Saatnya Berlibur: James Bond Island (Phuket Trip, 2nd Day)

Nama lokal pulau ini adalah Ko Tapu, namun batu karang yang berdiri tegak setinggi kira-kira 30 meter di tengah laut ini kemudian lebih tersohor dengan nama James Bond Island. “Perubahan” nama ini berawal di tahun 1974 , ketika sebuah perusahaan film yang berbasis di London, EON Productions memilih Ko Tapu sebagai salah satu tempat shooting film James Bond yang berjudul “The Man with the Golden Gun“, cerita tentang petualangan agen rahasia MI6 (badan intelejen negara Inggirs) yang bernomor 007. Berakting sebagai Bond pada film tersebut adalah artis Roger Moore. Nah, kemudian jadilah batu karang tersebut sebagai salah satu pusat daya tarik para wisatawan di Phang Nga Bay sampai saat ini.

Saya tidak akan buru-buru menceritakan bagaimana wujud keunikan James Bond Island, karena sebelumnya saya akan bercerita tentang berbagai tempat yang saya kunjungi dalam liburan hari kedua di Phuket Island. Di hari kedua ini (4 Juli 2010) saya menggunakan agen perjalanan yang bernama Phuket Patri Tour (PPT). Seperti pada hari pertama, paket wisata yang di hari kedua ini telah disiapkan oleh Khun Lusy (thanks again!). Paket wisata ini akan menjelajahi Pha Nga Bay National Park dan sekitarnya, yakni Panak Island, Hong Island, Lawa Island dan tentu saja James Bond Island.

Tepat Pukul 9 pagi saya sudah berada di Po Bay, dermaga tempat agen tour yang akan saya gunakan. Kali ini menggunakan kapal yang agak besar, dengan rombongan sekitar 40 orang wisatawan yang lagi-lagi hampir keseluruhan adalah orang asing. Kunjungan pertama kami adalah Panak Island. Di dalam pulau ini terdapat hutan mangrove dan danau air asin yang berhubungan langsung dengan laut. Untuk mengunjungi danau tersebut, pengunjung harus berkano dari kapal dan menyusuri goa jalan masuk menuju area danau. Dikarenakan jalur keluar masuk goa karang yang sangat kecil, maka setiap kano yang ditumpangi (berisi 2-3 orang) akan ditemani oleh guide yang juga sekaligus sebagai pendayung kano.

Kapal yang digunakan dalam tour Pha Nga Bay

Goa jalan masuk menuju danau dan hutan mangrove di Panak Island

Hutan mangrove di dalam danau

Puas menikmati danau dan hutan mangrove, peserta tour diantar kembali oleh guide menuju kapal untuk melanjutkan perjalanan ke tujuan selanjutnya, yakni Hong Island. Di pulau ini, peserta tour kembali diajak untuk berkano dengan didampingi oleh guide untuk melihat danau di dalam pulau yang terhubung dengan laut. Hampir sama dengan Panak Island, namun di Hong Island area danau lebih luas dan pemandangannya pun lebih indah. Yang menarik, di sini beberapa batu karang secara alamiah terbentuk mirip dengan gajah, seorang putri yang sedang duduk dan juga kepala monyet.

Danau di dalam Hong Island beserta stalagmite dan stalactitenya

Salah satu batu karang yang berbentuk menyerupai kepala monyet (hayoo silahkan tebak!)

Dari Hong Island, rombongan di antar menuju ke James Bond Island. Pulau yang sangat terkenal dikalangan pelancong yang datang ke Phuket. Seperti yang telah saya ceritakan sebelumnya di atas, sebenarnya James Bond Island bukanlah pulau yang bisa disinggahi, hal ini dikarenakan wujudnya yang sangat kecil dan meruncing ke atas. Sehingga pengunjung hanya dapat menikmati dari pulau disebelahnya yakni Khoa Ping Khan. Dari kapal, kami dijemput oleh perahu penumpang kecil untuk menuju ke Khoa Ping Khan, hal ini dikarenakan kapal yang kami gunakan tidak dapat bersandar langsung di pulau tersebut. Begitu sampai di Khoa Ping Khan, pengunjung diberikan pertunjukan luar biasa, yakni batu besar yang terbentuk secara alami menyerupai dinding raksasa, namun bentuknya miring sehingga seperti terlihat sebuah dinding raksasa yang hampir ambruk. Setelah kita melewati dinding tersebut, barulah kita bisa melihat karang berbentuk meruncing yang disebut sebagai James Bond Island. Karang tersebut memang berada di lepas pantai, namun tidak begitu jauh dari Khoa Ping Khan. Para pengunjung biasanya mengambil foto di sini dengan bergaya ala Bond, tak mau kalah, saya pun mencoba bergaya serupa dengan Bond. Mungkin inilah wajah Bond ala BIN (Badan Intelejen Nasional) hehehe..

“Dinding” batu yang hampir rubuh itu

James Bond Island

He is not James Bond😀

Tujuan terakhir dari paket wisata yang saya ikuti adalah ke Lawa Island. Di sini pengunjung akan diperbolehkan untuk berenang di laut yang bersih dan air yang jernih, maupun berkano ria sendiri. Karena saya tidak jago renang, maka saya pilih untuk berkano ria. Lumayan juga menguras energi berkano di sekeliling Lawa Island, namun tentu tidak akan menyesal karena pemandangan alam yang disuguhkan sangat cantik.

(Bukan) calon nelayan🙂

11 Balasan ke Saatnya Berlibur: James Bond Island (Phuket Trip, 2nd Day)

  1. riFFrizz mengatakan:

    wahh, seru seru, pemandangannya keren keren

  2. julianusginting mengatakan:

    wah..keren sob..kapan bs jalan kesana yak..🙂

  3. Ery Wijaya mengatakan:

    @Riffriz: wah pasti jelas mantabss
    @Nda: salam kenal juga, thanks dah mampir
    @Julianus Ginting: gak rugi mas liburan ke sana🙂

  4. rianto rili mengatakan:

    Halo bos, apa kabar?? masih inget ga sama saya?? hehehe…

    Eh,mau tanya, kalo mau trip pake agen PPT itu ongkos nya brp y? Mbok menawa kami mau jalan2 kesana, soalya kmrn blm sempet mengicipi ke Phuket😦

    Thnx na kap…🙂

  5. erywijaya mengatakan:

    Halo bos, piye kabare? ya masih ingetlah, dulu DD AIT-UGM kan?hehehe…
    Di Webnya PPT itu ada tarifnya bos, http://www.phuketpatritour.ob.tc/Program.html, tergantung paket mana yg mau diambil, disitu ada penjelasannya juga,

    Okeh selamat mencoba berlibur ke Phuket, dijamin mak nyuss

  6. rianto mengatakan:

    syukur kalo masih inget🙂

    sip udah diliat, yg one daytour sekitar 800 ribuan ya.. tanya lagi, khun lusy itu org indo kan? emang dr patri tour nya apa temen e sampeyan? hehehe…
    kl ada orng indo nya yg disana kan jd enak ngobrolnya😉

  7. intansliw mengatakan:

    nice post^_*

  8. Tica mengatakan:

    Wah, boleh tau ga brp tarif tour nya utk keliling2 Pha Nga Bay National Park?Thx

  9. Fikriyah Winata mengatakan:

    Sedikit banyak mirip sama Ha Long Bay di Ha Noi mas,udah pernah kesana mas??pas masuk ke Goa karstnya, stalaktit, stalagmit, terracenya keren..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: