutama yang buruk-buruk), dan yang akan kita hadapi adalah saat ini dan masa mendatang. Tetaplah saat ini bermimpi dan berusaha mewujudkan mimpi itu, sehingga apa yang tidak bisa kita gapai di masa lalu mungkin akan terwujud di masa mendatang.

10 Balasan ke The Past is History, Present is Reality, and Future is Mystery

  1. marsudiyanto mengatakan:

    Tulisanmu berbobot Err…
    Ngalahke aku😀

  2. Ery Wijaya mengatakan:

    Matur nuwun Pak,
    Btw, bloge njenengan gak iso dibuka dari Thailand je Pak, error teruss, jadi saia gak bisa mampir deh

  3. Yuyun mengatakan:

    …and Ery Wijaya will be Ery Wijaya, the one and only…😉

  4. Septi anggraini mengatakan:

    Ad yg blg kl umur mnusia cm shari,cm hr ini.kmrn ga akn prnah kmbali dan esok adl milik Allah.dg bgitu kta ga akn mnyesali kmrn ataupun mngkhawatirkn esok.tp hrs tetap brusaha mmbuat hr ini lbih baik dr kmrn.
    Tetap smangat nulis y,bs jd inspirasi bwt bnyk orang😉

  5. marsudiyanto mengatakan:

    Wah payah iki…
    Ojo2 blogku di banned tentara kene

  6. Ery Wijaya mengatakan:

    @Yuyun: hehe🙂
    @Septi: many thanks
    @Pak Mars: Beneran deh Pak, saya sudah mencoba ngenet di beberapa tempat di Bangkok dengan berbagai komputer, tetep aja gak bisa diakses blognya njenengan

  7. sewa elf mengatakan:

    Nice Article. Thanks

  8. Budi Setiawan mengatakan:

    Asw. salam kenal pak ery.
    sepakat dengan tulisan pak ery, The Past is History, Present is Reality, and Future is Mystery”.
    setelah membaca CV bapak dan beberapa artikel yg bpk tulis, saya menyimpulkan bapak orang yg rajin.
    klw tidak keberatan mungkin pak ery mau membagi kiat2nya agar selalu bisa semangat dlm menulis dan bagaimana mndapat beasiswa, krna bagi saya beasiswa itu adalah hal yg sangat sulit dicapai.
    Terima kasih pakery.
    Budi (http://budirich.wordpress.com)

  9. febri mengatakan:

    terlalu banyak meninggalkan dan berdamai dengan masa lalu

  10. Lucky dc mengatakan:

    Tulisan bapak bagus-bagus semuanya ya…🙂

Tinggalkan Balasan

