White Valentine

Sejujurnya saya bukan orang yang turut merayakan tradisi Valentine. Jauh dari kontroversi perayaan Valentine dalam agama Islam,  tulisan ini dibuat  hanya untuk menceritakan kejadian yang saya alami pas tanggal 14 Februari kemarin. Di Jepang dan beberapa negara empat musim, bulan Februari termasuk dalam musim winter. Ya, winter musim di mana suhu udara bisa turun menjadi minus dan turunlah salju.

Istilah “White Valentine” muncul ketika salju turun bersamaan di tanggal 14 Februari yang bagi sebagian masyarakat dunia menyebutnya sebagai hari Valentine, istilah ini dipakai sebagai salah satu judul film drama romantis Korea di tahun 1999. Begitu juga istilah “White Christmas” yakni hari natal yang bersamaan dengan turunnya salju. Bagi orang Jepang, Valentine dan Natal merupakan bagian dari lifestyle mereka, meskipun secara ikatan religious mereka bukanlah pemeluk agama Kristen atau Katolik. Hari Natal merupakan bagian dari long holiday akhir tahun dan awal tahun.

Tanggal 14 februari kemarin dari siang hari hingga petang salju turun lebat di Kyoto, terutama di area kampus Kyoto University. jadi tidak salah kalau sebagian dari teman-teman di Lab menyebutnya White Valentine. Meski tidak turut merayakannya, tapi hari kemarin membuat saya terkejut. Saya menerima hadiah Valentine!! bukan dari siapa-siapa, tapi dari Sekretaris sensei, Fusho-san. Tiba-tiba setelah mengobrol dengan teman-teman di Lab beliau menemui saya di meja kerja lalu mengucapkan “Happy Valentine day Eri-san!!” sambil menyerahkan sebuah tas kecil. Agak kaget, sambil tersenyum saya mengucapkan terima kasih ke beliau. Setelah saya buka tas kecil itu, ternyata isinya coklat yang dibungkus rapi dalam kaleng ala Jepang berwarna pink.

Valentine gift dari Fusho-san

Sekretaris sensei yang baik hati itu memang terbiasa membawa makanan kecil bagi orang-orang di Lab kami. Bahkan hampir setiap sore beliau menyempatkan diri mampir ke ruangan kami untuk sekedar minum teh dan ngobrol bersama. Sekretaris sensei ini adalah orang penting di Lab kami, karena beliaulah yang mengelola segala urusan administrasi hingga keuangan di Laboratorium.

 

17 Balasan ke White Valentine

  1. Selamat atas bingkisannya🙂

  2. Suharman Hamzah mengatakan:

    kalo di jepang memang yang memberi cewek ke cowok boss… jadi hati2.. mesti dijawab tgl 14 maret nanti saat white day

  3. Iffah mengatakan:

    coklatnya cklat putih bukn Er?? hEhE…

  4. erywijaya mengatakan:

    Emang tgl 14 Maret ada apa boss? wahh gawat hehehe

  5. erywijaya mengatakan:

    Belum dibuka tuh hehe biar jadi pajangan aja

  6. Iffah mengatakan:

    na na na na… kog Lum buka.. yn kLamaan basi Loh… hihihiihihi….

  7. cie kak ery…hahahaha
    *becanda kak

  8. erywijaya mengatakan:

    Hahaha, btw Tika bulan depan ke Tokyo ya?mampir2lah ke Kyoto sejenak😀

  9. devitrie mengatakan:

    dibalas aja gift nya di tgl 14 maret,, tradisi di Jepang kl cowo’ membalas gift dr cewe’ ya di hari ‘white day’ (sebulan setelah ‘white valentine’)

  10. aydachubby mengatakan:

    Kalo dikasih coklat mah sapa yg nolak ya, apalagi yg ngasih Sekretaris penting di Lab… ckckckkk😀

  11. ardia mengatakan:

    wah… makan coklat neh. Bagi2 donk!! hehe…

  12. tukangobatbersahaja mengatakan:

    Seneng juga ya dapet coklat😀

  13. eniharyanti mengatakan:

    kalau saya yang dikasih coklat pasti saya juga akan sangat kaget. dulu saya juga punya pengalaman ketika masih sekolah di SMP N 1 KALIWUNGU saya masih ingat tepatnya kelas 2 diruang atas pas tgl 14 Februari ada seorang laki-laki yang mengucapkan selamat hari valentine, saya agak kaget padahal saya tidak tau menahu tentang valentine.
    salam kenal Pak ery…

  14. erywijaya mengatakan:

    Wahahaha…banyak fansnya ya mbak?

  15. NurEL Huda mengatakan:

    Wah, Godiva,

    Salam kenal Ka Ery, saya Huda, IPB 2007, temennya Tika.

    Tulisannya bagus2 kak🙂

  16. erywijaya mengatakan:

    @Huda: terima kasih dah berkunjung, salam kenal🙂 salam untuk Tika ya

Tinggalkan Balasan

