Precognitive Dream: Mimpi Saya Menjadi Kenyataan

Pernahkah kejadian yang datang di mimpi Anda menjadi kenyataan? Saya adalah salah satu orang yang sering sekali menemui hal-hal seperti itu, terutama tentang kejadian penting dalam hidup saya. Dalam dunia psikologi, mimpi seperti ini disebut precognitive dream, artinya adalah sebuah mimpi yang bisa memberikan informasi kepada seseorang tentang apa yang seolah-olah akan terjadi di masa mendatang. Acapkali mimpi-mimpi ini memang dikaitkan dengan kemampuan supranatural seseorang seperti Almarhumah Mama Loren yang sering kali mimpi-mimpinya tentang kejadian di dunia ini seperti akan menjadi nyata. Bagi saya pribadi tidak, saya tidak punya kemampuan supranatural seperti itu, karena apa-apa yang saya mimpikan hanyalah yang berkaitan dengan urusan saya pribadi, dan biasanya dengan sesuatu yang keadaannya genting, mendesak dan masuk ke pikiran, itu sesuatu yang wajar terbawa ke alam mimpi.

Mimpi Melihat Nilai Raport, Ranking dan NEM

Dulu saat saya masih duduk di bangku SMP dan SMA, saat penerimaan raport hampir tiba, tiba-tiba nilai-nilai di raport dan juga ranking saya selalu masuk ke dalam mimpi. Believe it or not, secara detail di mimpi saya melihat angka-angka hampir semua mata pelajaran dan yang paling penting adalah ranking yang saya peroleh di raport hehehe. Biasanya mimpi seperti itu hadir H-2 atau H-1 dari tanggal pengambilan raport. Hampir apa yang saya lihat dalam mimpi seperti apa yang saya dapatkan dalam kenyataan, meski tidak semuanya persis 100% sama.

Terkadang ada juga nilai-nilai atau ranking yang saya temui dalam mimpi seperti memberikan teka-teki pada saya. Misalnya nilai itu terbalik, seperti yang saya temui dalam angka NEM SMP. Nilai NEM yang saya lihat di mimpi hanya 34!, membuat jantung nyata saya berdetak dengan kencang, hingga akhirnya saya terbangun di tengah malam. Alhamdulillah di dunia nyata angka 34 itu terbalik menjadi 43😀

Mimpi Masuk Kuliah

Dua urusan ini saya anggap sebagai bagian dari hal yang penting dan genting. Mendapatkan kampus baru adalah harapan setiap lulusan SMA, apalagi memperoleh kampus yang bergengsi. Menjelang kelulusan SMA saya menemui dilema seperti siswa SMA kebanyakan, yakni harus mencapai target diterima di PTN. Akhirnya saya mendaftar di dua PTN, yakni UGM dan IPB. UGM memang jadi incaran saya dari dulu, oleh karenanya saya mendaftar di jurusan yang bergengsi pula, seperti Hubungan Internasional (HI) dan Arsitektur, sedangkan IPB menjadi cadangan karena kesempatan mendaftar lewat PMDK di IPB terkenal lebih mudah, karena namanya cadangan untuk mendapatkan kursi di PTN, pilihan saya adalah di prodi yang aman, yakni Teknologi Hasil Ternak🙂

Kembali ke alam mimpi, saya mengimpikan bahwa saya akan bisa menembus dua kampus tersebut. Pada awalnya saya tidak pernah percaya bahwa mimpi itu akan jadi nyata. Saya hanya berpikir bahwa itu hanya bagian dari bunga mimpi saja. Tapi alangkah kagetnya, ternyata pengumuman yang saya dapatkan seperti apa yang saya impikan, subhanallah, alhamdulillah..

Mimpi Kuliah di Luar Negeri dan Mendapatkan Beasiswa

Di suatu siang, kebiasaan buruk saya tidur di sofa ruang tamu. Kala itu saya sedang menunggu hasil pengumuman admission sekaligus beasiswa untuk masuk ke JGSEE yang rencananya akan diumumkan seminggu lagi. Dalam tidur nyenyak saya di sofa yang empuk, saya melihat diri saya berkelana di negara tetangga dan sambil belajar. Seminggu kemudian pengumuman itu datang, alhamdulillah mimpi saya untuk memperoleh beasiswa sekaligus kuliah di negara orang tercapai juga.

Di lain malam, di salah satu tidur nyenyak, saya bermimpi menerima Letter of Acceptance (LoA) dari Kyoto University, kemudian saya sujud syukur dan berteriak Allahuakbar!!  sambil nangis, ternyata teriakan dan tangisan saya tidak hanya dalam mimpi. Secara reflek sayapun bangun dan menangis tanpa saya sadari. Mimpi itu saya temui sekali, sekitar 3 bulan sebelum saya menerima pengumuman bahwa saya benar-benar diterima di Kyoto University.

Efek Samping dari Mimpi

Jujur, sampai saya menulis artikel ini, alhamdulillah saya masih tidak percaya bahwa mimpi-mimpi saya bisa merefleksikan kenyataan di masa mendatang. Karena dengan ketidak percayaan ini berarti saya masih mempercayai bahwa Allah menyimpan rahasia masa mendatang saya agar saya senantiasa berusaha dan mendekatkan diri padaNya.

Di setiap bangun dari mimpi indah tentang kejadian masa mendatang, saya selalu berusaha semakin mendekatkan diri padaNya agar apa yang saya mimpikan bisa menjadi kenyataan, dan begitu pula sebaliknya ketika mimpi buruk yang datang. Bagi saya hanya Dialah maha penentu masa depan saya dan maha penilai atas segala usaha yang telah dan sedang saya lakukan untuk mewujudkan mimpi-mimpi.

Nampaknya apa yang saya yakini terhadap mimpi juga tidak jauh berbeda dengan temuan para psikolog, mereka menyatakan bahwa precognitive dream hanyalah sebuah kebetulan semata, mungkin ulasan secara ilmiahnya bisa di baca di artikel berikut ini.

23 Balasan ke Precognitive Dream: Mimpi Saya Menjadi Kenyataan

  1. Hari Mulya mengatakan:

    cuma kebetuLan saja ya?

    kata orang yang penting jangan pernah syirik, percayaLah hanya pada Tuhan…

  2. rajakupu mengatakan:

    Wah kata orang mimpi itu katanya bunga tidur

  3. Himawan mengatakan:

    makasih mas udah kunjungi blogq n comment.moga blognya tambah ramai pengunjungnya

  4. yuwaku mengatakan:

    Wah.. Asik juga nih bila mimpi-mimpi bsa jd kenyataan asal yg indah2 saja.. yg jelek2 biar jd bunga tidur aja..

  5. Ery Wijaya mengatakan:

    @Hari Mulya: Iya memang faktor kebetulan saja, mungkin harapan yg kita pikirkan masuk ke dalam mimpi😀

    @Rajakupu: lha klo mimpi horor gmn?hehehe
    @Himawan: makasih juga sudah berkunjung balik
    @Yuwaku: Yap benar sekali, 100!!

  6. koeshariatmo mengatakan:

    waah kalo saya dari kecil mimpi serem mulu.mungkin hidup dikampung kali ya? yang lingkungannya blum ada listrik jadi remeng2..

    nah pengen juga neh mimpi yang sukses2 kaya mas deh..
    mungkin memperbesar cita2 ditambah berdoa yang banyak kali ya??..hehehe

  7. wiangga0409 mengatakan:

    semua mimpi saya tentang kehidupan yang saya ingin jadi kenyataan mas ery😀 believe it or not.

  8. nadiafriza mengatakan:

    seringkali.. kalo mimpinya saya ingat sampai bangun tidur, mimpi2 saya ga kejadian di nyata mas. jadi kalo mimpi nya bagus biasanya langsung cepat2 saya lupain begitu bangun hehe :p

  9. teguhsasmitosdp1 mengatakan:

    Alhamdulillah, patut disyukuri bang,….semoga sukses selalu dan diberi kesehatan .

  10. Orang yang dekat dengan Allah, biasanya Allah akan menganugerahi kelebihan pada orang tersebut, ya salah satunya akan di beritahu kejadian yang akan datang lewat mimpi. Saya percaya itu. yakin, dan haqul yakin.
    dan kedekatan seseorang dgn Allah, tentunya hanya Allah yang tahu.

    Salam Kenal…🙂

  11. avip mengatakan:

    saya kebetulan juga pernah mengalami hal yang sama ada beberapa kejadian yang menyangkut diri saya dan orang lain antara lain saya pernah mengalami suatu peristiwa yang persis sama dengan yg ada dalam mimpi,saya mimpi dicium kening saya di suatu tempat dan kejadian persis sama tempat dan keadaannya kemudian saya memimpikan teman saya pulang kantor bertemu seorang temannya naik mobil warna coklat dan diantar pulang ketika saya bercerita padanya ternyata kejadian itu dialami teman saya persis seperti dalam mimpi, kejadian lain ada seorang teman PNS yg terlibat penipuan tenaga kerja dia buron dan berita terakhir ada di jakarta ketika sy cerita pada temen kantor kalau saya mimpi melihat teman saya yg terlibat masalah tersebut ada dirumah di suatu ruangan gelap saya diketawai teman katanya : Dia tidak ada di rumah dia ada di jakarta tp tidak tahu dimana, satu hari kemudian ada berita teman tersebut tertangkap di rumahnya tapi mimpi-mimpi seperti ini tidak selalu datang hanya beberapa kali, saya tidak tahu mengapa bisa bermimpi seperti itu mimpi seperti ini masuk teori yang mana ya….

  12. avip mengatakan:

    o,y saya lupa tulis tempat kejadian tentang temen saya yang terlibat penipuan tenaga kerja tersebut waktu itu kejadiannya di Purwodadi, Jawa Tengah

  13. reana mengatakan:

    hmmm aku juga pernah tuh waktu SD mimpi nilai raport atau ujian… n memang dalam dunia nyata tuh angka yg bener adalah kebalikannya. n ada juga mimpi-mimpi yg lain…

    believe or not sih tapi ngalamin sendiri…^_^

  14. Pendar Bintang mengatakan:

    Boleh dibilnag kebetulan, tapi saya sering juga bermimpi yang memberikan suatu isyarat..tapi lagi-lagi itu saya buat sebagai alarm saja.

    Sebenarnya nggak mau percaya sih, tapi ternyata mimpi jadi membuat kita gak berhenti berzikir, he he he

    Tapi saya jarang bermimpi…
    He he he karene saya sendiri seorang pemimpi😀

  15. Haekal mengatakan:

    Terkadang MIMPI suka nggak nyambung
    dari ke sini, malah ke sini
    tetapi kita tidak sadar dalam perubahan mimpi itu sendiri.

  16. wildan mengatakan:

    aku pernah mimpi seseorang wanita sangat cantik tapi aku gk tau…. kenapanya aku bisa mimpi begituh???…

  17. Ilma R.Rahma mengatakan:

    Subhanallah…..
    terima kasih sharingnya….🙂

  18. joviana mengatakan:

    smp skrg saya sering mengalami mimpi ygberkaitan dg yg akan dtg,tp itu biasanya hanya untuk dri saya pribadi atau org d sekitar saya…sampai skrg saya jd merasa takut untuk tdr,krn d setiap mimpi saya slalu kejadian org yg akan meninggal,pdhl saya sama sx ga pernah memikirkan org yg masuk dlm mimpi saya,walau kdg cuma seperti teka teki,,misal usia org yg meninggal atau nomor rumahnya…i fell so sad…

  19. andi setiawan s mengatakan:

    sama.. saya juga sering mimpi tentang hal-hal yg akhirnya menjadi kenyataan

  20. wibowo mengatakan:

    sy jg pernah.
    artikel ini yg sy cari bertahun-tahun menjelaskan mimpi sy.
    pada kelas 2 sd, suatu ketika jam 7 malam,adik sy disuruh beli dupa(untuk berdoa sama leluhur-oleh orang tua sy), kira2 300 meter dari rumah sy menyusul dan bilang jgn belikan, bilan sj tokonya tidak jual.
    malamnya sy bermimpi : sy meihat byk bintan berjatuhan seperti hujan mengarah ke sy yg berdiri di samping rumah-tiba2 sesaat kemudian dalam mimpi sy melihat sy berjalan pulang dari sekolah di depan rumah no. 8 kampung sy, sy merunduk dan melihat ada uan Rp. 50,- dan sy ambil.
    Paginya setelah sy pulang dari sekolah, sy sblm sampai no.8 sy ingat mimpi sy tadi malam, kemudian sy jalan dan tepat di depan rumah tsb, sy merunduk dan melihat uang rp 50,- dan sy ambil( jamn dulu sy sering diberi uang rp. 50,- untuk beli es lilin.
    – ini hanya share sj. usia sy skrg 40 th

  21. アディダス ランニングシューズ

  22. Muhammad Rizky mengatakan:

    Sebenarnya hal seperti ini adalah hal pribadi yg tidak boleh d.publikasihkan, karna suatu anugrah yg kita miliki dan wajib kita syukuri

  23. Billy mengatakan:

    Ane masih kelas 8 smp dan sebentar lagi mau ambil raport kenaikan kelas barusan ane mimpi datang ke sekolah terus ngelihat daftar nama yang naik dan yang tidak naik . Nama ane sih tertulis naik kelas , tapi tiba tiba langsung bangun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: