Kuliah di Thailand? Kenapa Tidak!

Thailand, the land of smiles, terkenal sebagai negeri tujuan wisata, menawarkan keindahan panorama alam tropisnya. Setiap tahun terhitung jutaan turis asing menghabiskan liburannya di negara ini, bahkan ada yang saking cintanya pada keindahan yang ditawarkan, kemudian memutuskan untuk menetap tidak kembali ke negara asal mereka. Di samping menawarkan potensi wisatanya, Thailand juga menawarkan diri sebagai pusat pendidikan tinggi di kawasan Asia Tenggara, selain Singapura dan Malaysia.

Menurut lembaga perankingan universitas dunia, QS Top Universities, pada tahun 2010 terdapat 7 universitas Thailand yang menduduki posisi Top 200-Asian University ranking, jumlahnya hampir sama dengan universitas di Indonesia, hanya saja yang membedakan adalah ada dua universitas di Thailand yakni Mahidol University dan Chulalongkorn University memiliki posisi yang jauh lebih baik dari pada universitas di  Indonesia.

Sedangkan bila dibandingkan dengan universitas di Malaysia, Thailand masih lebih baik. Malaysia hanya memiliki 6 universitas yang masuk di jajaran Top 200 Asia, dengan posisi tertinggi berada pada ranking 42, yakni Universiti Malaya. Padahal posisi tertinggi universitas Thailand, yakni Mahidol University berada pada ranking 28. Ini menunjukkan bahwa kualitas universitas di Thailand lebih baik dari pada di Malaysia menurut standar dari QS.

Universitas Terbaik di Thailand

Banyak dari orang Indonesia telah mengenal beberapa nama universitas besar Thailand seperti Chulalongkorn University, Mahidol University, King Mongkut’s University of Technology, Kasetsart University, Thammasat University, Chiang Mai University, Prince of Songkla University dan Asian Institute of Technology. Semua yang saya sebut tadi berlokasi di Bangkok, ibu kota Thailand, kecuali Chiang Mai University, Prince of Songkla University dan Asian Institute of Technology yang terletak di luar propinsi Bangkok.

The Grand Palace, salah satu tujuan wisata di Bangkok

Mayoritas mahasiswa Indonesia belajar di Asian Institute of Technology (AIT), kampus ini telah terkenal selama puluhan tahun mendidik orang Indonesia, puluhan alumni AIT telah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dan saat ini telah menjadi pimpinan berbagai institusi di Indonesia, seperti Prof. Sudjarwadi rektor UGM saat ini, Prof. Djoko Santoso mantan rektor ITB yang saat ini menjadi Dirjen Dikti, dan Prof. Abraham Lomi rektor ITN Malang saat ini. Memang mayoritas profesi para alumni adalah dosen, karena AIT dahulu hanya menawarkan postgraduate study yang terdiri dari tingkat Diploma, Master hingga Doktor.

Mahidol University terkenal dalam bidang ilmu kesehatan dan sosial, oleh karenanya mayoritas orang Indonesia yang belajar di mahidol mengambil bidang studi seperti kedokteran, farmasi, kesehatan masyarakat, hukum (HAM) dan ilmu budaya. Chulalongkorn University adalah kampus tertua di Thailand, menawarkan program studi yang sangat luas mulai dari ilmu sosial, kesehatan hingga ilmu teknik, sejak dibukanya program internasional orang Indonesia banyak yang mengambil studi di kampus ini.

Chulalongkorn University

Selain tiga kampus di atas, orang Indonesia juga banyak belajar di King Mongkut’s University of Technology yang terdiri dari Ladkrabang, Thonburi dan North Bangkok. Sesuai dengan namanya, kampus ini memiliki program studi dalam bidang ilmu teknik yang sangat komplit, mayoritas orang Indonesia mengambil studi di informatika, teknik elektro, energi, dan lingkungan.

Thammasat University merupakan kampus tertua kedua di Thailand, nama kampus ini berarti ilmu sosial. Akan tetapi seiring kemajuan jaman kampus ini telah membuka program studi di bidang ilmu teknik dan sains. Thammasat sangat terkenal sebagai penghasil ekonom, politisi dan ahli hukum terkemuka Thailand. Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Jogja, yakni Prof. Edy Suandi Hamid,  dan  Prof. Gunawan Sumodiningrat, ekonom UGM, merupakan salah satu orang Indonesia yang pernah mengambil studi di Thammasat.

Dome of Thammasat University

Beberapa orang Indonesia juga pernah dan sedang mengenyam pendidikan di Kasetsart University yang mempunyai spesifikasi di bidang pertanian dan Prince of Songkla University yang mempunyai spesfikasi di bidang pertanian dan ilmu kesehatan. Sedangkan Chiang Mai University mempunyai keunggulan dalam bidang pariwisata dan juga ilmu pertanian.

Keuntungan Belajar di Thailand

Sebagai sesama negara berkembang, Thailand ternyata memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI) yang lebih tinggi dari Indonesia, bahkan angka partisipasi masyarakat mereka dalam pendidikan tinggi telah mencapai 48%, jauh dibandingkan dengan Indonesia yang baru mencapai 18%.  Hal ini mengindikasikan bahwa pemerintah Thailand telah berhasil menjadikan pendidikan tinggi mereka bermanfaat bagi pembangunan sumber daya masyarakatnya.

Belajar di Thailand memiliki beberapa keuntungan, yakni:

  1. Ilmu pengetahuan yang diajarkan sangat sesuai dengan keadaan negara berkembang seperti Indonesia.
  2. Kampus-kampus terkemuka di Thailand memiliki tenaga pengajar yang hampir 100% memegang gelar Doktor dari berbagai universitas terkemuka dunia, sehingga kualitas pendidikannya terjamin.
  3. Riset yang kita lakukan di Thailand dapat diaplikasikan langsung di Indonesia, baik itu dalam ilmu sosial, teknik, kesehatan maupun ilmu pertanian, karena iklim dan kondisi masyarakat yang hampir sama. Hal ini berbeda dengan di negara maju yang gap pengetahuannya terasa sangat jauh.
  4. Cultural shock tidak begitu dahsyat bagi mahasiswa Indonesia yang baru datang, sehingga dapat menyesuaikan diri dengan cepat.
  5. Dukungan industri dan pemerintah terhadap penelitian terhitung besar di banding di Indonesia, sehingga dana untuk riset dapat diperoleh dengan mudah.

Kini, Thailand tidak hanya dikenal sebagai tempat wisata, namun juga tempat studi bagi banyak mahasiswa asing. Universitas-universitas di Thailand telah membuka diri dengan dunia internasional, hal ini dibuktikan dengan banyaknya program internasional yang ditawarkan, begitu juga berbagai macam tawaran beasiswa bagi mahasiswa asing. Belajar di Thailand terasa sangat menyenangkan bagi saya, sebab selain bisa memperoleh ilmu, saya juga bisa jalan-jalan ke berbagai tempat tujuan wisata dengan biaya yang terjangkau.

 


 

Gunawan Sumodiningrat

223 Balasan ke Kuliah di Thailand? Kenapa Tidak!

  1. masyhury mengatakan:

    wah, keren juga ya Thailand.
    cuma banyak orang budha ya..?

  2. Red mengatakan:

    thai? biasanya yg jadi tujuan adalah malay dan sg yah. mungkin kendalanya adalah bahasanya. di malay dan sg kita masih familiar banyak yg bisa melayu. inggrisnya pun bagus. thai?

  3. nadiafriza mengatakan:

    “Prof. Djoko Santoso mantan rektor ITB yang saat ini” >> seneng banget deh pas baca kalimat ini. mantan rektor, yeiy!😀

    saya rasa ada hubungan antara banyaknya perusahaan internasional yang memiliki pabrik di Thailand dengan bagusnya ranking universitas Thailand di Asia🙂

  4. Asop mengatakan:

    Waow… Apakah pendidikan di Thailand bagus?😀

  5. fitrimelinda mengatakan:

    hmm.. iyah why not..

    tapi kayanya masih jarang ya mas..kebanyakan lebih milih singapore n malsy deh..

  6. erywijaya mengatakan:

    @Masyhury: Iya mayoritas orang Thai beragama Budha, tapi agama terbesar kedua, yakni sekitar 5% dari total populasi beragama Islam.

    @Red: Kalau untuk komunikasi dengan dosen tidak ada kendala berarti, karena dosen2nya kan juga alumni luar negeri🙂 cuman komunikasi dengan orang lokal mungkin agak punya kendala. Tapi untuk wilayah Bangkok dan tempat2 wisata mayoritas bisa bahasa Inggris dengan baik.

    @Nadia: Ya faktor industri yg bekerja sama dengan kampus juga bisa mendongkrak ranking universitas

    @Asop: Menurut saya lebih bagus seh dari pada di Malingsia hehehe

    @Fitri: Iya lebih milih di sono, coz lebih familiar, apalagi di Malingsia kan cukup pakai bahasa melayu, kagak perlu bahasa2 Inggris segala😀

  7. we astra leodie mengatakan:

    tetapi anak malaysia bahasa inggris nya lebih hebat dari thailand mereka inggris nya UK malah… heeee but next year I hope I can s2 and that I hope will go to Thailand, because Thailand is a country of my dreams .. heee Tetapi blog ini bermanfaat sekali buat saya terima kasih.

  8. ray mengatakan:

    keren banget………………

  9. setia mengatakan:

    Rncn mau ambil kuliah S3 di Prince of Songkla (PSU), maunya dpt bs dikti msh nunggu pengumuman hasil. Dpt surprise dr PSU ketika minta LoA terbaru malah dikasih beasiswa 3 tahun penuh + living cost. Tp sy kurang persiapan, jadi kalau bisa minta info website2 yang bermanfaat sebelum berangkat ke thailand sbg tambahan wawasan. (maklum sdh tua agak gaptek di perinternetan. Rncn Juni thn ini berangkat. trims seblmnya

  10. Yuni mengatakan:

    Kalo untuk Ilmu2 Pertanian yang bagus di universitas apa?

  11. erywijaya mengatakan:

    Ada Kasetsart University dan Prince of Songkla University

  12. erywijaya mengatakan:

    Selamat Pak, semoga sukses studinya di PSU

  13. setia mengatakan:

    Trim’s do’anya. Pernah ngurus student visa ke kedubes thailand? bagi dong pengalamannya.

  14. erywijaya mengatakan:

    Mudah kok Pak, tinggal bawa surat pengantar pembuatan visa yang dikeluarkan oleh PSU, bawa pasport, foto 3×4 berwarna dan uang 65 USD

  15. lenni sastra mengatakan:

    gimana dengan perkembangan ilmu keperawatan di thailand?
    mana lebih bagus dri indonesia? krena saya berencana untuk ngambil master keperawatan di sana.

  16. erywijaya mengatakan:

    Menurut saya lebih bagus di Thailand, karena setahu saya beberapa dosen ilmu keperawatan banyak yang menempuh studi di sana. Silahkan lihat informasi ilmu keperawatan di Mahidol University ataupun di Prince of Songkla University.

  17. korie mengatakan:

    Nice blog! Thailand selalu menarik baik sosial life, culture, tourism, maupun industrinya. Pertanyaan saya: pertama, apakah ada universitas yg punya reputasi unggul di bidang aplied art atau graphic design/communication? Kedua, beasiswa apa yg biasa ditawarkan utk org Ina ambil S2/S3 disana? Thks, maju terus!🙂

  18. erywijaya mengatakan:

    Bisa dilihat di Assumption University,silahkan digoogling websitenya. Mungkin mereka jg menyediakan beasiswa

  19. ami mengatakan:

    salam. master ESP di uni mana ya ? tq

  20. Ery Wijaya mengatakan:

    Hi ami…ESP itu apa ya?

  21. rayyan mengatakan:

    salam.
    Hi,Kalo ilmu kedokteran n teknik bgs an di universitas mana ya?aq n suami rencana mu apply beasiswa ke thailand di universitas yg sama,biar ga repot.mahidol univ n AIT itu deketan ga ya?thank info nya ya…

  22. Ery Wijaya mengatakan:

    Mbak Rayyan, bidang kedokteran yang bagus selain Mahido University, ada juga Chulalongkorn University. Kalau bidang teknik yang full bahasa Inggris ya hanya AIT saja, tapi beberapa kampus seperti Chulalongkorn, KMUTT dan KMITL juga menawarkan dalam bahasa Inggris, tapi hanya pada bidang tertentu. Antara AIT dan Mahidol/Chula bisa ditempuh sekitar 45 menit sampai 1 jam dengan angkutan umum. Terhitung dekat untuk perjalanan komuter di kota.

  23. Zulfa Nazli mengatakan:

    Bapak/Ibu Moderator yang terhormat, kalau mau ambil Fakultas Pertanian yang bagus Universitas apa di Thailand? Khususnya masalah Rural Development.
    Tks

  24. Zulfa Nazli mengatakan:

    Bapak/Ibu Moderator yang terhormat, kalau mau ambil Fakultas Pertanian yang bagus Universitas apa di Thailand? Khususnya masalah Rural Development.
    Tks

  25. erywijaya mengatakan:

    Mas Zulfa, Kampus pertanian yang terkenal di Thailand ada di Kasetsart University, Asian Institute of Technology, dan Prince of Songkla
    University

  26. Zulfa Nazli mengatakan:

    Terimakasih banyak atas infonya Mas Ery,. saya akan coba apply ke salah satu Universitas tersebut. Tks

  27. Atika Luthfiyyah mengatakan:

    sekarang malah sering buka blog kak ery yg edisi thailand ^^

  28. Riza Rahman Hakim mengatakan:

    Mau tanya mas Ery, kalo master of aquaculture antara di kasetsart dan AIT, serta di PSU bagus mana?

  29. erywijaya mengatakan:

    @Tika: hehehe enjoy ya selama di Thai
    @Mas Riza: kebetulan bidang saya bukan di situ, jadi kalau ditanya mana yg lebih baik secara detail saya gak bisa menjawabnya. Tapi secara reputasi internasional, AIT lebih bagus, lalu disusul oleh Kasetsart.

  30. Riza Rahman Hakim mengatakan:

    Bukannya klo bidang ilmu2 pertanian kasetsart yg terbaik mas? klo untuk nuansa englishnya bagus yg mana diantara kedua itu?
    Setahu sy, ranking top universities/QS Star, kasetsart lebih baik dr AIT.

  31. Ery Wijaya mengatakan:

    Mas Riza, untuk ranking QS memang AIT tidak pernah ikut serta di ranking, dikarenakan AIT adalah post graduate institute, dan tidak memiliki program S1 (info: baru dibuka beberapa waktu lalu program S1nya).

    Secara nasional (Thailand-red), Kasetsart memang ilmu pertaniannya terkenal, namun perlu diingat reputasi internasionalnya masih kalah dengan AIT. Karena AIT alumninya menglobal, dari beberapa negara di Asia.

    Untuk nuansa Englishnya, jelas AIT full English. Mulai dari mahasiswanya yg terdiri dari berbagai negara, hingga staffnya yg benar2 internasional. Anda akan merasa seperti tidak sedang berada di Thailand ketika tinggal di lingkungan AIT. Saya bisa mengatakan seperti itu karena dulu saya adalah staff di AIT.

    Sedangkan Kasetsart, program internasional yg ditawarkan masih terbatas.

  32. Riza Rahman Hakim mengatakan:

    Trimas ksh infonya mas.
    Sebenarnya Sy sdh diterima di kasetsart mas dgn beasiswa dikti, akhir oktober ini brangkat. tp sbenarnya dl sy ingin ke AIT, tp ga dpt LOA, krn waktu itu sy daftarnya yg ada beasiswa AIT nya. Sbenarnya msh diubah bl sy mendapatkan LOA dr AIT. ada masukan mas?

  33. erywijaya mengatakan:

    Kasetsart juga bagus mas secara keilmuan, namun kalau ingin merasakan suasana akademik lebih internasional, coba saja ke AIT.

    Menurut saya, tidak ada masalah kalau ingin belajar di Kasetsart, disana juga bagus.

  34. Riza Rahman Hakim mengatakan:

    thanks advice nya, sy akan cb cari LOA AIT sbelum tanda tangan kontrak dgn Dikti. bl tdk dpat ya tetap di Kasetsart.

  35. danny mengatakan:

    Mas ery, saya mau tolong tnya.
    Sya ada tawaran exchange ke thailand, tepatnya ke Culalongkorn di major accounting.
    Apa bagus mas pendidikan dan academic cuture disana?
    Apa Thailand negara yg worthed untuk dijadikan jujukan studi?
    Terima kasih sebelumnya.

  36. Ery Wijaya mengatakan:

    @Mas Danny: Chulalongkorn University itu the best di Thailand mas. Sangat saya rekomendasikan untuk mencoba suasana akademik di sana.

  37. danny mengatakan:

    @Mas Ery: pendapat teman2 sy menyatakan kalo Univ di Thai kurang dikenal mas. Jadi nantinya kurang signifikan dalam jenjang karir, atopun akademik ke depannya.
    Sebagai tambahan, mnrt tmn2, development di Thai kurang lebih sama sprti di Indo, baik dr sisi ekonomi, atopun budaya(culture), sehingga kurang baik jk dijadikan preferensi untuk exchange.
    Ini jadi suatu hal yg membingungkan buat saya.
    Mohon Pencerahannya mas.
    Terima Kasih.

  38. Ery Wijaya mengatakan:

    Chulalongkorn itu ranking 3 se ASEAN mas, cuman kalah sama sama NTU dan NUS. Lihat saja di daftar ranking universitas di dunia. Kalau culture memang gak jauh beda. Kalau cuman untuk exchange saya kira tidak ada masalah ya. Karena exchange itu lebih banyak untuk mengenal culture.

  39. tomy prasetyo mengatakan:

    minta mail list temen2 yang masih disana plisss, saya butuh akomodasi yang murah dan terjangkau. saya mau kuliah di kaset university by october. anyone response, please email me at: fikums@gmail.com
    thank you.🙂

  40. Aditya mengatakan:

    Halo mas, mau tanya, kalau untuk pendidikan S1 Kedokteran di mahidol university itu kisaran berapa ya ? terus disana belajarnya pake bahasa thailand apa ada yang khusus dengan pengantar inggris ? makasih🙂

  41. Ery Wijaya mengatakan:

    Halo Aditya, sepertinya di Mahidol kedokterannya ada yg international program (http://www.mahidol.ac.th/mueng/under_graduate.htm). Untuk detail biaya ada di sini http://www.muic.mahidol.ac.th/eng/?page_id=58. Namun tidak tertera untuk program kedokteran, silahkan kirim pertanyaan langsung ke bagian administrasinya: icdad@mahidol.ac.th

  42. yuana mengatakan:

    Halo, saya yuana, mau tanya2, rencana saya ingin mengambil S2 di Mahidol di bidang Master of Integrated Chemical, apakah di Mahidol termasuk bagus untuk kualitas engineering faculty?bagaimana dengan lingkungan dan situasi di sana? thanks

  43. erywijaya mengatakan:

    Halo Yuana, secara umum Mahidol University adalah salah satu kampus top di Thailand. Namun, kalau ditanya yg paling top dalam bidang teknik, saya rasa jawabannya adalah di AIT atau di Chulalongkorn. Tapi mengambil bidang engineering di Mahidol juga tidak mengecewakan saya rasa.

    Suasana lingkungan di fakultas teknik Mahidol lumayan agak senyap untuk belajar, dan terdapat beberapa mahasiswa Indonesia yg belajar di tempat yg sama (tapi non Engineering).

  44. lutfi mengatakan:

    matur nuwun sanget mas Ery.. sy mndapat pencerahan n semakin mantabbb memilih thailand.. kul gratisan S2 clinical tropical medicine mahidol.. ad kolega qt dsna mas? sy tlg diLINKan ap sj ttg tropmed.. kuuuabehhh gpp.. sukses untuk PHDna mas..

  45. erywijaya mengatakan:

    Mas Lutfi, ada neh dokter yg sedang kuliah di Mahidol, namanya Mbak Annette emailnya di gadiskcil@yahoo.com,

  46. lutfi mengatakan:

    weedeeee… mantaaabbbb mas ERY.. sipp mas.. wes ketemu lgsn orge.. thnxx beraaattt…

  47. lathifah ramadhani mengatakan:

    woi hbt.. jd pngen k thailand kpn ya?

  48. shantee mengatakan:

    ass mas, mau tanya ada ga universitas di thailand yg ada program studi bahasa indonesia nya? krn ada sepupu ku dr usa yg mau ambil kuliah program bhs indonesia, dia skrg lg tugas nya di thailand.. bisa bantu info nya? terima kasih

  49. muhamad ava mengatakan:

    Saya ingin sekali bisa belajar di thailand…kira2 toefl yg harus di capai buat masuk di prince of songkla berapa ya?dan admissionnya bagaimana?
    Thx banget atas infonya

  50. erywijaya mengatakan:

    @Shantee: Silahkan hubungi ke Pusat Studi Asia Tenggara di Thammasat University, di sana mengajarkan bahasa Indonesia juga, ini linknya http://www.tu.ac.th/org/arts/seas/indexeng.html

    @ Muhammad Ava: TOEFL ke Songkla biasanya sekitar 530. Untuk admisi lengkapnya silahkan di lihat ke link ini http://www.psu.ac.th/en/node/829

  51. Dody mengatakan:

    hmmm…ada info ttg beasiswa s2 ke thailand g? pengen lanjut tapi blm tau info nya nihhh….

  52. hesty mengatakan:

    Assalamu’alaikum.wr.wb,mas ery.. sy ingin melanjutkan kuliah master keperawatan di thailand.. Tp sy nda tau hrs dimulai dr apa dulu utk prosedurnya.. Tlong bantu sy informasinya utk yg non beasiswa. Trimakasih byk sblmny..Wassalamu’alaikum.wr.wb.. Jazakumullah khairan..

  53. erywijaya mengatakan:

    Waalaikumsalam,

    Mbak Hesty, pertama yg perlu dicari adalah kampus yg menyediakan program S2 Keperawatan (international program). Setahu saya yang sering menjadi tempat rujukan teman2 mahasiswa Indonesia adalah di Prince of Songkla University (http://www.grad.psu.ac.th/eng/Admission.php), Mahidol University (http://www.mahidol.ac.th/mueng/post_graduate.htm) dan Chulalongkorn University (http://www.inter.chula.ac.th/inter/internationalstudents/InterProgramList.html). Silahkan merujuk ke websitenya masing2. Selanjutnya, silahkan persiapkan dokumen yg diperlukan untuk mendaftar sesuai dengan yg tertera pada website tersebut.

    Good luck😉

    Salam,

    Ery

  54. emi novariza mengatakan:

    mau nanya dong, kalau program S2 manajemen di thailand di UNIV apa ? terus belajar di UNIV di thailand pake bahasa inggris apa pake bahasa thailand ? mohon infonya ya, terima kasih

  55. erywijaya mengatakan:

    @Mbak Emi: Management dalam bahasa Inggris juga ada. Yang terkenal adalah Sasin Graduate Institute of Business of Business Administration of Chulalongkorn University (http://www.sasin.edu/), College of Management, Mahidol University (http://www.cmmu.mahidol.ac.th), dan School of Management, Asian Institute of Technology (http://www.som.ait.ac.th/)

  56. dheanggraini21 mengatakan:

    sist aku mau tanya, saya lulus SMA tahun ini dan berencana untuk melanjutkan study ke Thailand, nah kira-kira bakalan repot ga tuh ngurusnya ?? apa mendingan kuliah dulu di Indo baru ngelanjutin ke Thailand ?? saya mau ngambil jurusan pertanian kira2 univ apa yg bagus di thailand ?? mohon infonya, thanks^^~

  57. erywijaya mengatakan:

    @ Dea: wah saya bukan sist, tapi bro hehehe…kalau mau ambil pertanian yg terbaik ada di Kasetsart University, kampusnya di Bangkok. Untuk internasional program S1 di kasetsart univ, silahkan lihat di brosur ini http://www.ku.ac.th/english/download/interprog.pdf

  58. dheanggraini21 mengatakan:

    ahhhh… sorry mas bro >.< saya kira sista, hmmm… makasih atas infonya^^~ nanti saya bilang ke Ayah saya,hehehe..
    once again sorry…

  59. ellandyupa mengatakan:

    Assalamu’alaikum…
    mas ery, mau tanya. saya emg masih du2k di bangku kls 2 SMA, tpi saya ingn tau low lu2s SMA ntar mau nyari beasiswa kuliah di Thailand mnurut mas gmna? sperti kata mb dhea, apa baik’a kuliah di indo baru ke thailand? dan low seumpama lulus SMA kuliah di thailand, apa nyari kerja di Indo mudah? soal’a ayah prnah blg, biasa’a low kuliah diluar negeri lgsg, susah nyari kerja. mohon jawabannya,terima kasih banyak. jazakillah…^_^

  60. erywijaya mengatakan:

    @Ellan:
    Waalaikumsalam. Beasiswa untuk melanjutkan S1 dari SMA sepertinya sangat jarang di Thailand. Kebanyakan dari S1 ke S2 atau S2 ke S3. Memang beberapa kampus di Thailand sudah banyak yang membuka program S1 Internasional (seperti di SIIT Thammasat University), namun kebanyakan atas biaya sendiri. Untuk peluang mencari pekerjaan, tidak ada yang berbeda antara lulusan dalam negeri atau luar negeri. Bahkan lulusan luar negeri biasanya lebih dihargai karena wawasan pergaulannya yang luas dan kemampuan bahasa asing yang lebih baik.

  61. Susan mengatakan:

    Syukron Jaziilan atas postingannya. Kerrend. Jadi, tambah semangat belajar buat ngraih student exchange ke KMUTT. Kemarin sempet dilema UTeM atau KMUTT. Tapi sekarang KMUTT masuk prioritas pertama. Mohon doanya ya semua. Trims.

  62. Uswatun hasanah mengatakan:

    asslmkum mas eri, mau tanya nih…
    saya udah dapat LOA dr Chiang Mai University program S2….dan akhir maret ini insyaAllah brangkat’a.
    jurusan yg saya pilih Agribisnis, tp saya lebih senang mentok ke sistem pertaniannya mas..
    ada ga sih mas, alumni dr indonesia di CMU tsb?
    slain CMU universitas apa yg cocok utk saya sblm saya ttd kontrak dgn pemda…(bingung bgt nih mas)
    trima ksh….;)

  63. erywijaya mengatakan:

    @Susan: Good luck ya untuk exchangenya
    @Uswatun: Waalaikumsalam, selamat atas LoAnya di CMU. Pilihan alternatif bisa ke AIT atau ke Thammasat University🙂

  64. Asslmkm mas erry…mantabbb
    Syukron jzk atas postingan’a…ana termasuk yg b’minat jg kuliah di Thailand,

    Alhamdulillah ana udah dpt LoA dr Chiang Mai University, akhir Maret ini kebrangkatan’a.
    Background ana di Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis), tp ana lbh senang menggeluti sistem pertanian yg berwawasan Pengembangan Pertanian Pedesaan..
    Naaah,…ana msh bingung nih mas, slain CMU universitas apa yg cucok dgn keinginan ana tsb?Ana blm pernah dgr alumni Indonesia yg ada di CMU.
    Mohon bantuan info’a segera ya mas, sblm ana ttd kontrak dgn pemda ana hrs mencapai keinginan ana tsb.
    Thanks..

  65. subhan mengatakan:

    mas ery saya umurnya 19 tahun …. trus pengen banget ke thailand .,.,.,.,. belajar / kerja tidak masalah tolong infokan ya kalau ada beasiswa .,., / lowongan pekerjaan ,.,..,.thanks

  66. vy mengatakan:

    allo mas..thanks jawabannya d millis, blog ini sangat membantu, alhamdulillah saya d terima program master finance di chulalongkorn university, dan perkuliahan akan dimulai pada bulan juni, yang ingin saya tanyakan, bagaimana keamanan di bangkok?dalam kehidupan sehari2, qt harus belajar bahasa thai?dan apakah papan penunjuk jalan semua dengan bahasa thai?
    mohon maaf banyak pertanyaan mas, karena saya belum pernah ke thailand sebelumnya

    wassalam

    vy

  67. vy mengatakan:

    dan juga berapa biaya hidup per bulan di sana kira2 mas
    terimakasih

  68. titia mengatakan:

    Salam mas ery,

    Saya titia. saya mahasiswa di USM, Malaysia.

    Saya mau minta tolong informasi temen-temen kita (mahasiswa Indonesia yang kuliah di Chiang Mai University, Chiang Mai, Thailand)

    Rencananya saya mau kesana beberapa hari.

    Secara maklum, saya mahasiswa yang juga jobless…

    jadi saya mau minta bantuan untuk dicarikan penginapan yang super murah atau klo boleh menumpang u 3 hari aja heheehee…

    oiya, saya sudah cobah kirim emial ke milis permithapusat@yahoo.com, tapi rada bermaslah dlm pengirimannya

    Mohon bantuannya ya mas..

    Terima kasih sebelumnya…

    Salam kenal,

  69. erywijaya mengatakan:

    @Vy dan Titia: sudah saya jawab langsung via email ya🙂

  70. adhi mengatakan:

    I love Thailand, pernah disana untuk study di Muay Thai camp selama beberapa minggu, sayang keburu cedera sebelum fight karena latihannya yg luar biasa keras.

    Saya suka orang2nya, makanannya, tempat wisatanya… one of heaven on earth…

    AIT dan AIM adalah salah satu univ top di Asia, kalau ada kesempatan bekerja atau riset di Thailand saya mau banget tuh…

  71. wenywn mengatakan:

    mas ery,klo program beasiswa s2 & research program ke thailand biasanya dr mana?trm ksh

  72. erywijaya mengatakan:

    @Weny: Bisa dari lembaga donor macam ADB, Ford foundation, ASEAN foundation, World Bank, atau dari DIKTI juga ada, beberapa juga ada yg dari pemerintah Thailand langsung.

  73. Heni mengatakan:

    Mas, mau tanya, cara dapetin LoA itu gimana ya caranya… terima kasih😀

  74. erywijaya mengatakan:

    @Heni: untuk mendapatkan LoA, tentu caranya adalah mendaftar langsung ke universitas yang bersangkutan. Silahkan lihat website universitas/sekolah yg ingin dituju, dan lihat bagian Admission, disitu akan ada persyaratan2 untuk pendaftaran dan juga deadline2 pendaftaran.

  75. abdi mengatakan:

    Salam kenal mas…..
    saya sangat tertarik dengan blog-nya…
    oia.,saya mau nanya.,gimana caranya bisa dapat beasiswa dari PSU.,kebetulan saya sudah dapat letter of acceptance dari Prof. di PSU.,

  76. erywijaya mengatakan:

    Halooww mas Abdi, salam kenal juga. Untuk beasiswa internal di PSU, bisa ditanyakan langsung ke Professornya, atau lihat link ini http://www.interaffairs.psu.ac.th/index.php?option=com_content&view=article&id=142&Itemid=56. Kalau beasiswa dari pemerintah Indonesia, silahkan coba Beasiswa Unggulan

  77. abdi mengatakan:

    thanks for a reply-nya mas….kemaren, prof nya dah bilang bahwa saya bisa apply scholarship jika sudah masuk di PSU.,saat ini saya sedang nunggu hasil dari submit berkas ke PSU.,btw.,menurt pengalaman mas.,kira2 mudah ga untuk mendapatkan beasiswa internal PSU?…mohon infonya ya mas…..

  78. erywijaya mengatakan:

    Maaf mas, saya kurang tau gimana peluang dapetin beasiswa di sana, setahu saya amat jarang beasiswa diberikan ke orang asing setelah masuk kuliah. Biasanya satu paket pendaftaran beasiswa dan pendaftaran masuk kuliah.

    Anyway, silahkan dipastikan dulu ada beasiswa atau tidak, sebab kalau sudah di sana dan tidak ada beasiswa, resikonya terlalu besar.

  79. abdi mengatakan:

    ok mas….
    tadi saya fikir.,sistem beasiswanya sama dengan yang saya dapat waktu master dulu di malaysia..
    saya akan diskusi balik dengan calon pembimbing saya bagaimana sistem beasiswa disana….

  80. ratih mengatakan:

    kalau untuk S2 Managementnya yang bagus dmn ya?

  81. erywijaya mengatakan:

    @Mas Abdi: Good luck untuk beasiswanya🙂
    @Ratih: Bisa dicoba di Sasin, Chulalongkorn Univ (http://www.sasin.edu/), College of Management, Mahidol Univ (http://www.cmmu.mahidol.ac.th/cmmu/index.php) atau ke School of Management, AIT (http://www.som.ait.ac.th/)

  82. Andre mengatakan:

    Halo kak.
    Saya mau tanya S2 Science di thai yang bagus dimana ya?
    saya mau ambil fisika

  83. erywijaya mengatakan:

    @Andre: mungkin bisa ke Chulalongkorn University atau ke Mahidol University

  84. Andre mengatakan:

    Ok. Makasih y.
    oh iya kk tau tempat kursus bhs thailand di yogya g? ato rekomendasi buku buat belajar bhs thai.

    thanks….

  85. erywijaya mengatakan:

    Halo Andre, wah saya kurang tau dmn tempat kursusnya dan judul buku apa yg tepat hehehe, mgkin bisa dicari di gamedia atau toga mas🙂

  86. mas saya lulusan sosiologi S1 mau ambil master untuk program sosial maupun politik. bisa dibntu univ apa aja yg lumayan? saya cenderung mahidol ama thammasat. atau mungkin ada info juga untuk program yg hanya setahun disana? trims. sekalian info biaya kuliah. kalo living cost kayaknya lumayan murah dripada malay atau sing. thx.

  87. erywijaya mengatakan:

    @Mayandrapramoedyansyah: Mahidol, Thammasat dan Chulalongkorn Univ mempunyai bidang sosial yg bagus. Hanya saja untuk bidang ini memang Thammasat lebih diakui. Karna Thammasat dalam bahasa Thai berarti “Ilmu Sosial/humaniora”.

    Untuk program yg satu tahun yg saya tahu ada di Mahidol, yakni di The Center for Human Rights Studies and Social Development (lihat link http://www.humanrights-mu.org). Untuk di universitas lain saya belum tau, silahkan digoogling ya🙂. Biaya kuliah juga tertera di link website yg saya sertakan.

    Living cost setara dengan Jakarta (saya kira sama juga dengan Malaysia), skitar 3-4 juta rupiah/bulan.

  88. terima kasih atas bantuannya mas. tapi itu semua di deket bangkok kan? bingung antara thailand dan malay sebenernya mas. tapi semoga info dari anda bisa memperkya pengetahuan saya. trims.

  89. erywijaya mengatakan:

    Iya di greater area Bangkok mas. Kalau di Thailand bahasa Inggrisnya akan terasah karna mau gak mau harus berbahasa Inggris hehehe kalau di Malaysia kan bisa berbahasa Melayu kita😀

  90. Ayu Rizki mengatakan:

    bagaimana caranya untuk mendapatkan beasiswa di thailand

  91. Wardi mengatakan:

    Mas, mau nanya. saya sudah dapat research scholarship di walailak university. menurut mas ery, disana untuk bidang science bagus ga? terus kalo peluang kerja lulusan thailand bagus ga sih? terimakasih.

  92. yanti mengatakan:

    mas mau tanya saya masih smester 7 di pendidikan keprawatan, untuk nantinya pengen msuk di psu, kira2 cara dapet beasiswa slain dikti gmana ya?

  93. erywijaya mengatakan:

    Hei Yanti, silahkan lihat link ini http://www.interaffairs.psu.ac.th/download/scholar.pdf smoga bermanfaat🙂

  94. wiwin susiani mengatakan:

    mas rencananya saya mau ngambil S2 dithailand fakultas pertanian untuk jurusan hama dan penyakit tanaman bagusnya dimana ya mas? biasa nya biaya kuliah untuk princes of songklha N Kasetsart University untk fakultas pertanian nya berapa ya mas?? mksih sblmnya mas utk infonya,,,,

  95. ayifurqon mengatakan:

    mas ery, salam kenal, saya ada pelatihan 2 bulan di mahidol university mulai september 2012. mohon info penginapan dalam kampus yg murah, tempat makanan muslim. trims atas info link dan bantuannya.

  96. erywijaya mengatakan:

    @Mas/mbak Ayifurqon: Mahidol University ada beberapa kampus, saya tidak tahu dikampus nanti Anda akan ikut pelatihan tersebut. Karena saya sudah 2 tahun meningalkan Thailand, mungkin info terbaru tentang makanan halal bisa diperoleh diwebsite PPI Thailand http://permitha.net/

  97. erywijaya mengatakan:

    @Mbak Wiwin: Untuk pertanian Kasetsart University memang yg terbaik di Thailand, infonya bisa dilihat disini (http://www.interprogram.ku.ac.th/newsite/index.php?option=com_content&view=frontpage&Itemid=8).

    Price of Songkla juga bagus, infonya bisa dilihat di sini (http://www.gradpsu.net/eng/)

  98. irul mengatakan:

    saya sudah ketrima di AIT untuk S2 double degree. kebetulan saya di terima di jurusan Information Management. kira-kira saya akan berangkat akhir agustus ini. tolong kasih saran apa yang harus saya bawa untuk tinggal disana selama 1.5 tahun.

    THKS

  99. erywijaya mengatakan:

    @Irul: selamat atas double degreenya. Siapkan mental dan batin bahwa anda akan kuliah di negara orang yg kultur,bahasa dan budayanya berbeda dg anda. Siapkan dokumen (passpor dan visa),bawa juga dokumen penting lainnya (ijasah, transkrip, akte kelahiran,dll). Serta bawa pakaian yg cukup, karna kebetukan Thailand dan Indonesia sama iklimnya, jadi tidak perlu beli baju di sana,ckp dr Indonesia. Bawa uang secukupnya untuk uang saku dan tabungan (in case diperlukan), mungkin sekitar 20-30 ribu Baht (skitar 6-9 juta rupiah). Good luck dan selamat belajar di AIT

  100. irul mengatakan:

    Terima kasih sebelumnya. saya sudah punya passpor trus untuk mengurus visa nya kira-kira membutuhkan proses berapa lama?

  101. erywijaya mengatakan:

    @Irul: wah saya lupa heehe,sebelum berangkat membuat visa, silahkan hubungi kedutaan Thailand di Indonesia langsung, persyaratan pembuatan visa dan lama pembuatan bisa berubah2 tiap tahun.

  102. EDi wibowo mengatakan:

    saya kalau untuk ilmu hukum yang bagus dimana ? karena saya berminat menngambil S3 ilmu hukum di Thailand.

  103. erywijaya mengatakan:

    @Mas Edi: Untuk hukum mungkin yg terbaik di Thammasat University. Chulalongkorn Univ dan Mahidol Univ juga oke.

  104. evelyne mengatakan:

    maaf mas ery saya mau nanya.. saya ingin mengadakan studi banding ke univ di thai… kira” univ yang memiliki jurusan biomedical engineering yang bagus itu apa saja ya?? makasi banyak😀

  105. erywijaya mengatakan:

    @evelyne: Silahkan cek di kampus Mahidol University, King Mongkut’s Intitute of Technology Ladkrabang (KMITL), Chulalongkorn University dan Chiang Mai University.

  106. Emsi mengatakan:

    Informasinya sangat sangat membantu memilih tujuan kuliah lanjut saya, salut..Yang jadi pertanyaan, jika kita mau aplikasi diperlukan nilai GMAT atau GRE terus bagaimana?mohon sarannya….makasih!

  107. erywijaya mengatakan:

    @Emsi: kalau perlu GMAT/GRE ya berarti harus ikut tes di ETS langsung untuk mendapatkan sertifikat itu

  108. ipeh mengatakan:

    apakah ada beasiswa untuk sekolah di thailand??;)

  109. effi mengatakan:

    mas sy mw tanya, kalau untuk melanjutkan kuliah S1 dari diploma jurusan analis kesehatan di thailand d universitas mana? sy prnah dpt info kalau di thailand ada S1 untuk analis, trims sblm.a

  110. indah pratiwi mengatakan:

    Salam mas ery. Sy mw mnta tlng. Apa mas ada teman yg dpt beasiswa S2 public health di mahidol universty ? Kalau ada dan beliau brsedia sya hubungi mohon sya dikasih tahu. Sya mhsswa public health smster4 mas ada rncna mncri beasiswa S2 ke thai. Klo teman mas ery ada yg brsdia bs dikrim ke email sy upratiwiindah@gmail.com no telp bsrta identitas sgkat beliau. Terimakasih mas🙂

  111. OhohIndy mengatakan:

    cara daftar/masuk ke universitas di thai gimana ya? mohon infonya hehehe

  112. erywijaya mengatakan:

    @OhohIndy: Cara daftarnya tergantung pada masing-masing universitas, silahkan cek ke international page di website universitas yg ingin dituju

  113. erywijaya mengatakan:

    Maaf saya sudah lama tidak in touch dengan teman2 PPI Thailand karna sudah sejak 2010 tidak lagi tinggal di sana. Silahkan coba kontak rekan2 di sana lewat website mereka di http://permitha.net/

  114. erywijaya mengatakan:

    @Effi: Wah yg ini saya juga belum tau informasinya, karna biasanya teman2 orang Indonesia yg belajar di Thailand untuk melanjutkan S1 dari SMA, atau melanjutkan S2/S3

  115. Rahmadya mengatakan:

    Terima kasih info-nya. sepertinya pertanyaan sudah terjawab di komentar sebelumnya. Saya sedang menunggu hasil wawancara DIKTI untuk keberangkatan Agustus 2013 ke AIT Thailand. Terkejut juga tahu rektor kampus saya dulu (Prof. Sudjawardi) dan ITB (sekarang Dirjen DIKTI kan? – Djoko Santoso) alumni AIT. Sempat juga baca blog mengenai banjir bandang di Thailand yg mengerikan, mudah2an tidak terjadi lagi.

  116. erywijaya mengatakan:

    @Rahmadya: Semoga sukses mas dengan beasiswa DIKTInya, dan selamat menempuh studi di AIT. Saya tunggu kabar bahagianya ya.

  117. Hesti Ari Wardhani mengatakan:

    saya mencari jurusan s3 ilmu komunikasi atau s2 ilmu sosial ada gak ya di bangkok??saya berminat…

  118. erywijaya mengatakan:

    @Hesti: Ada mbak, coba saja berkunjung ke websitenya kampus Thammasat University (http://www2.tu.ac.th/tueng/), Chulalongkorn University (http://www.chula.ac.th/cuen/) atau Mahidol University (http://mahidol.ac.th/)

  119. dini mengatakan:

    Halo mas salam kenal,
    Mau tanya kalo ambil s2 manajemen / akuntansi bagus dimana ya?
    Lalu adakah peluang kerja di thailand stlh kita lulus s2 disana?
    Kedepannya saya ingin bisa kerja disana begitu mas ery. Mohon bantuannya terima kasih ya

  120. erywijaya mengatakan:

    @Dini: Halo juga, salam kenal. Untuk S2 Manajemen/Akuntansi mungkin bisa ambil di Chulalongkorn University, Mahidol University dan Asian Institute of Technology (Hanya untuk Manajemen). Di sana ada juga program internasional. Untuk peluang bekerja di sana tentu pasti ada, karna di Thailand kan banyak perusahaan multinasional yg beroperasi seperti Migas, Otomotif, dan Semikonduktor. Good luck!

  121. Anggun mengatakan:

    salam kenal mas. mau tanya nih,cara dapat beasiswa buat S2 di Thailand gimana ya?minta infonya dong…
    buat jurusan di bidang pendidikan di Thailand ada gak ya?saya dari S1 FKIP. Trimakasih

  122. erywijaya mengatakan:

    @Anggun: salam kenal juga, untuk beasiswa bisa ditanyakan ke universitas yang kamu ingin tuju langsung. Atau bisa juga menggunakan beasiswa yang disediakan oleh pemerintah kita: misal BU Dikti atau LDPD Kemenkeu

  123. ayulitaevilia mengatakan:

    saya skrg kls 3sma dan saya berminat sekali ngmbl S1 di thailand,bang.. saya ingin kuliah di fakultas sastra inggris.Kira2 univ d thailand yg sastra inggrisnya the best kr2 apa ya bang? mhon pencerahannya.Trims🙂

  124. erywijaya mengatakan:

    @Ayu: untuk bidang sastra Inggris, saya kurang tau pasti mana yg paling bagus, sepertinya bisa ke Chulalongkorn Univ., Mahidol Univ., atau ke Thammasat Univ. Syarat2nya coba lihat langsung aja ke website kampusnya lansung.

  125. Umi 'upik' Lutfiah mengatakan:

    hallo, slm kenal…
    mw bertanya klw untuk jurusan public health yg bagus univ mana ya?kemudian, apakah ada almt websitenya?terimaksh,

  126. erywijaya mengatakan:

    @Upik: Halo sama kenal juga, untuk public health sepertinya yg terkenal ada di Mahidol University, coba akses website mereka: http://www.ph.mahidol.ac.th/eng/

  127. Yohana mengatakan:

    Halo, saya yohana, ingin tahu apakah benar bisa melanjutkan residensi ilmu anak, penyakit dalam di mahidol university? Kira” brp ya unk biaya dan persyaratannya. Soalnya saya sudah tanya ke univ nya namun belum dijawab. Semoga dpt membantu saya. Thx

  128. erywijaya mengatakan:

    @Yohana: Halo Mbak Yohana, wah maaf sayang kurang begitu mengerti pendidikan kedokteran di Thailand. Mungkin bisa ditanyakan ke universitasnya langsung saja.

  129. fuzna ghina mengatakan:

    permisi maaf mau tanya, cara2 dapet beasiswa gimana?
    terus bagaimana tips supaya lolos beasiswa tersebut terimakasih🙂

  130. erywijaya mengatakan:

    @Fuzna: Untuk bisa lolos tentu pertama2 dokumen yg kita miliki telah memenuhi syarat ketentuan beasiswa, kemudian hubungi calon pembimbing di luar negeri dan lakukan pendekatan agar mau menerima dirimu menjadi mahasiswanya. Jangan lupa berdoa untuk kesuksesan beasiswanya.

  131. ezra heidy mengatakan:

    hallo. . saya mau nanya.
    di thailand ada ga jurusan analis kesehatan? kalo ada nama univ nya apa ya?
    thanx b4

  132. erywijaya mengatakan:

    @Ezra: Silahkan dilihat di Mahidol University

  133. Gungayo mengatakan:

    kalau untuk program MBA di thailand univ apa ya mas?

  134. erywijaya mengatakan:

    @Gungayo: MBA bisa ke Chulalongkorn Sasin Bussines School atau MBA Asian Institute of Technology

  135. Rika Sari Fitri mengatakan:

    hallo…salam kenal mas. . .
    say mau nanya kalau mau ngambil s2 jur keperawatan bagusnya di univ mn yach?
    n gmn bys kul di t4 tersebut??
    trims, , ,

  136. erywijaya mengatakan:

    Halo mbak Rika, salam kenal juga..silahkan lihat di Mahidol University dan Prince of Songkla University, mereka terkenal untuk ilmu kesehatannya. Good luck!

  137. Hafiza Humaira mengatakan:

    bantu banget blog ini. saya mau kuliah sambil kerja di thailand. ada gak ya kampus yang biasa2 aja, yang lebih murah, ya kuliah yang cocok buat yang sambil kerja?

  138. erywijaya mengatakan:

    @Hafiza: Haloo salam kenal, sepertinya agak susah kuliah sambil kerja di Thailand, karena lebih ke kendala bahasa sehari2 mereka pakai bahasa Thai. Kecuali Mbak bisa bahasa Thai

  139. Bayu Dirah mengatakan:

    Menurut mas ery gmn fisika murni yg di suranaree university?

  140. Dheo mengatakan:

    Mas mau tanya, kalo biaya kuliah di chulalongkorn jurusan akuntansi kira2 butuh biaya brp? Thx

  141. aulia mengatakan:

    mas saya mau tanya biaya hidup di bangkok mahal gk ya? saya mau exchange ke chlalongkorn selama 1,5bln.. susah gk ya mas untuk bikin surat ijin masuk ke taiwan karna kata nya tidak perlu visa.. mohon bantu info nya ya mas ke akun saya aulialnazain@gmail.com terimakasih🙂

  142. erywijaya mengatakan:

    @Bayu Dirah: wah saya kurang tau soal fisika murni di sana,maaf ya

  143. erywijaya mengatakan:

    Silahkan dicek langsung di http://www.chula.ac.th yang lbh lengkap dan update infonya

  144. rayleigh mengatakan:

    mas saya mau bertanya saya sudah lulus full scholarship di PSU dan chulalongkhorn jurusan mater keperawatan, bagusnya saya memilih yang mana ya berhubung jenis beasiswanya hampir sama. saya ragu mau pilih yang mana yang lebih bagus terima kasih

  145. devaniputri mengatakan:

    kak mau tanya..kak daftar kuliah disana gmn ya caranya?

  146. Intan Chairun Nisa mengatakan:

    selamat siang mas ery mau tanya…
    saya sudah di terima di PSU jurusan Science, tapi saya ragu berdasarkan hasil browsing saya PSU rangkingnya dibawah ITB dan UGM, apa benar??.. hingga saya berpikir kalau tidak lebih bagus kenapa saya harus jauh-jauh ke Thailand. Menurut mas ery bagaimana? Mohon pencerahannya…
    Terima kasih

  147. erywijaya mengatakan:

    @Intan: PSU adalah salah satu kampus yg masuk 10 besar di Thailand. Jadi bukan yang terbaik. Mgkin bisa dibandingkan dengan di chulalongkorn atau King Mongkut

  148. john mengatakan:

    salam kenal Pak.

    mohon informasinya, kira2 taksiran biaya hidup minimal mahasiswa di Thailand berapa Pak? apakah mahasiswa luar bisa kerja part time ?

    Makasih Pak.

  149. erywijaya mengatakan:

    Biaya hidup minimal sekitar 3 juta rupiah perbulan. Pengalaman saya di sana sangat susah mencari pekerjaan part time, kecuali di kampus sebagai asisten membantu pekerjaan Supervisor kita sendiri.

  150. Hanry mengatakan:

    apakah ada yang kuliah di king mongkuth? (TGGS)
    saya agustus ini udah mulai kuliah di sana🙂

  151. riris mengatakan:

    mas saya sedang menempuh smstr 3 jurusan akuntansi, saya berniat untuk melanjutkan s2 ke thai, tapi saya ingin mencari beasiswa untuk s2 saya.. kira-kira caranya bagaimana yah? trims

  152. erywijaya mengatakan:

    @Riris: beasiswa bisa ditanyakan langsung ke universitas yang ingin kamu tuju, atau bisa juga mendapatkan beasiswa dari Dikti. Sukses ya🙂

  153. Adrui juliardi mengatakan:

    Halo mas ery wijaya. Sebelumnya terimakasih banget udah sharing ttg informasi universitas di thailand. Dan itu sangat membantu buat saya. Btw kali boleh tau apakah ada orang indonesia yang kuliah s2 di universtas thailand? Dan kalo boleh tau universitas mana yg paling favorit untuk jurusan sejenis ilmu lingkungan atau yg berhubungan dengan lingkungan? Terima kasih🙂

  154. Ivana Ginting mengatakan:

    mas, skrg saya sem 3 teknik lingkungan, rencana setelah tamat s1 ini saya mau ambil s2 Public health di Mahidol. saya mau tanya Mahidol univ sering ga keluarin beasiswa ? terus biaya kuliah disana mahal ga mas ? trimaksih banyak🙂

  155. Dion mengatakan:

    Saya ingin mengambil S2 psikologi di Thailand… apa bisa dibantu ya? Saran yg bagus di universitas mana? dan cara dapat beasiswa bagaimana ya? terimakasih…

  156. Nala mengatakan:

    Salam kenal mas Ery, Saya akan mengikuti AUN-Exchange Program ke Chulalongkorn University pada bulan januari – mei 2015. Berdasarkan pengalaman mas ery kuliah di Thailand apa yang sebaiknya saya persiapkan untuk studi saya dan untuk bisa beradaptasi dengan baik disana? Terima kasih

  157. erywijaya mengatakan:

    @Nala: Selamat ya bisa berpartisipasi dlm exchange program. Untuk persiapan mungkin ga jauh beda ya dengan kultur di Indonesia. Mungkin dibiasakan saja dengan makanan yang agak asam dan pedas.

  158. Doel mengatakan:

    Salam Kenal Mas,
    saya berniat kuliah di thailand, mohon infonya, s3 manajemen pendidikan di univ apa saja ya?

  159. erywijaya mengatakan:

    @Doel, halo mas salam kenal. Mohon maaf sekali, saya kurang tau s3 manajemen di universitas thailand. Mungkin bisa digoogling.

  160. andi renaldy mengatakan:

    assalamualaikum mas. perkenalkan saya andi renaldy pelajar asal jakarta rencana untuk kuliah S1 kedokteran di Thailand. antara universitas mahidol dan chulalongkorn university bagusan yang mana yahh mas?? terus untuk S1 itu persyaratannya umum untuk kuliah di Thailand apa yahh?? bisakahh mas erywijaya mengubungkan saya dengan kakak permitha yang kuliah di universitas mahidol dan chulalongkorn?? di jawab via email saya aja mas di renal_jhe@yahoo.co.id
    terima kasih

  161. erywijaya mengatakan:

    @Andi: waalaikumsalam, kalau secara ranking universitas, tentu chulalongkorn lebih bagus. Tapi untuk kedokteran mahidol lbh bagus sepertinya, karena rumah sakit kampus mereka sangat terkenal. Saya sudah ga ada yg kenal lagi dg temen2 permitha yang sekarang, mohon maaf

  162. Zu Hermawan mengatakan:

    Mas ery maaf kalau pertanyaannya terulang dr komentar2 d bawah..
    Kulliah S1 manajemen atau sejenis akuntansi di thai dmn ya?.. Trus biaya kulliah nya kira2 brp ya mas ery?.. Ad beasiswa ga buat S1?.. Btw aku skrng msh kulliah semester 3 jurusan akuntansi.. Dan pengen banget kulliah di thai.. Kalau bsa bales email aja ya mas ery airyzu@gmail.com ..

  163. Zu Hermawan mengatakan:

    Maaf aku nanya lagi, untuk TOEFL dan GPAX itu gmn cara dapetin nya ya.. owh iya dan yg paling penteng apa itu GPAX ya ? >.< maaf aku bingung banget, td dapet balesan dr chula tentang scholarship, latest school must gain GPAX 3.5-4.0 <– kalau yg di maksd latest school itu SMA kan nilai nya ga kek transcript kuliah..

  164. erywijaya mengatakan:

    @zu hermawan: coba mas lihat di website Mahidol international college. Saya kurang tau berapa biayanya.

  165. Iwan Wela mengatakan:

    assalamaualaikum mbak ery, mbak saya mau nanya apakah master of agribusiness di Prince Of Songkla University sama dengan Master Agribisnis di UGM karena di PSU Master of Agribusiness nya dibawah fakultas ekonomi (M.B.A ) kampus hatyai. mohon penjelasannya mbak..saya lulusan S1 Ekonomi Pertanian, mau melanjutkan studi ke thailand.

  166. wahyu mahedas mengatakan:

    asslmkm,,
    mas saya brncna S2 di thailand,, di Universitas Thammasat atau Institut Teknologi Internasional Sirindhorn (SIIT) kdua univ ini sama atau beda ya mas??
    sya mau ambil teknik industri,, nah kualitas pndidiknnya untuk teknik industri gmna mas?? trus culture dan bhasa dlam pngajaran dan lingkungan univrsitasnya gmna ya mas??

  167. erywijaya mengatakan:

    @Iwan Wela: saya mas, bukan mbak hehe..waduh saya kurang begitu tau apa ya perbedaannya secara spesifik. Mungkin ada baiknya Anda baca detail kurikulum yang ditawarkan di kedua universitas tersebut dan dibandingkan. Semoga membantu🙂

  168. erywijaya mengatakan:

    @Wahyu: Waalaikumsalam, SIIT adalah autonomus institute di bawah Thammasat Univ. SIIT menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan formal sedang kan Thammasat menggunakan bahasa Thai. Staff tenaga pengajar di SIIT semua bergelar Doktor, sehingga layak untuk dipertimbangkan.

  169. wahyu mahedas mengatakan:

    mas.. kalau khidupan muslim di skitar SIIT gmn ya mas??
    untk tmpat ibadah,, sperti shalat jum’at,, dan kperluan ibadah lain dan tmpaat2 yg mnjual mkanan muslim itu gmna ya mas??

  170. erywijaya mengatakan:

    @wahyu: ada kantin muslim di dekat SIIT. Shalat Jumat biasa dikampus tetangga, AIT. Di AIT banyak mahasisswa internasional dan muslim. Ada juga masjid dan komunitas muslimnya.

  171. wahyu mahedas mengatakan:

    nice info bgt mas.. trimkasihh..
    sya masih bole tnya2 lagi kan mas??
    bole mnta sosial medianya mas?? fb, twit, bbm ataubyg sjnisnya..
    kirim ke wahyumahedasswary@gmail.com ya mas..
    trimkasihhh..

  172. erywijaya mengatakan:

    @Wahyu: silahkan diadd FB saya: Muhammad Ery Wijaya, email: erywijaya@gmail.com

  173. tama mengatakan:

    info dong untuk PSU. kira2 syarat untuk kuliah S2 disana apa aja ya?

  174. erywijaya mengatakan:

    @Tama: biasanya persyaratan standar, IPK di atas 3, dan TOEFL diatas 530. Silahkan lihat lebih detail di website mereka http://www.psu.ac.th

  175. dini mengatakan:

    kalau mau ngambil s2 farmasi bagusnya dimana yah ? mohon bantuannya

  176. erywijaya mengatakan:

    @Dini: bisa di chulalongkorn univ atau mahidol univ

  177. Nita Widyastuti S mengatakan:

    assalamualaikum… slam kenal mas ery, hmm… mas saya boleh minta deskripsi tentang chulalongkorn university lebih bnyak lagi gk mas..terimakasih sebelumnya mas

  178. erywijaya mengatakan:

    @Nita: Waalaikumsalam, salam kenal juga. Deskripsi yg lengkap tentang Chula sbnrnya ada di websitenya atau wikipedia ya hehe..kalau deskripsi saya singkat, chula itu kampus paling top di thailand, kampusnya ditengah kota, diantara mall-mall dan gedung2 bertingkat, mahasiswanya berasal dari putra putri terbaik thailand.

  179. asya az zahra mengatakan:

    assalamu’alaikum wr.wb
    pak ery mau tanya,,
    di kampus saya ada program PPL Integratif di Azistant School Pattani.
    bagaimana sosial dan kultur disana ya pak?

  180. erywijaya mengatakan:

    @asya: waalaikumsalam, Pattani kulturnya hampir sama dengan malaysia atau Indonesia. Di sana mayoritas melayu muslim. Tapi ada masalah dengan situasi keamanan.

  181. andika dwiarta mengatakan:

    Halo mas, mas saya mau tanya. misal saya ingin mendaftar S1 untuk jur arsitektur di thailand yg kelas international apakah masih bisa? karena saya tidak menahu tentang jadwal penerimaan untuk klas international dan saya blm tau univ mn yg menyediakan arsi internasional selain chulalangkron. Semisal sudah ditutup bagaimana cara berpartisipasi student exchangce ke univ di Thailand? Terima Kasih mas😀

  182. Ipan mengatakan:

    Membantu sekali mas ery paparanny..mohon infonya dkit..saya berencara melanjutkan kuliah di mahidol..saya masih bingung mengenai pembuatan rekening di bank dan penukaran serta pembayaran uang kuliah..bank ap yg terbaik untuk dipakai ketika sekolah di thailand..trima kasih

  183. erywijaya mengatakan:

    @Ipan: Terima kasih atas kunjungannya mas. Ada baiknya Bank yg akan dipakai sama dengan Bank yg telah digunakan kampus. Untuk bank yg terbaik di Thailand adalah Siam Commercial Bank (SCB) atau Bangkok Bank.

  184. Ipan mengatakan:

    Terima kasih mas ery infony..thai military bank adalah jenis bank yg dipakai mahidol university..menurut mas, bagaimana dengan pengisian uangnya, apakah kita membawa cash secara langsung dalam bentuk rupiah dan menukarkan bath di thailand baru membuat rekening atau membuat rekening dan baru dikirim lewat indonesia..mohon masukannya mas, karna saya rencana biaya sendiri untuk pembiayaannya..trima kasih..

  185. erywijaya mengatakan:

    @Ipan: dari Indonesia bawa THB secukupnya, selebihnya bisa bawa USD

  186. imron mengatakan:

    pak, saya tertarik untuk s3 teknik industri di thailand kira2 di universitas mana & bgmn cara mendaftarnya, tks.

  187. erywijaya mengatakan:

    @Imron: Menurut saya untuk teknik yang bagus di Asian Institute of Technology (AIT). Silahkan buka websitenya lgsg di http://www.ait.ac.th untuk info pendaftarannya

  188. fauziah malaila mengatakan:

    mas ery mau tanya ..saya berniat menlajutkan s1 kesesahatan masyarakat sebelumnya kuliah d3 kebidanan..mau tanya kalau s1 kesehatan masyarakat yang bagus dimana?dan kalo mauslim disana aman atau tidak?

  189. erywijaya mengatakan:

    @fauziah: s1 kesehatan bisa di mahidol university atau prince of songkla univ. Insya Allah aman bagi muslim

  190. fauziah malaila mengatakan:

    Trus cara mendaftarnya gimana mas?

  191. erywijaya mengatakan:

    @fauizah: pertama2 kunjungi website di kampus yang dituju, lalu cek ke bagian admission. Mereka akan menjelaskan persyaratan pendaftaran dan langkah2 selanjutnya. Good luck!

  192. Andi sandya D. Nangtjik mengatakan:

    Mas, saya orang tua yang punya anak baru lulus SMA dan sangat tertarik belajar di Thailand khususnya tentang Antropologi / Budaya apakah bisa diberikan masukan University apa ? dan alamat koresponden teman Indonesia yang saat ini sedang kuliah di University tersebut
    Salam Andi

  193. erywijaya mengatakan:

    @Andi: Untuk antropologi, sepertinya tidak ada universitas yg menggunakan bahasa Inggris di level S1 Pak Andi. Kalau S2 ada di Thammasat Univ, Mahidol Univ atau Chulalongkorn Univ

  194. Maymegaa mengatakan:

    gimana dengan kendala bahasa kak ? apa disetiap universitas wajib menggunakan bahasa thailand sehingga kita yang dari Indonesia harus menguasai bahasa thailand terlebih dahulu atau bagaimana ? mungkin punya referensi ? kemudian untuk teknik pertanian minta masukannya itu ada di universitas mana ? terimakasih banyak …

  195. erywijaya mengatakan:

    @Maymegaa: silahkan cari program internasionalnya di univ yg dituju. Pasti menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Untuk teknik pertanian bisa lihat di AIT dan Kasetsart Univ

  196. naomi mengatakan:

    Selamat malam,kak.Saya naomi. Saya baru lulus SMA tahun ini. Rencananya saya ingin kuliah teknik biomedis. Apakah kakak” tahu universitas di Thailand yg ada jrsn trsbt?Saya jga ingin mendaftar ke Mahidol Univ. Apakah orang dri negara asing bisa mengambil kelas Thai Proggam,krn di kls Internasionalnya tdk ada jrsn yg saya minati. Mohon kiranya informasinya. Terima kasih

  197. arigetas mengatakan:

    Baru ketemu blog ini..

    Salam kenal dari saya, yang baru 7 bulan di PSU Hat Yai…

    Btw bagi Bp/Ibu/Mas/Mbak yang berminat atau ingin mengetahui tentang beasiswa TEH-AC di PSU, silahkan kunjungi blog saya di:

    http://www.arigetas.wordpress.com/

  198. Dadan mengatakan:

    Kak saya mau nanya kira-kira ada beasiswa buat S1 ke Thailand?

  199. Dadan mengatakan:

    Kak saya baru lulus SMA mau nanya kira-kira ada beasiswa buat S1 ke Thailand?

  200. arin mengatakan:

    mas kalau buat pembukaan pendaftaran mahasiswa baru di mahidol unv kira kira kapan ya ? dan persyaratan yang harus di lengkapi biasanya apa aja dan ada test apa aja ? makasih

  201. Wisnu Bayu mengatakan:

    Selamat pagi kk mau bertanya saya berniat untuk melanjutkan S2 ke Thailand. Untuk S2 bidang Pendidikan dan Linguistic di kampus mana paling the best di Thailand?
    Terimakasih.

  202. Wisnu Bayu mengatakan:

    Kk saya berencana kuliah S2 di Thailand. Minta tolong info dong kk kampus S2 recommended untuk bidang pendidikan dan linguistic.
    terimakasih

  203. Wisnu Bayu Temaja mengatakan:

    Selamat pagi kakak, saya mau bertanya kampus S2 mana yg reccomended untuk bidang pendidikan atau linguistic di Thailand?
    Kebetulan saya berencana untuk lanjut S2 dsana.
    Terimakasih.

  204. Wisnu Bayu Temaja mengatakan:

    Selamat pagi kakak, minta info dong kk kampus S2 yang recommended di bidang pendidikan dan linguistic di Thailand.
    Kebetulan saya mau lanjut S2 disana.
    Terimakasih.

  205. ainun mengatakan:

    assalamualaikum…
    mas ada gg univeersitas dthailand yg program internasional fakultas ilmu keolahragaan untuk S1

    mf mas …td udah qt cek fb.a tp gg bisa kirim inbok
    wassalam

  206. Dina mengatakan:

    Hallo, saya baru lulus, dan rencana ingin daftar ke AIT jurusan gender and development studies. Skrg saya lagi kebingungan beasiswa. Mengingat ipk saya tidak di atas 3.5 jadi otomatis tidak bisa ikut beasiswa yang kerajaan. Kemudian pengalaman kerja saya baru 6 bulan jadi gabisa ikut ADP karena ada syarat minimal kerja 2 tahun. apakah ada yang punya info beasiswa selain dua itu? terimakasih

  207. erywijaya mengatakan:

    @Dina: Mungkin bisa dicoba beasiswa LPDP dari Kemenkeu?

  208. erywijaya mengatakan:

    @Wisnu: Bisa coba ke Thammasat University🙂

  209. erywijaya mengatakan:

    Coba cek ke kantor Adminssionnya: http://www.muic.mahidol.ac.th/eng/?page_id=12066. Kadang setiap kampus berbeda2 syarat dan waktu pendaftarannya

  210. erywijaya mengatakan:

    Sepertinya agak sedikit informasi beasiswa untuk S1, tapi bisa dicek di Assumption University (http://www.au.edu/)

  211. erywijaya mengatakan:

    @Naomi: Saya kira kecil kemungkinan orang asing masuk di kelas Thai, karena berarti kita harus lancar berbahasa Thai baik tulisan maupun lisan

  212. erywijaya mengatakan:

    @Rika: Ke Mahidol University sangat bagus untuk keperawatan

  213. erywijaya mengatakan:

    @Aulia: Biaya hidupnya sama dengan Jakarta. Selamat ya atas beasiswa Exchangenya

  214. erywijaya mengatakan:

    @Devani: Tergantung pada kebijakan dan persyaratan masing2 kampus, silahkan cek ke website kampus yang kamu minati

  215. erywijaya mengatakan:

    @Rayleigh: Saya kira Chulalongkorn jauh di atas PSU levelnya. Lebih baik pilih Chulalongkorn, selain kualitas, lokasinya juga sangat strategis.

  216. erywijaya mengatakan:

    @Adrui: Setahu saya di jaman saya kuliah dulu ada sekitar 200an mahasiswa Indonesia yang kuliah di Thailand. Kampus2 yang terkenal diantaranya Chulalongkorn, AIT, KMUTT, KMITL, PSU, Chiang Mai Univ. Mungkin untuk ilmu lingkungan lebih cocok ke AIT

  217. erywijaya mengatakan:

    @Dion: untuk tips beasiswa secara general, mungkin bisa didapat di milis beasiswa Indonesia. Untuk S2 Psikologi, bisa ambil di Chulalongkorn atau Mahidol Univ

  218. erywijaya mengatakan:

    @Ivana: Oh iya Mahidol suka kasih beasiswa. Biaya hidup seperti di Jakarta🙂

  219. erywijaya mengatakan:

    @Zu: TOEFL bisa diperoleh lewat tes di lembaga2 kursus bahasa Inggris terkemuka. GPA itu IPK, diperoleh saat kuliah, atau nilai raport. GPA biasanya untu orang yang sudah kuliah.

  220. grace mengatakan:

    Hi mas ery, mau nanya dong. Di chulalongkorn university apakah Ada study S2 untuk toksikologi lingkungan? Mas ery punya teman dosen science kah di univ tsb? Terima kasih yaa mas sebelumnya 😊

  221. grace mengatakan:

    Hi mas ery, mau nanya dong. Di chulalongkorn university apakah Ada study S2 untuk toksikologi lingkungan? Mas ery punya teman dosen science kah di univ tsb? Terima kasih yaa mas sebelumnya

  222. erywijaya mengatakan:

    Saya kurang tau apakah di sana ada jurusan ini. Mungkin ada baiknya langsung dicek di websitenya Chulalongkorn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: