Festival Lampion di Fushimi Inari Shrine

Sabtu dan Minggu (23 dan 24 Juli 2011) kemarin adalah peringatan 1300 tahun berdirinya Fushimi Inari Shrine, atau Kuil Inari di Kyoto. Kuil ini sangat terkenal bagi para wisatawan, dikarenakan memiliki keunikan tersendiri, yakni ada ratusan Torii atau tanda pintu gerbang kuil. Torii yang berwarna orange ini terlihat sangat mencolok dan indah. Kuil ini adalah pusat dari semua jenis kuil Inari yang berada di Jepang, yang jumlahnya berkisar 30,000 buah. Kuil Inari adalah kuil yang memuliakan dewa padi atau lebih tepatnya dewa pertanian.

Jalan masuk ke kuil dihiasi ratusan lampion

Gerbang masuk Fushimi Inari

Sejarah kuil ini bermula pada tahun 711, ketika Kaisar Kimei, penguasa Jepang saat itu memerintahkan kepada Hata no Iroku untuk membangun kuil di gunung Inari. Kuil ini kelak akan membantu Kaisar untuk bisa menjadi penguasa Jepang yang handal. Bangunan kuil yang asli hancur ketika terjadi pemberontakan Onin (tahun 1467 hingga 1447), sedangkan bangunan yang berdiri hingga sekarang adalah hasil rekontruksi dari bangunan lama pada tahun 1499.

Ribuan Torii menjadikan keunikan tersendiri dari kuil ini

Sejak abad ke 17 para pengikut kuil ini memulai tradisi baru, yakni memberikan sumbangan Torii. Ada lebih dari 10,000 Torii telah dibangun dan menjadikan daya tarik tersendiri dari kuil ini. Peringatan 1300 tahun Fushimi Inari ditandai dengan adanya festival lampion, ada ribuan lampion menghiasi pintu gerbang, kuil dan barisan ratusan Torii.

Lampion menghiasi gerbang kuil

Deretan lampion

Lampion menghiasi deretan ribuan Torii

2 Responses to Festival Lampion di Fushimi Inari Shrine

  1. af1a berkata:

    bagus bangetttzz…subhanallah
    mudah2an tahun depan bisa liat langsung 😀

  2. wahyu berkata:

    ada gak vestival lampion yang baru di laksanakan di malang?//

Tinggalkan komentar