My Newest Book: Electricity Supply Security in Indonesia

Keinginan saya untuk menulis buku sendiri akhirnya terpenuhi. Sebuah buku berbahasa Inggris akhirnya saya terbitkan, melalui jaringan penerbit internasional Lambert Academic Publishing (LAP) yang berpusat di Jerman. Meski bukan buku berbahasa Indonesia, tapi bisa memuaskan dahaga harapan saya untuk bisa mempublikasikan tulisan dalam sebuah buku. Buku yang saya beri judul “Electricity Supply Security in Indonesia: The Expansion Planning and Its Greenhouse Gases Mitigation” dijual di beberapa toko buku online seperti Amazon dan Morebooks. Harga dasar buku ini dari penerbit tertera sebesar 49 Euro atau 68 US Dollar.

Buku ini sebenarnya berasal dari penelitian Master saya di JGSEE selama hampir 2 tahun. Saya melakukan penelitian tentang vulnerability sektor pembangkitan listrik Indonesia akan ketergantungan terhadap bahan bakar minyak. Selanjutnya saya melakukan pemodelan jangka panjang kebutuhan dan suplai listrik, lalu memberikan solusi peningkatan keamanan suplai listrik dengan mengajukan beberapa skenario, diantaranya adalah pemanfaatan geothermal, penurunan kerugian dari proses transmisi dan distribusi,  dan peningkatan efisiensi di peralatan listrik. Selain itu pemanfaatan batubara sebagai bahan bakar juga menjadi perhatian yang tidak saya lewatkan dalam buku ini. Buku ini tidak hanya semata-mata membahas tentang solusi mengamankan pasokan listrik saja, tapi juga solusi yang mempedulikan faktor ekonomi dan efek lingkungan.

Berikut kutipan resume buku saya

Electricity, as one of the final energy forms, plays a very important role in supporting various economic activities to increase people’s welfare. Most developing countries urgently need electricity for their economic development; on the other hand, economic prosperity brings a strong growth of electricity demand. Indonesia, as one of the developing countries, needs to expand its electricity generation in order to fulfill electricity demand in the future as well as to support economic development. The electricity expansion needs to consider clean and abundant energy sources to achieve affordable energy prices, system reliability, and environmental impact. Furthermore, the effort to conduct energy efficiency and promote energy saving behavior by the Indonesian people is one of several ways to support energy security improvement.

Untuk pembelian bisa dilakukan langsung via toko buku online tersebut tersebut, silahkan klik link Morebooks atau Amazon (bisa via link berikut).

35 Balasan ke My Newest Book: Electricity Supply Security in Indonesia

  1. Fikri mengatakan:

    Mantap Ery!

    Barakallaahu Fiikum!

    Mugo2 suk iso tuku..

  2. arie rahayu mengatakan:

    Keren! Sukses berkarya selalu. ^_^

  3. Ria mengatakan:

    Wow mantabz🙂

  4. jans mengatakan:

    wah mantap mas Ery…
    semoga informasi didalamnya bisa bermanfaat buat negara tercinta ini..🙂

  5. trino widayat mengatakan:

    Alhamdulillah,moga mkn membantu kami yag berkecimpung langsung di power generation di indonesia,sudah dilengkapi dg survai yg komprehensif? Ketergantungan sparepart dg asing dan tata kelola perusahaan termasuk faktor utama.selain trend da perilaku konsumen.kapan dibedah di Indonesia?

  6. Ery Wijaya mengatakan:

    @Pak Mars: Makasih Pak
    @Fikri: alhamdulillah, thanks bro
    @Ria: Terima kasih
    @Jans: terima kasih mas, amien
    @Pak Trino: maaf Pak saya bukan orang power engineering, saya energy planner. Tataran saya pada level kebijakan energi.

  7. Atika Luthfiyyah mengatakan:

    gileeeeeeeeee….kak ery, congratz ya!!!!
    semoga ilmu kak ery bermanfaat

  8. arr rian mengatakan:

    Selamat mas ya!

  9. marsudiyanto mengatakan:

    Mugo2 Bukune Laris Manis…
    Sayange ning Pasar Sore durung ono…

  10. asrori mengatakan:

    mantabss … wah ketinggalan kereta lagi ckckck … harus meningkatkan akselerasi ini biar gak makin jauh ketinggalan … heheh

  11. ardiawati170483 mengatakan:

    Alhamdulillah…
    Satu lagi impian sudah terwujud, tak tunggu kiriman bukune. Soale neng kene ra ono buku seng koyo ngono😀

  12. amu yarkhamu daaz mengatakan:

    Gud…..sukses ya Bang

  13. Cha-Cha mengatakan:

    keren mas…congratz for launching the newest book!

  14. erywijaya mengatakan:

    @Pak Mars: Amienn Pak
    @Slamet: Ayo bos buruan disusul
    @Ardi: Alhamdulillah
    @Amu: Iya🙂
    @Chacha: Makasih ya Cha

  15. Arie Ratna Agustien mengatakan:

    Selamat Ery, semoga bukunya bermanfaat bagi kemaslahatan umat di Indonesia. Btw, FB mu udah gak aktif lagi ya?

  16. erywijaya mengatakan:

    Aloow mbak Ari, apa kabar?makasih ya.. Iya FB udah gak aktof lagi.

  17. Me mengatakan:

    4 thumbs for u Er….

  18. Endang Nuraini mengatakan:

    Selamat n sukses selalu
    salut abis deh.
    Ditunggu edisi B.Ind.nya

  19. ranisasmita mengatakan:

    Selalu salut dengan mu mas, lanjutkan…4 thumbs is not enough for you…good luck

  20. Annisa Sekar P mengatakan:

    alhamdulillah . hebat mas ery !!!! pngn ikutan baca deh, mudah2an ada rejeki buat order book nya heheheheh

  21. Iman mengatakan:

    alhamdulillah😀

  22. koeshariatmo mengatakan:

    salut mas…
    iri saya ini…

  23. romi advant mengatakan:

    salam kenal mas ery.. saya salah satu orang yg selalu mengikuti blog mas ery. sukses trus mas.. saya tunggu posting selanjutny

  24. kang ian dot com mengatakan:

    wah manteb suranteb ilmiah banget niih..mas aku boleh ngelink ya ke blog ini hehehe

  25. erywijaya mengatakan:

    Monggo silahkan mas🙂

  26. Necky mengatakan:

    bro…kalau pembangkit listrik tenaga mikro hydro diulas ga ??

  27. erywijaya mengatakan:

    Enggak mas, ini hanya pembangkit listrik skala besar di Jawa, kalau mikrohidro kan gak signifikan kontribusinya

  28. saif569 mengatakan:

    Muaaaantap tenan er..Tak adolke bukune yo..karo nunut link ebooke…..wkwkwkwk

  29. erywijaya mengatakan:

    Oke bos Mujab..udah dilink balik

  30. catatanketuk mengatakan:

    aku sangat tersanjung mas dengan orang yang udah bisa menerbitkan baku,jujur aja aku ingin seperti kamu mas meski buku yang aku terbitkan sedikit egois tetntang masalah pribadi tapi aku ingin sekali menerbitkan kisahku itu,sekali lagi trimakasih mas kunjunganya,kl bisa kasih kritik ke tulisanku yang masih kasar ini

  31. af1a mengatakan:

    huwaaa…keren banget, single author, nongol di amazon..huwaaaa…..
    Semoga barokah, sukses selalu🙂

  32. Alris mengatakan:

    Keren, mas. Salut aku.
    Ini kunjungan perdana saya ke blog yang bagus ini. Sukses selalu.

  33. rani mengatakan:

    :-bd

  34. Novik Kurohman mengatakan:

    Mas ery selamat atas penerbitan bukunya su-guiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii! semoga bermanfaat untuk umat

Tinggalkan Balasan

