Mudahnya Terinspirasi, Sulitnya Menjalani

Berbagai kegiatan motivasi oleh para motivator ulung makin marak ditayangkan diberbagai televisi, pun berbagai novel penuh inspirasi hasil refleksi pengalaman dari orang-orang sukses bertebaran di toko buku. Semakin banyak orang bertukar pengalaman dengan orang lain melalui berbagai media, semakin mudah juga kita menemukan motivator-motivator ulung yang tidak hanya memberikan motivasi, tapi juga memberi inspirasi dalam hidup untuk terus berjuang menggapai cita-cita hidup demi sebuah nama, kemuliaan.

Read and be Inspired

Secara kebetulan, saya bukan penggemar acara motivasi di tayangan televisi. Tapi saya salah satu penggemar novel-novel penuh inspirasi semacam Negeri 5 Menara, Trilogi Laskar Pelangi, Ayat-ayat Cinta maupun Ketika Cinta Bertasbih. Novel-novel yang saya baca memang mengkisahkan perjuangan seorang pemuda Indonesia menempuh lika-liku studinya di negara orang. Kedekatan status sebagai pelajar di luar negeri membuat saya lebih mudah tersentuh oleh kisah-kisah inspiratif tersebut.

Negeri 5 Menara mengkisahkan pejuangan seorang anak dari tanah minang dalam menempuh studi di pesantren Gontor, di mana pada akhirnya dia memperoleh inspirasi dan motivasi untuk melanjutkan studinya ke beberapa negara terkemuka seperti Inggris, Mesir dan Amerika Serikat. Laskar Pelangi juga tak jauh berbeda, mengkisahkan tentang perjuangan anak pulau Belitong hingga bisa menempuh studi di Perancis. Sedangkan Ayat-ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih, bertutur tentang perjuangan mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi di Mesir.

Perjuangan para mahasiswa yang penuh gairah dan haus akan pengalaman yang ditokohkan dalam novel-novel itu, saya yakin tidak hanya membuat saya iri, tapi juga hampir semua pembaca setuju dengan pendapat ini. Banyak orang yang kemudian punya mimpi seperti Ikal, tokoh dalam Laskar Pelangi, menggapai ilmu hingga mengelilingi benua Eropa, pusat peradaban manusia modern.

Perjuangan Tak Pernah Indah

Taukah Anda, Ikal yang sebenarnya tak semulus di cerita novel, bahkan mungkin lebih buruk dari yang pernah kita bayangkan. Betapa sulitnya menggapai sebuah cita-cita, berbagai hambatan dengan ringan akan menantang di depan, entah itu hambatan biaya, waktu, usia, kultur, bahkan hambatan kemampuan otak. Tak kalah, persoalan fisik juga terkadang menjadi hambatan dalam melanjutkan studi, perbedaan geografis menyebabkan perbedaan iklim, terkadang dingin hingga membuat beku uap air, dan bahkan di lain waktu cuaca menjadi panas bak berada di gurun pasir.

Setengah tahun menjalani kehidupan menjadi mahasiswa lagi yang memang sudah menjadi niat yang telah mengkristal jauh-jauh hari, membuat saya kembali kelimpungan mengatasi berbagai hambatan yang terus-terusan tak pernah berhenti menerjang. Terkadang letih, lelah dengan jalan ini, tapi keinginan besar untuk memuliakan hidup di masa mendatang tidak pernah bisa dikalahkan oleh rintangan yang menghadang. Semoga saya bisa melalui semua ini, dan meraih hasil dengan indah, amien.

14 Balasan ke Mudahnya Terinspirasi, Sulitnya Menjalani

  1. lia mengatakan:

    Amien, Allah will always be with you,
    kamu pasti bisa,semangat!! demi masa depan🙂

  2. Intan Laksmi Indira mengatakan:

    udah baca Ranah 3 Warna belum?

  3. argya mengatakan:

    amin mas ery, bawa terus nama Indonesia di luar. Ubah persepsi orang luar akan indonesian ^^

  4. Rifka Aisyah mengatakan:

    betul2 kisah inspiratif, terutama buku tetralogi laskar pelangi.. sudah baca padang bulan mas? di situ kisah enong yang gemar belajar bahasa inggris lebih inspiratif lagi

  5. Necky mengatakan:

    mas erry….insya ALlah anda pasti bisa menjalaninya dengan sukses….mudah2an anda senantiasa diberikan kemudahan dalam study-nya

  6. Marchei Riendra mengatakan:

    Saya juga suka baca buku yang inspiratif dan penuh mimpi seperti ini. Sampai sekarang jadinya saya berani punya mimpi untuk melanjutkan kuliah pasca sarjana ke luar negeri. Semoga mimpi ini bisa jadi kenyataan. tidak hanya cerita di novel2 saja. yang pasti butuh usaha dan doa. hehehe ^^

  7. tycka mengatakan:

    semoga sukses mas, yakin deh mas ery bisa🙂

  8. rani mengatakan:

    bikin buku kisah mahasiswa di Kyoto juga🙂

  9. isma mengatakan:

    betul sy setuju itu,,,,lbih memotivasi dri sdri dulu utk melakukan suatu progress,,,,sukses mas ery,,,,klo pemuda2x di Indonesia sperti ini 1% sj,,,,alangkah indahnya negeri ini..:)))

  10. inana mengatakan:

    no pain no gain ry, semangat ya🙂

  11. qnoi mengatakan:

    Hahahaha… ternyata gak gw doaaangg! Ayo Ery, baru 6 bulan, masih panjang perjalanannn.. Gambaro!

    Eh, tapi gw jadi sadar betapa rapuhnya mental gw terhadap perjuangan menempuh pendidikan tinggi ini. Gw sangat terkagum2 dengan mental orang Jepang yang tetap teguh penuh semangat ngejalanin skolah. Dan betapa mereka sangat pekerja keras!

  12. romi advant mengatakan:

    semangat mas!! saya semakin kagum

  13. faceleakz mengatakan:

    layu sebelum berkembang, itu aku bangetz…

  14. m-amin mengatakan:

    Wah,perlu disyukuri tu Mas…mahal lho inspirasi itu…zaman sekarang banyak yang cari inspirasi meskupun dengan harga tinggi….dapat jadi peluang bisnis kali, he,he,he….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: