Thailand terkenal akan keindahan pantai tropisnya yang berpasir putih bersih dan dengan air laut yang biru dan jernih, telah memikat jutaan turis asing untuk menghabiskan liburannya ke negeri ini. Sektor pariwisata telah menjadi salah satu tulang punggung utama perekonomian negeri Gajah Putih, di samping sektor pertanian.  Dengan mengambil weekend  di  awal bulan Juli ini saya berlibur ke Phuket Island, pulau eksotis yang terletak di Thailand selatan, tepatnya sekitar 862 km dari kota Bangkok.  Phuket merupakan pulau terbesar yang dimiliki Thailand, dan terletak di laut Andaman. Pulau ini memiliki berbagai pantai yang terkenal bagi para wisatawan, salah satunya adalah Patong Beach. Tersohor bagi para wisatawan asing karena Patong memiliki garis pantai yang landai dan panjang. Di situ pula terletak berbagai hotel berbintang dan pusat-pusat hiburan malam. Kawasan Patong sangat mirip dengan Pantai Kuta di Bali.

Dari Bangkok (Suvarnabhumi Airport) saya naik the best low cost carrier in the world 2009-2010, yakni Air Asia, dengan tujuan Phuket International Airport. Bertolak dari Bangkok sekitar jam 9.20, saya mendarat di Phuket pukul 10.30. Beruntung, saya punya kenalan di Phuket, yakni Khun Lusy, orang Indonesia yang bekerja di Phatong Tower. Sehingga semua liburan di Phuket ini telah terorganisir dengan baik (Kho pun krab Khun Lusy!). Selama di Phuket saya tinggal di kawasan Patong Beach, kawasan ini benar-benar sangat terasa sebagai pusat pariwisata, ribuan turis asing hilir mudik. Selepas tiba di penginapan, saya langsung tidur untuk mempersiapkan diri agar tour hari pertama di Phuket dapat dinikmati dengan badan yang fit.

Map of Phuket Island

Pagi-pagi sekitar pukul 8, saya mesti bersiap-siap untuk datang ke port tempat penyelenggara tour. Hari pertama di Phuket, saya mengikuti paket one day tour di Phi Phi Island dan Khai Island. Dari port kami naik speed boat, meninggalkan Phuket menuju ke deretan pulau-pulau kecil  di sekitarnya bersama sekitar 20 turis asing lainnya. Pemberhentian kami yang pertama adalah di Maya Bay, pantai kecil nan indah yang sangat tersohor karena menjadi tempat shooting film the Beach, yang dibintangi Leonardo di Caprio, sekitar 10 tahun yang lalu. Pantai ini benar-benar sangat indah bagi saya, pasirnya putih bersih dan sangat lembut, serta pemandangan koral di sekitarnya yang menakjubkan. Pantas saja tempat ini dipilih oleh produser film Hollywood.

Maya Bay, Leonardo di Caprio was here!

Bukit karang yang melingkupi pantai

Pasir pantai yang putih dan lembut, but he is not Leonardo di Caprio😀

Setelah puas menikmati Maya Bay, perjalanan tour kami dilanjutkan ke Pileh Lagoon. Sebuah danau yang tersambung dengan laut, pemandangannya lagi-lagi sangat luar biasa menurut saya. Air laut yg biru dengan gradasi warna hijau, terlihat sangat jernih sekali dan berpadu dengan bukit koral curam yang terbentuk jutaan tahun lalu.

Pemandangan Pileh Lagoon yang sangat cantik

Kegiatan selanjutnya adalah snorkeling di Loh Samah Bay. Dengan air yang sangat jernih, dasar laut dapat dilihat dari permukaan. Namun karena saya tidak lihay berenang😀, jadi saya tidak begitu menikmati objek wisata yang satu ini.

Snorkeling yang gagal😦

Tempat terakhir yang saya kunjungi dalam tour ini adalah Khai Nok Island, ini adalah pulau yang sangat kecil, dan namun memiliki fasilitas restaurant. Pantai di sini sangat unik, dan mungkin tidak dimiliki oleh pantai-pantai yang lain, yakni ikan laut yang ada sangat jinak dengan manusia. Kita bisa berinteraksi dengan ikan-ikan kecil di situ, bahkan kalau kita memberi makanan (roti atau buah) maka ikan-ikan akan mengerubutin si pemberi makanan.

Ikan di pantai yang sangat jinak dengan manusia

Khai Nok Island

Kunjungan hari pertama ini saya ikut sebuah biro perjalanan Anurak Seacano, bagi pembaca yang tertarik dengan tour paket ini mungkin bisa menghubungi website yang bersangkutan di www.anurakseacano.com. Untuk kunjungan hari ke dua, yakni di James Bond Island, akan saya ceritakan di artikel yang lain. stay tuned ya!

12 Balasan ke Saatnya Berlibur: Indahnya Pantai di Phi Phi & Khai Island (Phuket Trip, 1st Day)

1. Nyetnyet mengatakan:

Baca ini jadi pengen ke Temajok lagi:p (g nyambung sama Pukhet:p)

Klo diliat”, Indonesia juga punya t4 kaya gini y…sayang infrastruktur, promosi Indonesia sangat jauh dibanding Thailand, padahal banyak banget potensinya.

Klo pulang ke Indonesia, mau ke Pulau Sabang, Pulau Cubadak, Pulau Temajok, Derawan, sama Pulau Raja Ampat ah. hehe^^

2. jun hendra hutabarat mengatakan:

Ry, aku pgn ke Bangkok dan Phuket, tp itu rencana kalau dah mau pulang ke Indo, mau mampir dulu ke Thailand…hehehe

3. Ery Wijaya mengatakan:

@Anet: ya bgtulah kita, kalah dalam pemasaran
    @Jun: wah cepetan Jun ke sini hehehe…aku keburu mo ke Jepun neh…nanti gantian aku yg mampir ke Taiwan deh🙂

4. tisarasita mengatakan:

Hah, sangad ingin kesini duluu!!! tapi ga kesampean😦 i will be there, soonesssttt!!! insyaAllahhhhhhh🙂

5. Ery Wijaya mengatakan:

@Tisa: huhuhu rugi banget klo gak mampir ke sini🙂

6. devitrie mengatakan:

ini toh pantainya mas Leonardo…..

7. Adam mengatakan:

ga ada review biaya nih..ada kenalan ga yang bisa diinepin?

8. Ery Wijaya mengatakan:

@Adam: biayanya paket wisatanya silahkan diklik link web bironya langsung. Kalau biaya total mungkin itungan kita beda, karena saya kerja dan tinggal di Bangkok.

9. dewi mengatakan:

i really like the beach, but i don’t have time to visit there

10. mauren mengatakan:

bagi tour agen nya dunk…