Saya, Gempa dan Tsunami di Jepang

Siang ini sekitar pukul 14.48 waktu Jepang (GMT +9), gempa bumi sebesar 8.8 skala richter di sekitar Miyage Prefecture, dan pusat gempa di pantai pasifik Jepang dengan episentrum gempa sedalam 24 km. Gempa besar terjadi sekitar 3 menit, namun gempa-gempa kecil yang mengiringi masih terjadi di sekitar Miyagi hingga artikel ini saya tulis.

Gempa di Jepang 11 maret 2011 pukul 14.51 JST

Gempa kemudian dilanjutkan oleh tsunami yang menyapu kawasan Miyagi dan sekitarnya dengan ketinggian bervariasi dari 2 meter hingga 7 meter, hingga Bandara Sendai bahkan ditutup. Dalam konferensi Pers yang dilakukan oleh Perdana Menteri Jepang Naoto Kan, menjelaskan bahwa sekitar wilayah gempa diberlakukan keadaan darurat, dan beliau sendiri yang akan memimpin penanggulangan gempa tersebut. Dilaporkan juga oleh beliau bahwa PLTN di daerah tersebut telah secara otomatis diberhentikan operasinya ketika terjadi gempa, sampai saat ini sedang diberlakukan pemeriksaan akan kemungkinan terjadinya kebocoran bahan radioaktif.

Beberapa televisi telah melansir gambar terbaru kejadian gempa dan tsunami ini, dan saya kira juga direlay ulang oleh televisi di Indonesia, terutama televisi berita seperti TV One dan Metro TV.

Keadaan Saya

Saat ini saya tinggal di Kyoto (lihat peta Jepang di bawah ini), ditengah-tengah Jepang. Sedangkan gempa dan tsunami tersebut terjadi di Tohoku area dan sekitarnya yakni sebelah timur laut Jepang. Jarak dari Kyoto ke Sendai, Miyagi Perfecture sekitar 816 km.

Peta Jepang

Begitu besarnya gempa yang terjadi, sehingga saya yang tinggal di Kyoto juga turut merasakan guncangannya. Papan tulis dibelakang meja kerja saya bergetar dan monitor juga turut tergoncang. Namun alhamdulillah semua baik-baik saja, dan tidak ada kerusakan yang berarti di Kyoto. Selepas kejadian gempa dan tsunami ditayangkan secara luas baik via Twitter, Facebook, media berita internet maupun televisi yang bisa ditangkap dari Indonesia, kemudian muncul banyak empati dari saudara dan teman melalui Yahoo Messenger menanyakan keadaan terakhir saya. Begitu juga orang tua saya langsung mengirimkan SMS ke HP saya. Untuk semuanya saya mengucapkan terima kasih atas empatinya dan doanya, keadaan saya di Kyoto baik-baik saja.

Di Sendai terdapat banyak orang Indonesia yang belajar di Tohoku University maupun universitas yang lain, juga banyak orang Indonesia yang menjadi trainee. Karena jaringan komunikasi di sana telah terputus, saya berdoa semoga semua dalam keadaan baik dan telah berada di tempat yang aman. Duka dan rasa prihatin yang mendalam juga saya sampaikan untuk warga dan pemerintah Jepang. Semoga keadaan ini lekas kembali pulih seperti sedia kala.

 

 

21 Balasan ke Saya, Gempa dan Tsunami di Jepang

  1. nayo mengatakan:

    Kuliah di Jogja sering digoyang gempa, di Jepang juga digoyang gempa ha….ha……

  2. marsudiyanto mengatakan:

    Syukur Alhamdulillah…
    Mugo2 korbane ora akeh

  3. eniharyanti mengatakan:

    AMIN….
    Alhamdulillah kalau baik2 saja…
    ya semoga cepat pulih kembali…

  4. jeng luluk mengatakan:

    take care ya, Le…

  5. dwipacitan mengatakan:

    semoga menjadi pengingatan buat kita untuk lebih dekat dengan-Nya

  6. erywijaya mengatakan:

    @Nayo: heheh iyo
    @Pak Mars: Amien, semoga begitu Pak
    @Eni: Iya amin
    @Mbak Luluk: Iyo, matur nuwun Mbak
    @Dwi Pacitan: iya semoga begitu ya🙂

  7. masyhury mengatakan:

    Wah.. mas Ery ternyata aman-aman saja,
    saya sempat terpikir waktu liat di berita tadi sore. hihi..😀

  8. koeshariatmo mengatakan:

    tadi mlm saya br sampai rumah dan mendengar berita gempa ini di tv, entah kenapa kok inget mas ery yg disana, pingin ol tapi rasa ngantuk ga nahan karena baru minum obat batuk.. Alhamdulillah bae2 aja..

  9. koeshariatmo mengatakan:

    tadi mlm saya br sampai rumah dan mendengar berita gempa ini di tv, entah kenapa kok inget mas ery yg disana, pingin ol tapi rasa ngantuk ga nahan karena baru minum obat batuk.. Pas baca ini Alhamdulillah bae2 aja..

  10. Linda mengatakan:

    temen2ku di Shizouka jepang,jarak 500km dr Tokyo jg aman,wlo katanya tidur siangnya terganggu,,tp tetap lanjut tidur..alamakkk :D…Alhamdulillah smua baik2 sj..

  11. Ima mengatakan:

    Alhamdulillah…GBU

  12. rian mengatakan:

    alhamdulillah ya, mas ery baik2 saja…saya dan warga negara indonesia turut berdoa agar negara jepang bisa pulih seperti sedia kala..

    amin ya rabb…

  13. Bang Iwan mengatakan:

    Syukur Alhamdulillah..

  14. Yayat Supriyatna mengatakan:

    Syukur Ry, alhamdulillah..semoga dilindungi Alloh dan selesaikan S3nya…

  15. Ery Wijaya mengatakan:

    @Mashury, Pak Kus, Linda, Ima, Rian, Bang Iwan dan Yayat: Terima kasih atas empatinya, saya juga berharap semoga korban jiwa tidak banyak dan keadaan kembali seperti semula

  16. handa mengatakan:

    waduh..serem euy. puji Tuhan keadaan mas baik2 saja, dan smoga yang lain juga bisa selamat ya. amin

  17. kusna mengatakan:

    moga jepang tobat dan dapat hidayag dari Allah SWT serta ngk bikin AV lagi.

  18. eyha4hera mengatakan:

    alhamdulilah… 🙂

  19. olga hidayat mengatakan:

    pray for jaan in unsada

  20. olga hidayat mengatakan:

    pray for japan in unsada,, sabar aja ya,, pasti ada hikmah nya kok

Tinggalkan Balasan

