My First Article in Popular Energy Magazine

Sekitar setengah tahun lalu saya membaca tawaran di email untuk penjadi penulis di sebuah majalah populer baru dalam bidang energi di Indonesia, yakni Jurnal Energi. Naluri menulis saya menyambut tawaran ini dengan semangat, mencoba peruntungan saya dalam bidang yang sebenarnya tidak jauh dari keseharian saya, ya menulis laporan penelitian. Sebetulnya saya juga telah menjadi kontributor tetap untuk membuat tulisan energi populer di beberapa free buletin/majalah seperti E-nergy Magazine, dan Kabare KAMASE. Tapi tawaran yang satu ini sepertinya sayang untuk dilewatkan, menulis di majalah populer berbayar.

Majalah Jurnal Energi adalah majalah populer pertama di Indonesia yang mengkhususkan diri pada bidang science dan teknologi energi, maupun yang berkaitan dengan sisi socio-environmental dari energi. Majalah ini membahas bidang migas, energi terbarukan, nuklir, maupun listrik. Majalah ini mempunyai oplah sebanyak 5,000 dan dijual seharga 50,000 rupiah setiap edisinya. Bisa ditemukan di berbagai toko buku besar seperti Gramedia dan Gunung Agung. Majalah ini terbit 3 bulan sekali.

Tulisan saya di menu Energy Talk Majalah Jurnal Energi

Tulisan saya berjudul “Merencanakan Energi Untuk Pembangunan yang Berkelanjutan” masuk di Edisi ke-4 (November 2010 – Januari 2011). Dalam artikel tersebut saya membahas pentingnya mengubah persepsi perencanaan energi konvensional menjadi perencanaan energi modern. Perencanaan energi konvensional lebih menonjolkan pentingnya pertumbuhan sektor suplai energi dengan harga yang semurah-murahnya tanpa mempertimbangkan faktor lingkungan, sedangkan perencanaan energi modern tidak hanya memikirkan bagaimana supplai energi dapat tersalurkan dengan harga yang terjangkau namun juga mempertimbangkan faktor efek terhadap lingkungan sehingga sustainability development dapat tercapai.

 

4 Balasan ke My First Article in Popular Energy Magazine

  1. Semoga ilmu yg didapat bisa bermanfaat🙂

  2. erywijaya mengatakan:

    Amin, mohon doa restunya

  3. ardia mengatakan:

    Teruslah bejuang tuk menggapai mimpimu…
    Semangat!!

  4. RIZKI AGUS NURSADI mengatakan:

    permisi kak ery wijaya, kak ery ikut yang international program ya di kyoto univ,,, ? ( ^_^ )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: