Kenapa Memilih Kyoto University?

Beberapa waktu lalu, ketika saya mampir ke Bandung untuk melakukan riset, beberapa asisten saya yang kebetulan juga mahasiswa di salah satu kampus top di sana bertanya, kenapa saya memilih kuliah di Kyoto University? Kenapa tidak ke Tokyo Institute of Technology (Titech)? kan kampus itu lebih terkenal di Indonesia. Memang benar, reputasi Titech di Indonesia, khususnya di kalangan mahasiswa teknik sangat terkenal. Salah satu kampus lagi di Jepang yang terkenal di kalangan para pencinta komik adalah Todai (The University of Tokyo), nama kampus ini dipastikan hampir selalu muncul di komik-komik anak SMA. Todai memang kampus paling top di Jepang, hampir mayoritas siswa SMA mendambakan untuk bisa masuk jadi mahasiswa Todai. Lalu kenapa saya memilih Kyoto University?

Sejarah Kyoto University

Didirikan pada tahun 1897, Kyoto University (Kyodai) merupakan kampus publik kedua di Jepang setelah The University of Tokyo atau Todai. Pada awalnya, Kyodai adalah sekolah teknik menengah ilmu Kimia dan Fisika. Kemudian diubah menjadi universitas dengan nama asli Kyoto Imperial University karena didirikan oleh kekaisaran Jepang. Pada awal mula pendirian universitas hanya terdiri dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (College of Science), dan Fakultas Teknik (College of Engineering).

Kemudian dalam waktu sepuluh tahun dari pendiriannya, telah berhasil didirikan Fakultas Hukum, Kedokteran, dan Sastra. Pada 1919 Fakultas Ekonomi didirikan, dan pada 1923 Fakultas Pertanian juga didirikan. Fakultas terakhir yg didirikan di Kyodai adalah Fakultas Pendidikan, yakni pada tahun 1949 pasca kekalahan Jepang pada perang dunia kedua.

University Achievements

Kyodai merupakan kampus terfavorit kedua di Jepang setelah Todai dalam berbagai bidang baik social, kedokteran, science dan teknik. Sebagai salah satu kampus top di Jepang, Kyodai mempunyai keunikan dalam kultur akademiknya dengan mengusung semangat kebebasan akademik (Self-reliance and self-respect). Dengan semangat ini, maka para pembelajar di Kyoto University telah menunjukkan pencapaian yang luar biasa; Penerima Nobel pertama Jepang, Hideki Yukawa (Nobel Fisika) adalah Professor di Kyodai, dan hingga kini telah tercatat ada 7 penerima Nobel alumni dari Kyodai, ini menjadikan Kyodai sebagai kampus penghasil Nobel terbanyak se-Jepang dan Asia.

Selain Nobel, Kyodai juga telah menghasilkan 2 orang peraih Fields Medals, yakni penghargaan setara Nobel dalam bidang Matematika. Selain itu, beberapa penghargaan ilmiah top dunia lainnya telah diterima oleh alumni Kyodai sebagai jalan menuju ke penghargaan paling prestisius di dunia, yakni Nobel.

University Facts

Perjalanan sejarah Kyodai selama 114 tahun telah menorehkan pengakuan dari dunia. Baik ranking dari QS Top University maupun dari Times Higher Education World University Ranking, menempatkan Kyodai sebagai salah satu universitas top dunia. Hal ini menarik berbagai mahasiswa maupun peneliti asing untuk berdatangan ke Kyodai.

International student di Kyodai

International researcher di Kyodai

Selain itu, Kyodai saat ini tengah giat mempromosikan iklim penelitian kelas dunia dengan didirikannya beberapa pusat penelitian dunia yang diisi oleh para peneliti terbaik dari berbagai negara dengan dukungan perlengkapan dan dana riset yang besar. Diantaranya adalah World Premier International Research Center (WPI): Institute for Integrated Cell-Material Sciences (iCeMS), dan beberapa Global Center of Excellent (GCoE), dari sinilah berbagai penelitian kelas dunia akan terus dihasilkan oleh Kyodai dalam menjawab berbagai tantangan global.

126 Balasan ke Kenapa Memilih Kyoto University?

  1. Irfan Handi mengatakan:

    Hebat. Semoga Indonesia memiliki Universitas seperti ini dimasa yang akan datang. Salam kenal pak.

  2. lia mengatakan:

    Todai…Kyodai…apa daya tangan tak sampai🙂

  3. iiNgreeN mengatakan:

    OTT.. Gambar simbol kampusnya kok rada mirip pohon beringin ya.. hi.🙂 Tapi hebat juga, banyak mengahsilkan peraih Nobel. Mungkin peraih yang ke 8nya mahasiswa dari Indonesia kali ya..”

  4. Ery Wijaya mengatakan:

    @iiNgreeN: memang benar simbolnya pohon beringin kok hehehe…

  5. kyoto mengatakan:

    semoga saya bisa kuliah disana.. Aamiiin ^^

  6. Evan mengatakan:

    saya harus bisa ke sana

  7. lian mengatakan:

    just admit it… you dont choose it, but they choose you…
    try to be honest mate, its your luck to be in your position now.

  8. erywijaya mengatakan:

    @Lian: hehehe koreksi sedikit ya…gimana bisa dipilih klo kita gak lebih dulu milih untuk daftar? logis kan?hehehe…saya memilih untuk mendaftar, lalu mereka yg memutuskan apakah saya terpilih ato enggak. Lucky? yup..it’s a lucky..kalau lebih tepatnya dalam agama saya adalah hasil tawakal (berserah diri pada Allah setelah berusaha dan berdoa)

  9. nfires mengatakan:

    Assalamualaikum.
    Halo mas Ery.. Sekedar kunjungan blog n sekalian mau tanya2.😀

    Saya juga tertarik untuk melanjutkan studi ke jepang. Untuk beasiswa Monbukagakusho Research Program (bukan U to U), apakah tes tertulisnya hanya tes bhs inggris/jepang saja? Dan kira2 peserta seleksi pada penyeleksian beasiswa research program yang terakhir jumlahnya berapa? Terus, saya bingung. Untuk penerimaan beasiswa, apakh si calon penerima beasiswa hrus mndapat LOA dari univ. dulu agar mndapat beasiswa? Soalnya kan gak lucu kalo sdah lulus tes beasiswa, tpi ternyata tdak ada univ. yg mau menerima?

    Mohon pencerahannya mas. Sory klo prtanyaannya trlalu bnyak.Terimakasih..

  10. erywijaya mengatakan:

    @Mas Andikasatya:
    Waalaikumsalam,

    Terima kasih atas kunjungannya🙂

    Untuk Monbukagakusho G to G, ada tes pengetahuan umum dan tes bahasa Inggris dan Jepang (yg jepang hanya tambahan saja). Jumlah peserta yg lolos tergantung hasil seleksi di kedutaan Jepang. Proses awalnya adalah seleksi administrasi, yg lolos akan dipanggil untuk tes tertulis, dan yg terseleksi akan dipanggil tes wawancara, lalu bagi yg lolos wawancara akan diberikan surat dari kedutaan bahwa yg bersangkutan telah lolos tahap akhir, dan diberikan kesempatan selama 2 bulan untuk mencari LoA dari universitas. Surat dari kedutaan itu juga dipergunakan untuk mencari LoA. Bila gagal mendapatkan LoA/pernyataan diterima oleh univ. maka dipastikan tidak akan memperoleh beasiswa.

    Setelah dapat LoA, maka kemudian akan diseleksi lagi untuk keputusan final penerima beasiswa. Tidak semua peserta akan diterima.

    Kira2 begitu mas, semoga membantu😉

    Salam,

    Ery

  11. nfires mengatakan:

    Hmm.. Ketat juga ya…

    Sebenarnya saat ini saya masih di tingkat S1 di sebuah universitas swasta. Kira2 persyaratan utk IPK minimal 3.0 itu berpengaruh apa nggak ya, antara PTN atau Swasta? Apa mungkin standar minimal IPK untuk univ swasta lebih tinggi?

    Slain itu, kelas yang saya ikuti pun adalah kelas malam (Reguler malam), karena saya harus berangkat ke kantor dari pagi sampe sore. Kira2 “kelas malam” itu ada pengaruhnya apa nggak ya mas?

    Terimakasih.

  12. erywijaya mengatakan:

    Iya minimal IPK 3 dan menurut saya tidak ada pengaruhnya negeri atau swasta, tergantung kompetensi diri saja. Good luck mas! berusaha dan berdoa🙂

  13. nfires mengatakan:

    OK.. Good luck juga buat smpean mas… Makasih banyak infonya…😀

  14. i-pan mengatakan:

    Saya juga punya impian untuk meraih beasiswa S2 Monbukagakusho. Ntar mau milih Kyodai jurusan Matematika. Mohon doanya🙂

  15. royssche mengatakan:

    Do`akan saya…. bisa diterima di sana🙂 … Kyodai pilihan utama saya

  16. Indra mengatakan:

    Semoga sukses Pak🙂
    Doakan kami yang ingin bersekolah dan melakukan penelitian di sana agar tercapai🙂

  17. Anindita mengatakan:

    Saya juga punya impian bisa melanjutkan kuliah di Kyodai. Tapi saya masih SMA dan saya berencana ingin mendapat beasiswa Monbukagakusho untuk S1. Kira-kira kalau S1 jika sudah diterima mendapat beasiswa apakah harus mencari LoA juga mas? mohon dijawab. Terimakasih🙂

  18. erywijaya mengatakan:

    @ Untuk semuanya: amien semoga bisa lekas menyusul
    @ Anindita: jawabannya sudah saya kirim via email ya, plus ada info beasiswa S1 terbaru🙂 silahkan di cek emailnya

  19. indianajods mengatakan:

    Mas Ery, kalo gak salah lambang Kyoto Univ tu pohon Champor (Cinnamomum camphora) sejenis kayu manis, bukan beringin (Ficus benjamina).. kalo kata seorang sensei yg saya kenal😀

    wah, mau dong sekolah d jepang.. kalo ad info beasiswa buat bidang ecology boleh dong diagi inofnya😀

    btw, bulan depan insya Allah saya mo k Kyoto, sedang musim apa ya kira-kira?

  20. Hadiani mengatakan:

    waaahhh pengen kuliah S2 dsana,,,
    boleh minta info beasiswa S2 kesana g mas Ery?

  21. erywijaya mengatakan:

    Halo hadiani, silahkan buka info beasiswa dikedutaan jepang di jakarta. Kelihatannya bulan april-mei ada pembukaan beasiswa monbukagakusho

  22. ana nuranita mengatakan:

    saya sangat ingin sekali meneruskan s2 di jepang..saat ini sya sedang menempul pndidikan s1 bid teknik sipil,,kira2 untuk teknik sipil, pilihan kyodai ini cocok atau tidak mas?,,mohon masukannya mas erywijaya..terimakasih..

  23. erywijaya mengatakan:

    Hi Ana, ya jurusan teknik sipil di Kyoto University salah satu yg terbaik di jepang dan menyediakan program berbahasa Inggris dari S1 sampai S3. Saya rekomendasikan untuk mendaftar di sana🙂

  24. MAYADI mengatakan:

    maaf mas, saya bru duduk di kelas 3 smk dan saya mau cari beasiswa ke jepang sekarang tolong informasinya dan informasi falkultas teknik yang bagus yang mana di jepang terima kasih.

  25. Hendri Viarta mengatakan:

    Assalamu’alaikum mas Ery, perkenalkan saya Hendri, rencana Insya Allah 22 – 27 Agustus 2012 ini saya & keluarga akan ke Jepang dan ingin sekali mengunjungi Kyoto University (Kyodai), bolehkan membantu lebih lanjut bisa lihat-2 kampusnya, Insya Allah anak kami nanti bisa dapat beasiswa di sana, obsesinya kedokteran walaupun sekarang baru selesai SMP, terima kasih, Wassalam

  26. Dwi mengatakan:

    Assalamu’alaikum mas Ery

    salam kenal, mudah2n sehat n sll semangat..
    saya lulusan S1 bid pendidikan n sangat berharap bisa mlanjutkan S2 bid pendidikan di Jepang, apakah mas Ery tahu jurusan apa saja pada bid pendidikan di kyodai? mas Ery punya kontak profesor di bid ini? atau punya link yg sekiranya bisa membantu mendapatkan banyak informasi mengenai bid pendidikan di kyodai?
    mohon bantuan n informasi dari mas Ery

  27. erywijaya mengatakan:

    @Pak Hendri Viarta: Waalaikumsalam, terima kasih sudah mampir ke blog saya Pak, insya Allah tanggal segitu saya di Jepang. Tentu dengan senang hati saya bisa menemani kunjungannya ke Kyodai. Akan saya kontak by email ke alamat Bapak langsung.
    @Dwi: Waalaikumsalam, mbak Dwi, sayangnya saya tidak punya informasi banyak soal bidang pendidikan di Kyodai, karna tidak ada orang Indonesia saat ini yg mengambil bidang itu. Silahkan dilihat langsung di link websitenya ya http://www.educ.kyoto-u.ac.jp/en/index.html

  28. Hendri Viarta mengatakan:

    Terima kasih banyak atas perhatiannya mas, Insya Allah kita bisa bertemu dan pasti kami sekeluarga sangat senang, Arigatou gojaimasta

  29. Dwi mengatakan:

    terima kasih mas Ery atas informasinya
    mudah2n saja saya orang indonesia yang pertama bisa kuliah di Jepang (kyodai) ambil jurusan pendidikan.. Amin🙂
    semangat selalu u/berbagi informasi n pengalaman mas Ery, smoga menjadi berkah
    wassalam

  30. Assalamualaikum,,
    saya seorang mahasiswi S1 teknik informatika dan komputer yang berkeinginan menyambung S2 di jepang. saya tertarik dengan dunia robot humanoid,, mohon bantuannya universitas mana yang paling bagus di bidang teknologi robotika..?
    trims..

  31. erywijaya mengatakan:

    Mungkin ke Osaka University, Kyoto Univ juga bagus, atau ke Tokyo Univ. Good luck ya🙂

  32. fera mengatakan:

    assalamualaikum, perkenalkan saya fera. saya ingin sekali melanjutkan s2 agronomi di jepang. tapi saya masih ragu, apakah kyoto univ. lebih bagus dari pada tokyo univ.? dan apakah ada mhsiswa s2 agronomi asal indonesia? tlng dibalas,:)
    trims..

  33. erywijaya mengatakan:

    @Fera: waalaikumsalam. Kyoto Univ dan Tokyo Univ, secara tradisional adalah dua kampus yg saling bersaing di Jepang selama 100 tahun lebih. Kyoto Univ melahirkan lbh byk ilmuwan peraih Nobel, tp Tokyo Univ melahirkan banyak perdana mentri dan politisi Jepang. Di Kyoto Univ ada banyak mahasiswa Indonesia yg belajar di Graduate School of Agriculture, tp sepertinya tdk ada yg mengambil Agronomi.

  34. fera mengatakan:

    saya pernah mendengar kalau belajar bahasa jepang untuk persiapan belajar di jepang kurang efektif (untuk jenjang s2), karena nantinya orang jepang yg komunikasi dengan kita tidak akan mengerti. apa hal ini sering terjadi?
    dan teman saya menyarankan untuk tidak perlu repot2 belajar bahasa jepang, toh nantinya akan terbiasa bahkan menguasai bahasa jepang setelah beberapa lama tinggal di jepang. dia mendapat info ini setelah mengikuti seminar beasiswa luar negeri di universitas.

  35. erywijaya mengatakan:

    @fera: kebanyakan sekarang mahasiswa internasional malah g bisa berbahasa jepang hehhe..termasuk diriku. Disini ada banyak program internasional kok dalam bahasa inggris. Kalau mau belajar bahasa Jepang, mulai dr Indonesia lbh bagus malahan dari pada yg blm pernah blajar sma sekali, g ada salahnya. Nanti di jepag diperlancar lagi.

  36. maryati mengatakan:

    Mas,mmm…..universitas apa di jepang yg ada jurusan pariwisata dan perjalanan? Trims🙂

  37. erywijaya mengatakan:

    @Mbak Maryati, maaf saya kurang tau tentang program itu. Tapi silahkan di search di link ini http://www.g-studyinjapan.jasso.go.jp/univ_search/ Semoga membantu🙂

  38. Wahyudien mengatakan:

    assalamu’alaikum, alhamdulillah menemukan blog yg sangat bagus.
    mas ery, apakah selama ini kyodai sudah meyelenggarakan program student exchange dengan perguruan tinggi di Indonesia? kemudian, saya sekarang masih belajar S1 Food Technology di UGM, kalau nanti ambil S2nya di Food Science and Biotechnology di Kyodai kira-kira bagus tidak mas?
    mohon penjelasannya🙂

  39. erywijaya mengatakan:

    Waalaikumsalam, iya setahu saya menyelenggarakan student exchange, silahkan lihat di link berikut http://www.kyoto-u.ac.jp/en/education/international/admissions/program/tanki.htm

    Saya kira hampir semua program studi di Kyoto University adalah salah satu yang terbaik di Jepang. Silahkan browsing2 lagi untuk informasi lebih detailnya.

  40. Assalamualaikum, wr. wb
    kang, saya nengsri dr jurusan agroteknologi. saya mau tanya kalo di Graduate School of Agriculture itu ada jurusan apa saja?? saya berminat k jurusan hama penyakit tanaman, setelah saya cari di webnya kyoto gak ada, tp sy pernah baca ada lulusn kyoto dg jurusan hama penyakit tanaman. oh ya klo boleh, sy boleh minta alamat email dr alumni ato yg masih kuliah di Graduate School of Agriculture?? makasih sebelumnya^^

  41. erywijaya mengatakan:

    @Sri Melina: Ok, saya japri langsung ke emailnya ya.

  42. novi diah kurianti mengatakan:

    assalamualaikum, wr. wb
    mas ery, saya sangat ingin sekali meneruskan S2 di jepang, mau nyari2 informasi nih mas,, kalo yang program beasiswa untuk teknik sipil ada gak ya mas? kalau ada,, syarat2nya apa saja mas?
    mohon masukannya ya mas.. terimakasih…

  43. erywijaya mengatakan:

    Waalaikumsalam. Kalau untuk S2 Sipil di Kyoto bisa dilihat di sini https://www.s-ge.t.kyoto-u.ac.jp/int/en/information/join/brochures. Untuk beasiswa, mgkin ada keterangannya disitu juga. Atau bisa coba beasiswa Monbukagakusho, Panasonic atau Dikti🙂 Good luck!

  44. ana nuranita mengatakan:

    mas ery: apa kabar mas ery, sudah lama saya ga kunjungi blog mas

    nove diah kurianti : wahhhh akhirnya ada temen juga..saya juga berniat mau meneruskan s2 teknik sipil ke jepang..dan saya menemukan blog ini..salam kenal mba..

  45. Gabriella Punu mengatakan:

    Asskum.. Trima kasih utk info2 d blogx, sgt brmanfaat skali..🙂 Saya ingin mlnjutkn s2 k jepang dlam bidang farmasi.. Kalo ad info beasiswa utk farmasi, mhon masukanx mas.. Trima kasih..😀

  46. erywijaya mengatakan:

    @ Gabriella: waaikumsalam, thanks sudah mampir. Untuk beasiswa ada banyak tawaran, salah satunya beasiswa dari pemerintah Jepang yg dibuka pendaftarannya tiap bulan April-Mei. Silahkan dibuka infonya disini http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs.html

  47. Zal's Mono mengatakan:

    Assalamu’alaikum Mas Ery..
    Perkenalkan nama saya Rizal, saya ada minat untuk melanjutkan study saya ke jenjang S2.
    Saya sekarang sedang menempuh S1 tingkat akhir di Univ. Pendidikan Indonesia Bandung dan mengambil jurusan Pendidikan Teknik Elektro (kalo lulu dapet gelar S.Pd).

    yang mau saya tanyakan adalah, Apakah di kyoto ada progam S2 Teknik Elektro atau Teknik Komputer (murni bukan pendidikan)?

  48. Atika Djufri Mandang mengatakan:

    Berharap bsa lnjutka S-2 d sana

    amiienndddd 🙂

  49. erywijaya mengatakan:

    @Zal Mono: Iya ada S2 teknik elektro non-pendidikan di Kyoto University🙂

  50. alan mengatakan:

    setelah selesai s1 teknik elekto
    bersiap-siap lanjut s2 teknik elektro d kyoto university..
    amiiin

  51. erywijaya mengatakan:

    @Alan: Amin..semoga sukses🙂

  52. Gumilar mengatakan:

    Assalamualaikum mas Ery.
    salam kenal. perkenalkan nama saya gumilar. mau tanya mas, kalau kedokteran hewan yang bagus di jepang dimana y? terimakasih atas tanggapan dan informasinya

  53. Nur Azizah mengatakan:

    asslamualaikum wr wb
    mas ery makasih atas informasinya, sangat menyenangkan. mas, sebenarnya seberapa persen pengaruh tes bahasa jepang untuk meraih beasiswa kesana? karena saya sampai sekarang belum menguasai bahasa jepang dan kata temen saya di jepang jarang ada yang menggunakan kelas internasional murni. saya sendiri rencananya mengambil fisika murni S2 disana. kalau untuk di kyoto sendiri kelas internasional fisika murni ada nggak ya mas? dan oh iya kalau boleh apakah mas ery punya teman yang sedang atau masih menyelesaikan studi sains fisika disana?
    trimakasih🙂

  54. erywijaya mengatakan:

    @Gumilar: Waalaikumsalam, terima kasih sudah berkunjung. Wah saya kurang paham soal kedokteran hewan. Mungkin bisa lihat di Tokyo Agricultural University.

  55. erywijaya mengatakan:

    @Nur Azizah: Waalaikumsalam, terima kasih dah berkunjung dan mengirimkan email. Saya sudah balas emailnya. Silahkan dicek ya.

  56. Nur Azizah mengatakan:

    mas ery, maaf emailnya belum saya terima.kalau boleh, balasan email mas ery tolong send lagi ke email saya yang ini ya azizah_arlam@yahoo.co.id. trimakasih.

  57. erywijaya mengatakan:

    @Nur Azizah: sudah saya kirim dua kali ya. Mohon dicek di spam boxnya juga ya.

  58. mila mengatakan:

    assalamu’alaikum mas saya mila mahasiswa s1 pend. fisika. slh satu impian saya melanjutkan s2 di jpg. sjak prtma kali mengetahui kyodai saya sngat trtarik bhkn smpai memajang foto kyodai d kmar. mnurut dosen dan kakak tingkat saya, untuk lbh mudah mndapatkan beasiswa harus mmpunyai rekomendasi dr univ yg dituju. saya mau nanya apakah mas pnya knalan dosen fisika dsna? atau mhsiswa indo yg sdg mlnjutkn s2 bidang fisika? Terimakasih sblmnya mas

  59. mila mengatakan:

    oia mas saya sudah bljar bahasa jepang msh level menengah. menurut mas, untuk melanjutkan kuliah di jpang lbih baik saya melancarkan bahasa inggris saya atau memperdalam bahasa jepang saya? mohon sarannya mas

  60. erywijaya mengatakan:

    @Mila: Waalaokumsalam, terima kasih sudah berkunjung. Wah sayangnya saya tidak punya kenalan dosen fisika, dan kebetulan sekarang sedang tidak ada mhs Indonesia yg belajar Fisika. Coba saja langsung kontak ke Sensei yg bidangnya kamu minati langsung. Saya kira tidak ada masalah kalau memulai perkenalan dari awal.

  61. erywijaya mengatakan:

    @Mila: Dua2nya bagus untuk dipelajari dan dikembangkan. Tapi untuk pertama kali lebih baik pakai bahasa Inggris saja. Lalu selama di jepang silahkan pergunakan bahasa Jepangnya

  62. chici mengatakan:

    di Univ.Kyoto ada Teknik Informatikanya gak y?

  63. erywijaya mengatakan:

    @Chihi: Iya ada teknik informatikanya. Kalau yg dimaksud Graduate Schoolnya, silahkan klik link ini http://www.i.kyoto-u.ac.jp/en/.

  64. oswald natan mengatakan:

    Bisakah saya dapat info untuk beasiswa ke S3 ke kyoto???

  65. cicin mengatakan:

    hallo mas Ery, salam kenal.
    mas bisa minta tips2nya sampe akhirnya bisa diterima beasiswa MEXT?
    terima kasih🙂

  66. erywijaya mengatakan:

    @Oswarld: Silahkan akses ke website kedutaan Jepang, di sana ada informasi beasiswa ke kampus2 di Jepang, salah satunya Kyoto Univ http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs.html

  67. erywijaya mengatakan:

    @Cincin: haloo mbak, salam kenal juga🙂 silahkan baca2 artikel saya dengan tag: beasiswa, disitu saya ada informasi dan kiat2 daftar beasiswa, good luck🙂

  68. cicin mengatakan:

    oke. terima kasih banyak, mas🙂
    Pengen juga segera mengikuti jejakmu ke negeri sakura🙂

  69. Beni Sulistiono mengatakan:

    Nobel-nya tambah 1 lagi Pak Haji….hehehe (Salam dari CiRA)

  70. erywijaya mengatakan:

    @Beni: Woke om bens..ini tulisan lama jadi blm diupdate hehe

  71. Dea mengatakan:

    Halo Mas Ery, thanks atas postingan2nya yg selalu menarik. Saya sendiri sejak kuliah S1 pengen bgt bisa kuliah di Kyoto University. Sampai2 saya gak terlalu melirik kampus lain ketika mencari tahu ttg kuliah di Jepang. Kebetulan juga course yg saya minati ada di Kyoto Univ dan saya memang suka bgt dgn konsep bebas akademik seperti ini. Saya sudah bbrp bulan ini keep in touch dgn salah seorang profesor di sana namun beliau blm mau memberikan LoA jika saya blm ada kepastian finansial, sdgkan beasiswa yang saya qualified sepertinya hanya Monbusho yg persaingannya sangat ketat. Saya pernah coba ke DIKTI tapi kok sepertinya mereka tidak transparan ya memberi informasinya? Monbusho paling dilihat apa ya Mas? Apa perlu skor TOEFL yg sgt tinggi atau mereka sgt mempertimbangkan research proposal kita? Mungkin Mas Ery ada saran atau masukan bagi saya? Thanks!

  72. erywijaya mengatakan:

    @Dea: Terima kasih sudah berkunjung. LoA hanya bisa diterima jika kita sudah lolos ujian seleksi penerimaan oleh pihak universitas. Hanya Univ/Graduate School yg bisa mengeluarkan, sedangkan Prof. hanya bisa memberikan surat rekomendasi/penerimaan di Labnya, bukan LoA resmi. Kalau untuk Monbusho Embassy recommendation, sepertinya memang harus melewati seleksi administrasi, tes tertulis dan wawancara. Sedangkan Monbusho Univ recommendation, biasanya tergantung dengan rekomendasi dari Prof, dan lowongan yg tersedia untuk Grad. School tersebut. Saya rasa kombinasi antara proposal riset yg menarik n original, nilai TOEFL yg bagus, dan persaingan antar applicant sangat menentukan hasil.

  73. Dea mengatakan:

    Thanks atas responnya. Awalnya saya memang mencoba cari profesor terlebih dahulu dengan harapan beliau mau merekomendasikan saya ke MEXT (jalur Monbusho U to U). Tapi kok beliau seperti tdk ada arah pembicaraan ke sana ya. Karena pd saat pendaftaran program master tsb dibuka, beliau meminta agar saya jgn apply dulu kalau belum ada beasiswanya. Apakah ini berarti dlm program master tsb tdk ada jatah beasiswa MEXT?

  74. erywijaya mengatakan:

    @Dea: Bisa jadi memang tidak ada jatah untuk Monbusho U to U, atau Prof yg bersangkutan tidak mengetahui informasi tentang ini. Umumnya di Kyodai kalau ada lowongan untuk beasiswa MEXT akan diumumkan secara terbuka. Klo pengen tanya2 lebih detail boleh kirim email ke saya erywijaya@gmail.com

  75. yuli mengatakan:

    mohon info beasiswa untuk masuk ke kampus tsb

  76. saya masih kls 2 SMK, dan ingin melanjutkan study jurusan yg berkaitan dgn boga dijepang.. kira2 di universitas mana yaah yg ada jurusan boga-_-??
    lalu apa bisa lulusan SMK mengikuti program beasiswa *arigatou ^^

  77. erywijaya mengatakan:

    Ada kok beasiswa untuk belajar di Jepang dari lulusan SMA/SMK. Silahkan lihat info lebih lanjutnya di http://www.jasso.go.jp/study_j/sgtj_ind.html

  78. rere mengatakan:

    mau tanya kalau fakultas science di kyoto jurusan yang ada apa saja kak?? mohon infonya. terima kasih

  79. erywijaya mengatakan:

    @rere: fakultas science terdiri dari jurusan matematika, fisika dan astronomi, biologi, kimia, dan ilmu kebumian. Bisa ditengok infonya di link ini http://www.sci.kyoto-u.ac.jp/modules/tinycontent11/

  80. rere mengatakan:

    satu lagi kak, saya pengen tanya. kalau misalnya saya S1 nya kependidikan terus kalau S2 nya saya ambil non-kependidikan bisa tidak ya kak? tapi masih dalam lingkup science. apa saya masih harus graduate diploma dulu? makasih ya kak sebelumnya…

  81. rezky mengatakan:

    trims mas sudah buat postingan ini ^_^ menginspirasi… kita bisa lanjut belajar ke kyoto lewat jalur apa saja ya mas?

  82. mas,mohon informasinya….
    saya ingin kulia dijapan atau di kyoto universitas,gimana cara nya bisa kulia disana? dan apakah bisa bekas training pemagangan dijapan kulia dijapan lagi???
    mohon informasi nya mas…

  83. erywijaya mengatakan:

    @Luhut: Silahkan cek ke website kedutaan Jepang berikut untuk informasi pendaftaran kuliah di Jepang (http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs.html) Good luck🙂

  84. erywijaya mengatakan:

    @Rezky: Bisa lewat jalur beasiswa yg disediakan oleh pemerintah jepang (http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs.html) dan bisa juga lewat jalur beasiswa oleh pemerintah Indonesia (DIKTI)

  85. erywijaya mengatakan:

    Boleh kok, langsung dari S1 kependidikan lanjut ke S2 non-kependidikan. Tidak ada masalah🙂

  86. kartika mengatakan:

    assalamu’alaikum mas.
    salam kenal, nama saya kartika
    saya ingin melanjutkan study S2 sya di jepang.
    ambil jurusan pangan/ bioteknologi pangan.
    yg bgus di univ mna ya?
    mohin bantuannya dan terima kasih

  87. erywijaya mengatakan:

    Waalaikumsalam, hemm sayang kurang mengerti kampus mana yg terbaik di jepang dalam bidang pangan. Kyoto Univ. sendiri juga memiliki jurusan dalam bidang pangan. Silahkan lihat lebih detail di website ini: http://www.food.kais.kyoto-u.ac.jp/e/index.php

  88. Faruq mengatakan:

    ka mw tanya..
    saya jurusan teknik elektro tingkat 6 s1..
    kira – kira di kyoto univ. ada jurusan apa saja untuk research student / s2..
    mohon jawabannya

  89. Fadhilatul Laila mengatakan:

    Terimakasih infonya pak…
    semoga saya bisa kuliah di kyoto university, amiinn…

  90. erywijaya mengatakan:

    @Faruq: semua program studi yg ada di Kyoto Univ menyelenggarakan program research student. Untuk informasi prodi selengkapnya bisa diakses di http://www.kyoto-u.ac.jp/en

  91. syareefaelva mengatakan:

    Assalamualaikum

    mas ery salam kenal–kayaknya dulu kita belom kenal deh-,
    saya elva ft04, di almamater yg sama di jogja itu.
    mo nanya agak ngaco nih,,bener ga sih klo kita punya experience kerja di perusahaan jepang trus akan lebih mudah/dimudahkan pas apply beasiswa MEXT? maap ya terdengar konyol, cuman kolega sy di kantor bilang temennya berhasil dgn cara itu. Wallaahu’alam deh.

    trus kalo Kyodai khususnya nih, apakah jurusan (terutama master & postgraduate) akan diselenggarakan terus setiap tahunnya, mengingat kan itu udah spesifik yah ilmunya?
    soalnya bisa jadi rencana apply masih 1-2 taun lagi..

    terimakasih

    salam

  92. erywijaya mengatakan:

    @Elva: Waalaikumsalam, Halo apa kabar? Hehehe sebenarnya gak ada hubungan antara pernah kerja di perusahaan Jepang/enggak dengan beasiswa Monbukagakusho. Semua tergantung dengan aplikasi kita saja. Untuk di Kyodai, hampir semua program yang ditawarkan dibuka pendaftaran 2 kali dalam setahun (April dan Oktober). Kemungkinan besar semua program yang ditawarkan akan diselenggarakan terus tiap tahun, kemungkinan yang berubah hanya kurikulum dan bidang risetnya saja. Karna postgraduate di sini lebih menekankan pada riset dari pada kuliah di kelas.

  93. imran hasanuddin mengatakan:

    assalamu alaikum..

    mau nanya nih.., kalo di jepang untuk s2 jurusan matematika bagusnya apa? sekalian sm jurusan matematika keuangan kalo ada gtu..hehe..

    slm kenal

  94. erywijaya mengatakan:

    @Imran: Waaialikumsalam, menurut beberapa lembaga perankingan (THE, atau QS), universitas untuk ilmu science terbaik di Jepang ada di University of Tokyo dan Kyoto University

  95. Variska nur rahmah mengatakan:

    , ,ak harus bisa,,ak akn giat bljr ,,biar bisa kuliah di sana
    ,
    amin

  96. rasyid mengatakan:

    Assalamualaikum mas, sy jg dah lama pengen ke kyoto, kalo sy baca2 harus ada rekomendasi dari prof di sana, beberapa profesor di sana sy krmkan beberapa bahan penelitian atau sejenisnya, tapi tidak ada respon, gmana sistemnya untuk mendapatkan rekomendasi dari profesor sana, apakah pak erywijaya bisa merekomendasikan siapa yang bisa dihubungi, sy informatics ? syukur2 direkomendasikan, hehehhee, maunya…

  97. erywijaya mengatakan:

    @Rasyid: Waalaikumsalam. Untuk mendapatkan rekomendasi, kita butuh berkenalan terlebih dahulu dengan Professor tersebut, tidak bisa buru2 meminta surat rekomendasi langsung. Ada baiknya setiap pertama kali mengirimkan email dimulai dengan perkenalan, dan nyatakan keinginan Anda untuk menjadi mahasiswanya, lampirkan juga CV atau Research Plan sebagai bukti keseriusan Anda. Kalau Professor tersebut cocok dengan profile dan rencana riset Anda, maka beliau akan membuatkan surat rekomendasi.

  98. Tiwie MZN mengatakan:

    Assalamualaikum pak,
    saya mau tanya, apa sistim penerimaan masiswa di kyoto university untuk lulusan sma itu mirip2 dengan di indonesia tidak ya? spt ada tes akademik, tes bakat skolastik, dsb

    apakah bisa lulusan sma yang ingin sekolah di kyodai mengkontak prof dengan fakultas yang diminati untuk mendapatkan surat rekomendasi dan agar bisa mendapatkan beasiswa pendidikan?

  99. erywijaya mengatakan:

    @Tiwie MZN. Di Kyoto University pada umumnya untuk S1 merupakan program berbahasa Jepang, proses seleksinya juga seperti di Indonesia, yakni lewat ujian akademik nasional bersama (SPMBnya Jepang-red). Sedangkan untuk program internasional, bisa dilihat informasinya di sini http://www.opir.kyoto-u.ac.jp/kuprofile/undergraduate/global-engineering/

  100. yubi mengatakan:

    assalamualaikum,
    mas eri, saya sekarang masih nempuh s1 jurusan fisika murni , klo di kyodai di s2 nya jurusan apa yang cocok buat saya nantinya mas?
    saya tertarik ke rekayasa alat elektronik dan biofisika

  101. erywijaya mengatakan:

    @Yubi: Waalaikumsalam, Halo Yubi. Untuk Fisika murni bisa melanjutkan S2 ke Graduate School of Science di Kyodai. Silahkan dilihat spesifikasi programnya di sini http://www.sci.kyoto-u.ac.jp/modules/tinycontent11/index.php?id=3. Good luck!

  102. Wahyuniidris mengatakan:

    Assalamualaikum .mas mw nanya:aq kan lulusan S1 farmasi,kira-kira kalo di kyodai jurusan aq ngambil jurusan apa?

  103. erywijaya mengatakan:

    @wahyuniidris: Kalau farmasi ya lanjut aja ke Graduate School of Pharmacy di kyodai ada

  104. Dymas mengatakan:

    mau nanya nih.. bahasa yang dipakai untuk mengajar sama dosen dosennya bahasa inggris atau jepang, ya?

  105. erywijaya mengatakan:

    @Dymas: pakai bahasa Inggris

  106. ariya mengatakan:

    Assalamualaikum. . Saya mau nanya. Saya ada rencana utk melanjutkan s2 di jepang dgn beasiswa monbugakusho. Menurut anda, universitas apa yg paling bagus utk s2 pend. Matematika di jepang? kira2 tes masuknya seperti apa? Apakah tes umum seperti tes bahasa inggris atau matematika?

  107. erywijaya mengatakan:

    @Dymas: kalau kelas internasional pakai bahasa inggris

  108. sifraintan mengatakan:

    di Kyodai ada jurusan yg ngambilnya ilmu komputer/IT nggk? Mohon penjelasannya…

  109. erywijaya mengatakan:

    Ada mbak Intan, silahkan dicek di website kyodai, ada graduates school of informatics

  110. giannux mengatakan:

    mas Ery, ujian masuk program master degree-nya seperti apa ya? saya gugling gak dapat-dapat.🙂

  111. erywijaya mengatakan:

    @Giannux: ujiannya beda-beda untuk setiap graduate school…ada yang hanya ujian lisan proposal penelitian, ada yang ujian tertulis materi seperti matematika dasar dan bahasa Inggris.

  112. Mitaika mengatakan:

    mas saya ingin sekali bisa melanjutkan S2 di jepang setahu saya univ. kyoto tuh terkenal sama bidang pendidikan juga tapi boleh bertanya gak mas?hehe di univ. kyoto tepatnya di fakult pendidikannya ada berapa banyak prodi mas? terima kasih mohon bantuannya…

  113. nur ul mengatakan:

    Kalo s1nya pendidikan fisika, ngambil s2 fisika murni kira-kira bisa gk y ms

  114. erywijaya mengatakan:

    @Nur ul: tentu bisa saja, tapi kan jadi tidak linear pendidikannya

  115. DIAH mengatakan:

    di jepang niversitas mana yang menyediakan jurusan pendidikan ya gan??? saya S1 Pendidikan Bahasa Inggris tp pengen banget kuliah di jepang. mohon infonya gan. trima kasih😀

  116. dian mengatakan:

    assalamualaikum? kalau beasiswa mongbukagakusho ada yg jurusan astronomi S1 gk ya?

  117. erywijaya mengatakan:

    Ada banyak sekali universitas di Jepang yg menyelenggarakan prodi pendidikan. Silahkan lihat di websitenya JASSO

  118. erywijaya mengatakan:

    @Dian: Waalaikumsalam, tentu semua prodi yg ada di jepang kecuali kedokteran boleh dimasuki mahasiswa asing melalui beasiswa monbukagakusho

  119. novia mengatakan:

    Sy harap sy bisa kuliah disna .krna itu adalah cita” sya.Amin

  120. Doni Oktarizon mengatakan:

    Assalamu’alaikum. Mas mas ganggu. Sy sangat tertarik melanjutkan kuliah S2 saya. kalau bisa sih, ini cita2 saya. beasiswa s2 di Jepang. yang jadi permasalahan. saya bingung cara mendapatkan LoA, registernya gimana? haruskah saya test langsung ke jepang atau bisa lewat internet atau di kedubes jepang di Indonesia? mohon dijelaskan mas… mohon pencerahan tentang semuanya. cz sy tertarik banget melanjutkan kuliah ke Jepang.

  121. erywijaya mengatakan:

    @Mas Doni: waalaikumsalam, terima kasih sudah mampir ke blog saya. Untuk mendapatkan LoA bisa menghubungi graduate school yg ingin dituju. Metode tesnya untuk mahasswa asing biasanya via email atau skype.

  122. qori mengatakan:

    Assalamu’alaykum kak, nanya sy lulusan pendidikan matematika apa bs ambil s2 matematika di kyodai monbusho G to G ???
    bs bls ke email sy kak , supaya sy bs nanya” ?

  123. erywijaya mengatakan:

    @Qori: iya bisa daftar ke monbukagakusho G to G

  124. franjaya mengatakan:

    Aslmlkm mas ery, punten mau bertanya. Bagi yang pernah mengambil S2 di dalam negeri, apakah tdk menutup kemungkinan untuk diterima di kyodai jika ingin melanjutkan pada jenjang yang sama (S2)? Kemudian pertanyaan kedua saya, gelar akademik S2 pada Graduate School of Global Environmental Studies apa ya mas? Terutama pada program Regional Planning.
    Utk saat ini ckp itu dahulu mas, dn jika tidak berkeberatan, sy ingin bertanya lebih lanjut dgn mas via e-mail.
    Trima kasih.

  125. erywijaya mengatakan:

    @franjaya: waalaikumsalam, salam kenal mas. Thanks sudah mampir di blog saya. Sebenarnya tidak ada masalah kalau ingin mengulang studi di jenjang yang sama. Ada beberapa professor yg mgkin atau bahkan merekomendasikan melakukan hal tersebut. Biasanya dikarenakan kurang linearnya antara bidang S2 yg sudah diambil dg yg akan dijalani. Tapi ada jg yg karena alasan yg lainnya. Bagi saya, untuk efisiensi waktu, dari pada mengulang S2 (jika s2 sblmnya sdh linear), lbh baik melanjutka studi S3 saja. Untuk gelar S2 di GSGES, sepertinya adalah M.Sc. Silahkan kalau ingin berdiskusi lbh lanjut ke email saya: erywijaya@gmail.com

  126. Henry Wirawan mengatakan:

    Saya mau nanya kak, apa saja langkah-langkah agar bisa kuliah s1 teknik di Jepang?
    Saya baru lulus SMA tahun ajaran ini dan saya sudah diterima sebagai mahasiswa baru di Universitas Jenderal Soedirman Jurusan Teknik Elektro. (belum mulai semester 1)
    Apakah saya masih bisa mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Jepang?
    Mohon bantuannya, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

