Kiat “Menjual Diri” Dalam Mencari Beasiswa

Berburu beasiswa bisa disamakan dengan berburu pekerjaan. Teknik yang diperlukan dalam mencari pekerjaan agar “harga jual” kita terlihat lebih tinggi atau sesuai dengan kemampuan kita yang sebenarnya juga bisa diterapkan dalam mencari beasiswa. Layaknya saat kita melamar pekerjaan, kita perlu menunjukkan kemampuan diri kita yang sebenarnya di hadapan para juri, agar anda terpilih menjadi pemenang beasiswa. Dalam artikel ini, saya hanya akan membahas teknik menjual diri pada jenis-jenis beasiswa yang menggunakan metode penilaian based on documents saja. Untuk teknik wawancara dalam beasiswa saya tidak menguasainya, karena saya belum pernah mengikuti beasiswa metode tersebut.

Curriculum Vitae

Membuat riwayat hidup (Curriculum Vitae/CV) yang menarik dalam melamar pekerjaan tentu sebagian besar anda sudah tau. Hal yang serupa bisa anda terapkan dalam melamar beasiswa. Namun mayoritas CV tidak diperlukan sebagai sebuah dokumen resmi yang harus anda submit ke pengelola beasiswa/kampus. CV biasanya hanya digunakan untuk berkorespondensi dengan prospective supervisor, hal ini digunakan untuk menilai sejauh mana kemampuan anda dalam dunia akademik dan kesesuaian apa yang telah anda kerjakan dengan bidang riset yang Profeesor tersebut kuasai.

Sedangkan dalam aplikasi beasiswa biasanya telah disediakan formulir tersendiri yang sebenarnya berfungsi seperti CV, hanya saja lebih spesifik pada  hal-hal yang berkaitan dengan dunia akademik yang dibutuhkan oleh kampus/pengelola beasiswa dalam menilai diri anda.

Untuk CV yang kita kirim kepada prospective supervisor, sebaiknya memuat tentang data diri anda yang mendasar (foto diri yang resmi, nama, alamat, nationality, nomor telpon, email, dll), riwayat pendidikan (sebaiknya dimulai dari pendidikan terakhir yang diterima), pengalaman pekerjaan, pengalaman riset (jika ada), penghargaan yang pernah diterima (termasuk beasiswa) dan yang terakhir adalah publikasi ilmiah yang kita miliki (termasuk skripsi dan thesis).

Ada banyak rupa format pembuatan CV akademik yang bisa anda temukan melalui Google, mungkin salah satunya yang umum adalah format Europass (digunakan sebagai standard Eropa), atau kalau ingin yang sederhana anda bisa menengok CV saya.

Research Plan

Sebagai seorang calon mahasiswa pascasarjana, anda perlu mengubah mindset anda, yakni pendidikan pascasarjana adalah pendidikan yang berorientasi riset. Sehingga dibutuhkan sebuah rencana studi/penelitian (research/study plan) yang baik sebelum memutuskan untuk menempuh jenjang pendidikan tersebut. Research Plan yang baik disusun secara terstruktur namun sederhana, sbb:

  1. Introduction/Background. Pada bagian ini, kita perlu mengindentifikasi permasalahan yang terjadi dan ingin kita tinjau lebih komprehensive secara ilmiah, lalu tunjukkan juga originalitas penelitian kita dibanding dengan penelitian yang serupa yang telah dilakukan.
  2. Methodology. Solusi pemecahan ilmiah atas permasalahan yang kita sebutkan pada bagian introduction/background perlu kita jelaskan secara singkat. Solusi inilah yang akan menjadi bagian inti dari pekerjaan/penelitian kita nanti. Periksa dengan baik bahwa metode yang anda lakukan ini original dan inovatif serta berbeda dengan yang sudah pernah dilakukan.
  3. Expected Results/Hypothesis. Berdasarkan metodologi yang kita ajukan dalam memecahkan permasalahan, maka kita tentunya mengharapkan agar persoalan yang kita ajukan di awal tadi dapat diselesaikan dengan baik. Nah, di bagian ini tunjukkan hal-hal apa saja yang anda harapkan dapat diselesaikan atau bahkan ditemukan dari penelitian yang akan dilakukan.
  4. References. Tuliskan beberapa rujukan yang telah anda baca dan menjadi dasar penelitian anda.  Ingat, bahwa dalam dunia ilmiah, menuliskan referensi menjadi semacam “kewajiban” yang harus dipenuhi.

Secara sekilas, Research Plan hampir mirip dengan Thesis Proposal. Perbedaannya hanyalah pada Thesis Proposal tidak dibatasi jumlah halamannya, sedangkan Research Plan biasanya diwajibkan untuk ditulis hanya dalam 3-4 halaman saja. Oleh karena itu, penggunaan kosa kata yang singkat, jelas dan langsung menuju pada akar persoalan adalah penting agar apa yang kita maksud dapat termuat di dalamnya serta bisa dengan mudah dipahami oleh pembaca. Research Plan biasanya perlu disubmit bersamaan dengan dokumen aplikasi beasiswa yang lainnya.

Motivation Letter/Personal Statement

Menurut saya, tidak ada perbedaan antara motivation letter dan personal statement. Kedua-duanya sama-sama membutuhkan pernyataan latar belakang diri kita dan latar belakang kita mendaftar beasiswa tersebut, kemudian perlu juga kita menunjukkan harapan kita jika kita menerima beasiswa tersebut dan juga rencana kedepan kita setelah selesai menempuh studi.

Surat ini meski terlihat sepele tapi mempunyai arti yang penting bagi para juri beasiswa, karena biasanya mereka ingin tahu motivasi dan rencana kedepan kita, apakah kedua hal tersebut sesuai dengan misi dan visi pemberian beasiswa atau tidak, sehingga diharapkan ketika anda terpilih sebagai penerima beasiswa kelak akan memberikan kontribusi yang nyata sejalan dengan apa yang diharapan oleh pendonor beasiswa. Oleh karenanya, pastikan bahwa anda memahami visi dan misi lembaga pemberi beasiswa, lalu pastikan juga bahwa hal tersebut sejalan dengan harapan dan impian anda. Contoh motivation letter bisa anda cari dengan mudah di internet, atau silahkan baca motivation letter saya.

Brief Description of Academic Achievements

Mungkin anda baru mendengar dokumen ini, saya membuat dokumen ini saat melengkapi aplikasi beasiswa Monbukagakusho U to U di Kyoto University. Setelah mencoba mencari-cari referensi tentang dokumen ini sebelumnya di internet, dan menggabungkan dengan pemahaman pribadi saya tentang dokumen ini, akhirnya saya menyelesaikannya.

Menurut pemahaman saya, brief description of academic achievements itu menjelaskan tentang apa saja prestasi akademik yang telah kita capai selama ini. Saya menuliskan prestasi akademik yang pernah saya raih dari sejak SD hingga tingkat Master, kenapa saya menuliskannya sejak dari SD? karena beasiswa Monbukagakusho mensyratkan adanya minimum jenjang pendidikan yang harus kita tempuh yakni minimal 16 tahun untuk bisa mendaftar jenjang Doktoral, jika kurang dari itu maka akan secara otomatis gugur. Berbagai penghargaan/ranking yang pernah saya capai sewaktu sekolah dan kuliah saya jelaskan dengan singkat dan padat. Begitu pula pengalaman organisasi dan publikasi ilmiah yang saya miliki turut serta saya tulis, namun hanya secara sederhana dan singkat saja. Contoh brief description of academic achievements yang pernah saya submit saat mendaftar beasiswa Monbukagakusho U to U di Kyoto University bisa dilihat di sini.


43 Balasan ke Kiat “Menjual Diri” Dalam Mencari Beasiswa

  1. Andre mengatakan:

    matur nuwun sanget mas,,
    bisa buat reference di kemudian hari,,

  2. setyobudianto mengatakan:

    Wah ini informasi yang sangat berguna sekali, terima kasih banyak Mas Ery. Wass

  3. koeshariatmo mengatakan:

    kiatnya bagus…mungkin bisa digunakan kalau dah mau cari beasiswa…thx bgt sharingan’nya mas

  4. fitrimelinda mengatakan:

    wah..bagus bgt kiat-kiatnya mas..

  5. Syeilendra Pramuditya mengatakan:

    mantaf.. lengkap kiat2nya neh

    ntar klo ad yg nanya kiat2 beasiswa d blog sy, sy redirect k sini aj kynya:mrgreen:

  6. erywijaya mengatakan:

    @Andre: yoi, dicatet, nek perlu diprint😀
    @Pak Setyobudi:Semoga bermanfaat Pak
    @Mas Koeshariatmo: sama-sama semoga berguna infonya
    @Fitrimelinda: Sip, thanks ya
    @Syeilendra: wah ada sensei😀 beda guru beda ilmu, tolong jangan saling mengganggu hehehe

  7. nadiafriza mengatakan:

    waa pasti berguna banget nih postingan🙂 ntar saya baca2 lagi kalo saya udah beres sidang hehe..

    makasi banget mas info n ilmunya🙂

  8. Oscar mengatakan:

    Makasih er dah posting permintaanku…
    .mudah”an bs diaplikasikan dlm waktu dkt…hehe

  9. rajakupu mengatakan:

    Wah ulasanya bagus dan lengkap,semoga bermanfaat bagi orang-orang yang tidak mampu dalam segi financial tapi mempunyai skill yang tinggi, sayang kan kalo ada orang yang mampu dalam hal skill tapi keuangannya terbatas karena tidak tahu informasi ini, jadinya menuntut ilmunya tidak maksimal alis setengah-setengah, tolong sekalian di ulas dong Mas Erry, Universitas mana saja yang menyediakan beasiswa untuk para mahasiswa berprestasi, Wassalam

  10. Ery Wijaya mengatakan:

    @Nadia: yap, mau lanjut ke mana neh?
    @Oskar: sama2 bro, rencana mau lanjut ke mana neh? Eropa, Jepang, Aussie, ato Amerika?😀 kabar2in ya
    @Rajakupu: wah banyak banget bos Universitas yg menyediakan beasiswa, hampir semua kampus2 ternama menyediakan beasiswa

  11. Oscar mengatakan:

    Cita2 dari dulu sih k europe…tp ntar klo dah keuangan keluarga stabil…jd siap ditinggal..🙂

    pengen skali kul dgn beasiswa biar g ngrepoti perusahaan..😀

  12. Ery Wijaya mengatakan:

    @Oscar: biasane untuk perusahaan swasta klo kita mau sekolah mesti resign dari pekerjaan, tapi itu juga tergantung perusahaannya seh, hanya saja mayoritas begitu, jadi nanti klo lulus sekolah golek pekerjaan lain lagi seng gajine luweh apik hehehe…

    Ke Eropa ya coba aja ikut Erasmus Mundus, atau STUNED

  13. Oscar mengatakan:

    Aku g kerja d swasta tp d BUMN, Petrokimia Gresik…dan pihak petro malah mendukung klo qta kuliah lanjut apalagi mau usaha beasiswa sendiri, temenku dah brangkat k inggris dibiayai petro…jd g perlu resign segala…😀

    okey…thanks infonya…🙂

  14. Ery Wijaya mengatakan:

    Wah mantab kuwi bos, yap ditunggu kabar gembira selanjutnya, jangan pernah hentikan mimpi2 kita!! maju terus!!

  15. kyra.curapix mengatakan:

    nice tips
    heheheh

  16. teguhsasmitosdp1 mengatakan:

    Informasi yang sangat menarik, terima kasih sharenya

  17. Lucky dc mengatakan:

    Info yang bagus. Like this hehehe….😉

  18. indahkasihku mengatakan:

    Salam saudara Ery.
    Apa khabar? maaf kalau Indah baru sempat berkunjung. Banyak tugas yang harus Indah selesaikan sebelum raya.
    Indah berkunjung untuk mengucapkan Selamat Hari Raya.
    maaf zahir dan bathin. minal aidin wal faizin

    Semoga berbahagia di hari lebaran bersama keluarga.
    Salam indahnya Syawal dari Indahkasihku.

  19. teguhsasmitosdp1 mengatakan:

    Sejalan dengan berlalunya Ramadhan tahun ini
    Kemenangan akan kita gapai
    Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi
    Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa
    Dalam kesempatan hidup ada keluasan ilmu
    Hidup ini indah jika segala karena ALLAH SWT
    Kang Guru Blog’s sekeluarga menghaturkan
    Selamat Idul Fitri 1431 H
    Taqobalallahu minna wa minkum
    Mohon maaf lahir dan bathin

  20. ok mengatakan:

    CV nya bsa ditiru bwt ‘jualan diri’ cri kerjaan jga nih😀 nice kang…
    Sekalian ok mau ucapin minalaidzin walfaidzin, mohon maaf lahir dan bathin happy idul fitri 1431H ya

  21. ImRoée mengatakan:

    seumur hidup akau belum pernah dapat beasiswa. Malang sekali nasibku…🙂

  22. wiangga0409 mengatakan:

    Saat ini sy bc blog mas ery smbil ngekhayal2 aja. Smoga suatu hr bnr2 akn sy praktekan smua tips hebat ini. Trims 4 sharing🙂

  23. aziz mengatakan:

    kalo ke iowa ada info ga ?

  24. Alid Abdul mengatakan:

    wah info yang berguna dan BERAT neh

  25. Hefryan mengatakan:

    waaahhh…
    ini sangat membantu mas….

    ijin copy ya….

  26. cindy mengatakan:

    bagus banget tulisannya,, sangat bermanfaat untuk saya. berharap saya bisa mengikuti jejaknya maz,,,

  27. sabrina mengatakan:

    mas mau tanya kalau ada pertanyaan “why should you be selected for this program?” jawaban yang jitu nya gmn ya, apa kita mnonjolkan sifat2 kelebihan kita atau interest kita terhadap program atau gimana ya?

    Kalau dimulai dengan kata kata:
    I’m the right person for this program because I’m a young, intelligent , joy to work with, willing to learn, socialize and responsible students bla bla bla

    tepat gak ya mas?

    boleh di share kalau ada link atau contoh2 nya.

    Terima kasih

  28. erywijaya mengatakan:

    Kalau menurut saya, jawaban yang pantas adalah dengan memberikan keunggulan dan keunikan yang kita miliki bahwa kita lebih baik dan bahkan keunggulan itu tidak dimiliki oleh kandidat yang lain. Selain itu, perlu juga Anda tekankan manfaat dari program itu bagi Anda/masa depan Anda kelak.

    Good luck😉

  29. sabrina mengatakan:

    wah terima kasih mas for the quick response

    hmm oke oke kalo kata2 awalnya kayak yang saya tulis terlalu standar atau terkesan sombong ya?

    btw di pertanyaan selanjutnya dr pihak pemberi beasiswa sudah ada mengenai manfaat program tersebut jadi terpisah hehe, thx sarannya

  30. nuzul mengatakan:

    assalamualaykum.wr.wb,,
    salam kenal. nama saya nuzul. tulisan yang sangat bermanfaat sekali. Langsung saja,, ada 2 hal yang ingin saya tanyakan ke mas ery:

    1.Karena kemampuan bhs,inggris saya masih belepotan,, saya berencana kursus b.inggris liburan kuliah ini, (a)beri saran saya dong mas kemana saya harus belajar bahasa inggris yang “terjangkau” dan “berdampak”? berikut beberapa opsi yang saya rencanakan
    – kursus toefl dekat kampus (300rb)–>masih gak tau dampaknya
    – ke kampung inggris di kediri selama 1,5 bulan ^^v
    – EF (tapi tabungan masih belum cukup)
    (b)kalau mas ery mahir cakap b.Inggris, belajar dari mana? (c)untuk beasiswa ini apakah mas punya persiapan yang khusus buat kursus b.Inggris? dimana?

    2. Saya dapat info lebih detail tentang beasiswa ini dari blognya mas ery, mbak Isti, mbak Reisha,. nah kalau mas ery dapat info2 beasiswa ini dari mana, apa cuma dari dubes aja? hehe:-P

    Insya4w1 saya akan menyusul mas ery, mbak Isti dan Mbak Reisha.(*–>pd bgt) amin…
    mohon maaf pertanyaannya ribet –“?
    wassalamualaykum.wr.wb.

    pertanyaan ini juga saya tanyakan ke mbak Reisha n mbk Isti
    xixixixi

  31. nuzul mengatakan:

    oh ya ada yang ketinggalan mas
    3. apa niat mas ery mengikuti beasiswa ini? (sebetulnya ini di no,1)-__-”?

  32. erywijaya mengatakan:

    Hai Nuzul, Waalaikumsalam..

    1) a. Belajar bisa di mana saja, asal menyenangkan, tekun dan punya dana yg cukup. Kalau tidak punya ya silahkan bergabung dengan English Club di kampus kamu.

    1) b. Saya belajar otodidak, lewat buku-buku dan juga lewat English podcast (http://www.eslpod.com) untuk listening.

    2) Saya dapat informasi beasiswa dari Sensei saya di Jepang, dulu beliau yg merekomendasikan saya untuk daftar beasiswa ini. Kebetulan saya penerima Monbusho yg U to U, jadi tidak lewat Kedutaan.

    3) Niatnya ya biar bisa sekolah dengan gratis dan dibayar juga hehehe

    Semoga sukses pencarian beasiswanya. Good Luck!

  33. nuzul mengatakan:

    amin terimakasih mas, sebagai hadiah point untuk mas ery
    no.1 20
    no.2 30
    no.3 20 dah dan karena balasnya lumayan cepat kasi bonus 15
    total 85,, saya kasi B+ lah😆 xixixi

    sukses juga buat mas ery^^

  34. Umarat mengatakan:

    Terima kasih atas tulisan inspiratifnya. Salam kenal
    Sudi mampir juga di http://www.umarat.wordpress.com

  35. RIZKI AGUS NURSADI mengatakan:

    mas ery bukannya monbusho ada sesi wawancaranya ya mas ?? tapi bagian di atas mengatakan mas ery tidak pernah mengikuti ujian wawancara beasiswa, terima kasih sebelumnya mas🙂

  36. erywijaya mengatakan:

    @Rizki: Untuk Monbusho G to G memang ada sesi wawancaranya di kedutaan, tapi saya penerima Monbusho U to U yg ada wawancara/enggak tergantung dari pihak kampus.

  37. Reny mengatakan:

    Assalamualaikum mas Ery. Ada beberapa pertnyaan yg ingin saya ajukan mas :

    1) Saya mau nanya ttg bgmn menulis research/study plan utk apply beasiswa undergraduate apakah sama sprt contoh yg mas kash??

    2) Apakah personal statement yg kita buat juga hrs ada korelasi dg study plan kita?

  38. erywijaya mengatakan:

    @Reny: Waalaikumsalam, terima kasih sudah mampir ke sini.
    1) Untuk research study undergraduate berbeda dengan postgraduate. Mungkin untuk undergraduate penekanannya lebih pada minat studi (program studi apa yg diinginkan, alasannya, dll) dan juga rencana setelah selesai studi (cita2, kerja/lanjut sekolah lagi)

    2) Ya personal statement harus berupa motivasi kenapa kita ingin melanjutkan belajar, kenapa memimilih program itu dan hubungannya dengan impian masa depan.

  39. nur kholilah mengatakan:

    saya pribadi bangga bunget sesama warga klw, krn salah satu putra terbaik kaliwungu kendal memiliki prestasi yg luar biasa didunia pendidikan khususnya di LN dan yg tptg mau berbagi tips ttg keberhasilnnya..

  40. Arlex mengatakan:

    Alhamdulillah.. Dahsyat mas Ery artikelnya amat bermanfaat… Sukses buat mas Ery.

  41. erywijaya mengatakan:

    @Alex: makasih mas, semoga bermanfaat

  42. Wina mengatakan:

    Kaka, kaka, aku lagi mencoba buat apply beasiswa dan salah satu syaratnya itu personal statement. Aku sudah buat PS nya, tapi masih belum yakin apa personal statement-nya sudah cukup baik untuk dikumpulin atau belum. Apa kaka bisa ngasih masukan buat PS aku? Makasih🙂

  43. erywijaya mengatakan:

    @Wina: boleh, silahkan aja kirim via email ke erywijaya@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: